Serbuan Handphone-handphone Buatan China ke Pasar Indonesia – Bagian 1

Posted: 1 March 2008 in Other Mobile Phones
Tags: , , ,

Belakangan ini tentu sudah tidak heran lagi kalau kita melihat orang memakai handphone bermerk Hi-Tech atau K-Touch. Atau, jika toko-toko handphone, bahkan hypermarket, menjual handphone bermerk D-One, Nexian, Taxco, dan lain-lain, yang mungkin masih merupakan merk “asing” setahun atau dua tahun yang lalu.

Ya, terutama sejak setahun belakangan ini pasar handphone Indonesia sepertinya “diserbu” oleh merk-merk baru buatan China.

Secara umum, paling tidak ada 4 jenis cara pemasaran handphone-handphone buatan China ini.

Jenis pertama adalah handphone yang dirakit di Indonesia dengan spare part dari China. Pada jenis pertama ini baru merk Nexian yang melakukannya.

Yang kedua adalah dengan memberi “brand” tertentu yang dibuat oleh perusahaan lokal. Benar, brand tersebut adalah asli brand dari Indonesia. Tetapi barang yang dipasarkan adalah 100% buatan China. Distributor lokal di Indonesia hanya menjadi pemegang merk tersebut. Merk-merk pada jenis ini misalnya HiTech, K-Touch, dan Startech.

Jenis ketiga adalah brand asli dari China yang dipasarkan secara resmi oleh distributor lokal. Pada jenis ini terdapat merk-merk seperti ZTE atau Huawei.

Dan terakhir, atau keempat, adalah merk-merk asli China yang masuk ke Indonesia sebagai Black Market, artinya tanpa ada garansi dari distributor lokal. Merk-merk pada kategori ini misalnya CECT dan banyak sekali merk-merk lain yang biasanya merupakan tiruan atau hampir menyamai merk-merk terkenal seperti NCKIA atau NOKLA (dimirip-miripkan dengan NOKIA).

Ada beberapa ciri khas handphone-handphone China yang saat ini banyak beredar di Indonesia, yaitu :

1. Dual SIM Card

Banyak sekali handphone China yang mengutamakan fitur dual SIM Card, baik GSM-GSM maupun GSM-CDMA (saat ini belum ada yang CDMA-CDMA). Pada awalnya menggunakan sistem switch (salah satu aktif), tetapi akhir-akhir ini kebanyakan sudah menerapkan sistem Two-On, artinya bisa aktif keduanya.

2. Analog TV Phone

Tentu sudah tidak heran lagi jika di mana saja kita melihat ada orang yang menggunakan handphone berlayar lebar dengan antena yang menonjol keluar. Ya, handphone-handphone China itu memang banyak sekali yang mengunggulkan fitur analog TV : bisa nonton TV secara gratis tanpa memakan pulsa sama sekali, karena handphone-nya sudah dilengkapi dengan TV Tuner.

3. Touchscreen

Ciri khas lain dari handphone-handphone China adalah banyak yang fiturnya yang sudah memiliki kemampuan touchscreen. Tetapi jangan bayangkan bahwa handphone-handphone China tersebut sudah termasuk ke dalam kategori smartphone atau PDA Phone seperti kebanyakan handphone touchscreen dari merk-merk ternama. Hampir semua handphone China bersistem operasi sama, yaitu OS native yang (mungkin) berbasiskan Java. Hal ini bisa dilihat dari user interfacenya yang hampir mirip satu sama lain. Sistem operasinya ini tidak memungkin untuk di-install aplikasi dari pihak ketiga. Bahkan dukungan aplikasi Java pun sangat terbatas.

4. Design Meniru Merk Ternama

Sudah bukan rahasia lagi bahwa banyak sekali produk China yang meniru produk lain dari merk terkenal. Demikian juga handphone China. Mudah sekali untuk mendapatkan handphone China (dengan merk bermacam-macam) yang desainnya mirip dengan Nokia N95 atau Nokia N82 misalnya. Bukan hanya desain, bahkan merk pun ditiru. Muncullah merk-merk semacam NOKLA atau NCKIA yang mirip NOKIA, atau Suny Ericssom yang dimiripkan dengan Sony Ericsson. Lebih parah lagi, akhir-akhir ini bahkan beredar pula tiruan yang sama persis secara fisik baik dari merk, type maupun desain, tetapi baru akan ketahuan palsu jika kita menyalakan handphone tersebut karena isi atau fiturnya jauh berbeda. Tak tanggung-tanggung, yang dipalsukan adalah merk dan type dari handphone kelas atas seperti Nokia N95, Nokia N82, bahkan Nokia 8800 Luna yang merupakan handphone kelas premium dari Nokia.

Berikut adalah daftar beberapa merk dan type handphone buatan China yang beredar di Indonesia, baik resmi maupun black market.

  1. Beyond : B505, B610
  2. CECT : C600, Q380, 9898, 988, N98, T660, T888, B889, S500, T689
  3. Coolpad : N77 GSM+GSM, 800 TV Phone, 288 GSM+GSM, 288 GSM+CDMA, 529, 728
  4. Daxian : C816, C618
  5. D-One : DG 289, DG 388, DG 398, DGI 78, DMI 89
  6. EastCom : EX1008, EX369
  7. Haier : D1000 CDMA, D1200 CDMA, D1600 CDMA, P5, P6, P7, V160, V190, V1000, V2000, V6000, V6100, Z1600, Z8000, C230, F1100, A600, M80, N60
  8. HiSense : C127, C389, D806
  9. Hi-Tech : H31, H38, H382, H39
  10. Huawei : C2601, C2801, C218, U550, U121, U120
  11. Konka : KC66, KC101
  12. KOZI : CG-001
  13. K-Touch : B830, B832, A615, A650, A691, A905, A933, V908
  14. MICXON : MTV800, M88, S600
  15. MITO : Coolpad 288, 288 GG
  16. My G : TV 638, TV 660, TV 678, 889
  17. NewGen : E1200, T1200
  18. Nexian : NX-970, NX-220D, NX-900, NX-210D, NX-G500, NX-200D, NX-800, NX-910
  19. StarTech : ST21, ST67
  20. TAXCO : DM70, DM75, TX80
  21. WOW Watchphone : M600, M700 Moonraker, M800
  22. ZTC : 8898, C2000, ZT168, 818, ZT158
  23. ZTE : C330, C300, X175, C169, H500, C150, C160, C705, C700, C100, C133
  24. Lain-lain : NCKIA N95, MP4 PHONE ANYCALL 5200, MP4 PHONE E70, MP888, ALTONE Q-168, MINI PDA PHONE, MINI MP4 PHONE, MP4 PHONE B, IPOD MP4 PHONE, MP4 PHONE S613, MP4 PHONE CRT N75, HANPHONE MAFIA, MP4 PHONE KS818, MP4 PHONE S613, MP4 PHONE NOKLA N95, HANDPHONE TV, WATCH PHONE, K915, M958 TV, MKTV880, TV6618, MP4 PHONE M5700+, V98, MT8800, NCKIA E95, HP TV DUAL GSM, DUAL GSM BTOOTH, 826 TV PHONE, T808 TV PHONE, V502 DUAL GSM, G618 DUAL GSM, T918 WATCH PHONE, V900 WATCH PHONE, HYUNDAI W100 WATCH PHONE, A007 WATCH PHONE
Comments
  1. kaz3ng says:

    beli hp bgt tanpa os kayak symbian, linux, windws g kira itu ga apa2 lah ya krm memang dr vendor2 bsr pun spt samsung, motorola maupun Sony Ericsson pun jarang ada , ya kalau adapun g lht itu smua produk midlle atau high end (lbh bnyk yang high yg makai itu pun sdikit jika kita bandingkan dgn nokia yg rata2 punya os trbuka) .
    Produk tanpan os mungkin ruwet bg pemburu aplikasi…sdangkan produk tanpa sistem java itu memang membuat pengguna keringatan spt kbnyakan produk yg murah meria yg bs nonton TV tanpa byr lah, fitur 2 on gsm/gsm atau cdma/cdma.
    Yg perlu di perhatikan adl bgmana bs membuat produk dgn layar lbr, lyr sentuh maupun dpt nonton tv tanpa ada nya pengembangan skurang2 nya java!!!
    Thanks,

    kaz3ng,, B.duku city.

  2. jjlifeblog says:

    @kaz3ng
    Memang gak masalah sih handphone tanpa OS terbuka dan memang benar juga kalo vendor2 ternama seperti disebutkan di atas pun banyak produknya yang tidak menggunakan OS terbuka. Tetapi yang saya sorot di sini adalah ada beberapa dari handphone buatan China tersebut yang sering menyebut produknya sebagai “PDA Phone” hanya karena produknya memiliki fitur touchscreen, dan hal ini tidak benar karena tanpa OS terbuka mana mungkin bisa disebut sebagai PDA Phone. Jangan sampai menyesatkan pembeli.
    Terima kasih atas komentarnya.

  3. [...] distribusinya yang agak berbeda, juga karena informasi soal produk cina ini amat terbatas. Tapi ada blog lain yang sudah membuat daftarnya dengan cukup lengkap dan barangkali bisa dijadikan [...]

  4. Wednesday says:

    Bagaimana dengan kualitas? Bisakah hp china ini diandalkan?

  5. Sony says:

    Dr skian banyak produk china, ada di merk apa & seri brpkah yg bisa diinstall operamini? Kira2 pas lg buat browsing ke web via opera bs kenceng pa gak? Liat spek dr bbrp merk (K-Touch, Startech) kl ga salah gprs nya udh klas 10 ke atas, dgn klas sgitu kl pake nokia pasti udh ckp kenceng, pake n6600 aja udh lumayan kenceng. Saya ngincernya yg Dual On GSM GSM, mohon review nya, thx b4.

  6. irwan says:

    Gue pernah beli hp merk cina yang harganya waktu itu sekitar 2 jutaan dan bisa nonton tv, ternyata kualitasnya tidak seperti yg dibayangkan…tv kabur, kualitas material rendah, os tertutup…sebeel, internet lambat abis (dah gitu susah bgt nyettingnya)
    bagaimanapun juga pelajaran buat saya kalo beli Hp ya mending yang sudah ketahuan kualitasnya seperti sony ericsson atau nokia…

    Sekalian promosi…kalau ada yang mau wallpaper Vista 240×320 keren2 dan ma nyoss…silakan ke zainlite.blogspot.com gratis

  7. root says:

    klo coolpad 728 kualitasnya gmn y?

  8. Yoky says:

    JANGAN BELI HP CHINA. SEBELUM MENYESAL…..

  9. ambo asse says:

    gua pernah beli HP china (merk tidak jelas he..x3) dengan harga 900 RMB (1rmb=1360 rp), dengan fasilitas dual gsm on, TV tuner OK, fm, MP4, bluetoth, touch screen, flash 2 Gb, camera 3.0 Mp.

    so far sih ok2 aja, tapi memang tidak bisa nambah aplikasi apa+ minim support + sparepart susah.

    (—– you got what you pay —)

    jadi silahkan dipertimbangkan apa kebutuhan anda. kalau cuma sekedar halo2 aja beli aja yg murah. tapi kalau butuh gengsi dan fungsi silahkan yg bermerek jelas karena supportnya juga jelas…. (nguras sompetnya jg jelas)

    jangan beli tomat pingin rasa duren bo… :-) cp deh…

  10. mmi says:

    meskipun kualitas di bawah HP merk2 terkenal tapi gebrakan orang cina lumayan bagus.
    meskipun dia meniru tapi ada sisi lebih yang ia tawarkan
    dan harga yang lumayan terjangkau..

    dengan harga segitu kita bisa dapatkan fasilitas yang lumayan keren

    ^_^

  11. gilang says:

    gw baru bli neh hp cina merk anycool, so far sih lumayan y, g

    mengecewakan, ya… lumayan lah, fasilitasnya jg emang

    keren, tp untuk bs browsing internet, gw masih blm tau gm

    caranya. soale gw ngrasa g segampang hp2 laen. skalian y kl

    ada yang tau cara settingnya, bs kasi tau gw kan ke

    marrendra_23@yahoo.com

  12. azmy says:

    gue punya hp cina juga nih….. merknya mp4, tapi gak tau tipe berapa, yang bikin gue pusng batrenya sudah lowbet. dicari2 d ponsel gak dapat…… susah banget…
    kira2 dimana ya saya bisa beli batrenya kalo di kota medan.
    kalo ada yang tau, kasi tau saya ya…. ni no gue 085275000365
    paling tidak kirim email buat saya atau smspun jadi…..

  13. denanto says:

    aku pernah pakai k- touck a 615 lumayan kok dibanding harganya, khususnya yang uang pas2san karena untuk beli spt nokia se mungkin ngak kebeli

  14. tea says:

    aq skarang lagi pake hp IMO G306, bagus ko…sebanding dgn hargalah…aq sblmnya hampir semua merk hp ternama pernah aq pake, biarpun hp ternama klo jlk ya jlk aja, n hp IMO/cina tdk separah yang orang bilang!!! jd jgn pernah menilai sesuatu sblm nyaba…

  15. jjlifeblog says:

    Buat semua yang udah ngasih comment, thanks ya… tapi maaf sekali gak bisa ngasih referensi hape buatan China yang mana yang bagus, karena aku sendiri belum pernah pakai.

  16. girl says:

    q butuh sparepart beyond b530 nie….susah buanget nyarine….klo da yg tau, ksh tau aq y?
    lis_swety@yahoo.com
    thanks……

  17. Xt says:

    Minta tolong yang tau no telpon service centrenya Beyond di Jakarta donk temen-temen…….. Saya ketipu katanya service centre Beyond bakal dibuka di Surabaya. Tapi udah gw tunggu sampe 3 bulan belum juga ada. So, hati-hati kalo mo beli HP Beyond.

    Tengkyu

  18. Rise says:

    gw mw pasang aplikasi dhp gw beyond b530,supportnya aplikasi apa ya?soalnya sis, jad sama jar tdk bs.
    sbnrnya beyond b630 kelas apa sech?sembiyan atw apa?
    trz solusi unt ngsh aplikasi gmn crnya?
    tlng klo ada solusi ksh tw gw yaaaa
    ibnu_madani06@yahoo.co.id
    thaks …………

  19. ayief famous says:

    ada yg tau ga’ merk hape cina nmanya titan.

  20. imamlab says:

    K-touch emang keren, fitur sesuai harga, suara speker music mp3 nya melibas nokia n95,

  21. pakdhegogo says:

    walah, kynya pikir2 lagi dey bwt beli hp cina, minimal kita tau dmn service centre terdekat… soalnya klo ada trouble, kynya counter cuci tangan gtu. pengalaman pribadi, ak kemaren beli anycool GC668 dual GSM CDMA on di Planet Selular ITC Fatmawati, pas saya bw pulang CDMAnya g bisa berfungsi. hari berikutnya saya balikin ke counter. counter jg bingung, akhirnya sy dtawari anycool GC 669 dengan nambah 50rb. seminggu sy pake ternyata LCD utamanya mati. Layar display jd redup g terang ky biasanya. akhirnya sy bawa balik lagi ke counter karena tertulis di nota garansi sebulan. nyampe disana ktnya mo diservis, tapi yg bikin nyesek, servicenya g ada batas waktu kapan selesai, ntar klo selesai dikabari ktnya bisa kurang dari seminggu, seminggu, dua minggu dan bahkan kemaren2 ktnya ada yg sebulan dua bulan, nah loh… masa konsumen digantung ky gtu ya… pas ditanya gmn klo ganti baru aja, ktnya hpku dianggap secong jd dihargai secong jg, cape dey…. akhirnya sampe sekarang hp blm aku ambil… so, ati2 bos…

  22. benni says:

    HP aku china, bermerek Prince A960… lumayan bagus, buat nambahin Aplikasi gak sesusah yg kita bayangkan, suport Java kok… (Nich disini banyak aplikasi Java,.. http://www.getjar.com) Browsing Inet pake Opera mini, messengeran,.. YMtiny, ebuddy, morange juga bisa….. Setting Gprs nggak susah,.. pokoknya lumayan lah bwt yg isi Dompetnya tipis kayak saya…..

  23. stalna says:

    mau tanya kalau micxon mtv 800 udah bisa install aplikasi nggak yahh, pake program apa ??

    thanks

  24. rhynoh says:

    temans,..gw pakai jg nih anycool gc668, yg gw alami, msalah cdma nya ga bisa buat telp, ternyata gw coba-2 itu masalahnya di simcardnya.
    jadi klo lo mo telp by cdma no yg lo tuju harus lo save di simcard cdma, dan klo bisa si lo save no telp di ke dua sim card jadi bisa telp pakai pa aj ketika lo mau..(kesimpulan masing-2 fungsi (gsm/cdma) harus ada data phone number yg sesuai storage nya), hp cina jg harus di liat-2 dl jangan asal beli jg, coz bukan cma elektronik, auto, or produk apa aj sampai makanan klo dari china ya harap maklum dan waspada aj…(di pelajari dl…sebaik-2 nya klo sesuai ma kite ya beli klo ga ya mending jangan …)

  25. senja_merah says:

    guyss.. ak lagi mikir2 beli hp china merk Z95. ak seach di google ga keliatan, baca2 koment diatas makin seram hehhe.. sebenarny cuma buat modem internet aja sih, yg penting ada GPRS dan JAVA nya.. cuma karena fiturny lengkpa banget + model ny baguss ak jadi tertarik beli. Harg nya jg cuma 2jt, pd hal nokia N73 second aja lebih mahal.. Menurut kalian bagaimana??

  26. Ndu' says:

    gw lg pengen bgt beli hp china merknya leady mm95…
    hpnya mirip bgt ma nokia N95.. tp ukurannya kecil bgt.. klo di rupiahin ga nyampe 2jt.. menurut kalian beli ga ya??

  27. liea says:

    hi..aku baru aja 1 minggu beli hp prince T710 ya kalo gak salah.sERu sih…Harganya 1juta da bisa semua.Tapi aku rada bingung ni buat opera mini en internetan.Ada yang bisa kasi tau aku gak?
    segera ya……

  28. EmdeEm says:

    Udah sebulan ini aye beli HP Cross GT 73,,,Sampai sejauh ini belum ada masalah berarti yang aye rasakan,,,TV bening dan jelas,,,

    Ada yang tau gak cara merubah tema untuk HP model ini coz dah dicari2 gak ketemu2 . . .

    Juga, ada yang tau gak cara instal aplikasi di HP ini,,,

  29. otoy says:

    aku beli hp china merk G phone,meskipun g bisa diisi aplikasi java,tp lumayan ada ebooknya,jadi aku bisa isi bermacam macam novel dari jhon grisham,khopigho sampai mira w

  30. Rius says:

    HP Merk China Bagus, tapi apakah kita (Bangsa Indonesia) tidak mampu memproduksi sendiri???????

  31. myudie says:

    Gue pengen beli hp prince A960…ade yg bs ngasi info ga’…? hhhmmm….gue tempo hr pernah dapet tp jd rebutan ama brother gue…abs kwlitasnya teruji n bs ganti lagu hny dgn shake…shake…shake.. :-)

  32. [...] blog ini sebenarnya didedikasikan khusus untuk Sony Ericsson, tapi pada saat aku post tentang Serbuan Handphone-handphone Buatan China ke Pasar Indonesia, respon yang kudapat sangat banyak, bahkan post tersebut menjadi top post dengan view dan comment [...]

  33. che guevara says:

    gw harap besok ada OS computer seperti windows buatan china… wakakakakakk

  34. candra says:

    HP MY G 630 tetep paling keren…..!!! sueeeer..!!! ga pake boong!!

  35. joko says:

    aku baru beli HP china merk My G 918, fiturnya bikin aku puas..bisa dual gsm on..bisa jg dual on gsm-cdma!! KEREEEEEEEN……..! + TV!!

  36. [...] Ponsel TV Analog (Serbuan Handphone-handphone Buatan China ke Pasar Indonesia – Bagian 3) Serbuan Handphone-handphone Buatan China ke Pasar Indonesia – Bagian 1 Serbuan Handphone-handphone Buatan China ke Pasar Indonesia – Bagian [...]

  37. tama says:

    dimana ya tempat service hp merk konka kc101 masalah pd softwarenya..??

  38. dhtya says:

    ada yg tau tempat servis beyond di surabaya gk?kebetulan nih hp beyond abs kena air trs softwarenya trouble…
    atau ada yg tau di jkt alamatnya dmn yah?di buku cm ada alamat dijl. Benyamin Suaeb…Sapa tau ada yg ngerti klo di surabaya
    Thnx b4…

  39. W 40 NE says:

    Apa bener HP Beyond B630 atau seri Beyond semuanya nggak bisa disettting sbg modem ? Kalo ada yang bisa ,bantuin saya setting beyond B630 sebagai modem maupun setting internal di HP jika pake im2. no hp 081392861055.. thanks

  40. bungkridit says:

    to : @kaz3ng

    bozz boleh minta tlg donk…, saya ada Hp Prince A960 cuman ga tau setting GPRS, maupun internetnya, nah kebetulan saya baca di blog ini sbb :
    ====
    benni
    HP aku china, bermerek Prince A960… lumayan bagus, buat nambahin Aplikasi gak sesusah yg kita bayangkan, suport Java kok… (Nich disini banyak aplikasi Java,.. http://www.getjar.com) Browsing Inet pake Opera mini, messengeran,.. YMtiny, ebuddy, morange juga bisa….. Setting Gprs nggak susah,.. pokoknya lumayan lah bwt yg isi Dompetnya tipis kayak saya…..

    ======
    Emang dah lama sih…cuman kira2 bozz tau ga saya hubungi si benni dimana ya alamat emailnya….saya mau minta tlg ke dia tuk instruksinya. tku banget nih atas bantuannya.

  41. bungkridit says:

    bozz boleh minta tlg donk…, saya ada Hp Prince A960 cuman ga tau setting GPRS, maupun internetnya, saya kesulitan cari info dari TELKOMSEL. pse contact di email saya : bungkris2004@yahoo.com atau hp.92396471

    tks atas bantuannya.

  42. bams says:

    salam kenal, saya bams di padang.
    saya punya nexian 200D tapi gak tw cara setting GPRS nya. tolong dunk,.,. mohon bantuannya. makasih ya sebelumnya :)

  43. jjlifeblog says:

    Maaf Bams, saya gak pernah beli hape2 China, jadi gak tahu gimana cara setting-nya.
    Kalo ada pembaca yang bisa bantuin Bams, tolong ya…
    Thanks.

  44. rendy says:

    gimana cara setting gprs beyond b630???

  45. abay says:

    mas mw tnya hp cina yg bisa dualmode(gsm),java,secondary camera, n tv tuner apa yaa…..thanks

  46. teddy says:

    Pertengahan Januari 2009 kemarin aku beli HP Beyond B600.Sampai saat ini cukup memuaskan gak ada masalah.Seting GPRS dan MMS juga lancar jadi 2 kartu Simpati dan XL ku bisa buat internetan.Buat di Surabaya utk seting GPRS dan MMS nya bawa aja ke Beyond Service Centre di Wisma Property 21 jl.Dharmahusada no.115/A-5.Pasti Beres atau bawa ke Grapari atau Kantor XL terdekat utk setingnya jd Jangan pusing2 gt.
    Aku waktu di sana jg melihat Beyond cukup memadai dalam masalah service juga sparepartnya.

    Trus beberapa hari yg lalu biar gak kurang info Pusat HP di WTC dan Plasa Marina aku nanya2 sama pegawai2 di tempat pengisian ringtone dan aplikasi aku tanyai HP2 merk Cina dan Lokal apa sj yg ada fitur Java dan sudah mereka isi Aplikasi juga Games Java di dalemnya,dan mereka bilang hanya merk tertentu saja seperti Hi-tech H62 (gsm-gsm),Hi-tech H71(gsm-cdma),K-touch DT08(gsm-gsm),K-touch D780/788(gsm-cdma).

    Menurut mereka HP2 tersebut sudah pernah di isi bukan cuman games Java tetapi juga Aplikasi2 berbasis Java dan bisa berjalan dengan baik.

    Jadi gak ada salahnya kok klo kita survey dulu yg bener baru bisa menentukan HP apa yg kita perlukan.

    Klo dr yg aku dengar dan membaca K-touch(Tianyu) dan Beyond itu memang merk HP dari Cina asli dan bukan merk lokal dan sudah lama dipasarkan di luar negeri selain Indonesia seperti Prancis,Taiwan,Afrika Selatan,Dubai,India.

    Ya walaupun terlihat remeh juga Murah tapi gak ada salahnya kok memakai HP merk Cina apalg memang karena ada Fitur2nya yg kita butuhkan dan tidak kita dapatkan Fitur2 td pada produk2 global (Dual On,Analog TV)

    Tapi ya kembali lagi ke selera masing2 Oarang kan berbeda-beda.

    Semoga bs membantu.

  47. hp buatan china penampilannya memang ok dan aku pernah liat hp teman buatan china cukup bagus tapi aku mau tau nih merek apa yang terbaik dan kalau rusak ada servis centernya tapi aku sangat tertarik dengan hp china merek taiger mohon bantuannya apakah hp china merek taiger cukup bagus
    terimakasih atas bantuannya

  48. trezna says:

    aku beli hape cina cross x g70 susuah banget cari aplikasinya, ech ternyata os tertutup toh! cape deh.. tapi walau begitu aku nikmati aja.. ada tv dan radio. konek internet walau cuma brosing. mp3 mp4 3gp avi dsb. lumayan buat hiburan. kalo masalah harga mah memang agak mahal 1,5 jt buat aku bisa buat makan 6 bulan. tapi nikmatin ajah.. gak usah nyesel (viva hape china)

  49. teddy says:

    Beneran kok Beyond bisa setting GPRS.Ini ada foto Beyond B600 punyaku yg sudah aktif GPRS nya dan lg buka situs kapanlagi.com:Klik di sini:

    http://www.kaskus.us/showthread.php?p=71147429#post71147429

    Pake case silicon punya Nokia E51 dan lg di charge pake Charger Nokia colokan yg besar:ACP-12E yg di sambung pake kabel sambungan (Charger Connector) yg klo beli bil;ang aja dari colokan Nokia besar ke Motorola V3 jgn bilang ke mini USB krn pangalaman nyari kemarin banyak yg gak paham klo bilang Nokia ke mini USB tp klo bilang Nokia ke Motorola tipe V3 banyak yg yg paham.

    Semoga bisa membantu Sob2 Sekalian

  50. kevin says:

    hp beyond b630 sudah bisa buat internetan tapi kalo dijadikan modem kok ga bisa ya..? tolong temen2 yang udah nyoba bantu aku ya,….please darurat neeeh

  51. teddy says:

    Untuk setting GPRS Beyond B600 untuk XL buat dan Operator lainnya bisa dilihat di sini:

    http://maclovecat.blogspot.com/2009/03/cara-seting-manual-gprs-xl-di-hp-beyond.html

    Ada kemungkinan setingan Beyond B600 hampir sama dengan tipe-tipe HP Beyond yang lain.

    Matur Suwun

  52. yudigayok says:

    kyk ny lo…lo…. pada di goblogin org cina,,,iya sh hp murah style bgus,,percuma aja lo klo dah eror mah pusing mo lari kmn lo ke cina he….he,,,,liat dong yg dah berkualitas msh bnyk hp yg bgs hrga terjangkau,,,,jgn tergiur style sm hrga ny lo,,,,,,,sparepart ny aja jarang di jual di indonesia,,,,,hp cina tuh rusak lgsg di buang klo di negara china…..klo di kita msh di oprek2,,,,,he,,,he,,,,cri aja sparepart ny smpe budeg ga bakalan ktmu kcuali software ny mngk ada……

  53. ss_izal says:

    kawan-kawan, aku still mencari hp china yang boleh install 3rd party software dan main internet. apa brand ya. selain dari prince. dari malaysia ni

  54. indra jaya says:

    MY 630 Hape china paling keren coy, satu-satunya hape china yang anti air, terbukti!!!! dipake pas hujan-hujan gak masalah tapi jangan dipake buat renang lho, gak kalah sama hape siemens outdoor kaya’ M65 n M75, kamera standard VGA, video standard 3gp,cukup bagus buat nonton film, layarnya lebar, keypadnya empuk, bentuknya juga macho gak kaya’ hape china lainnya yang modelnya niru nokia n sony ericsson, model MY G 630 nggak ada duanya, Puas gue punya MY G 630

  55. Krestian says:

    aq punya hp ZTC C2000 kmrin aq bawa ke WTC+katanya CPUnya Bocor,tapi mereka g sanggup servis Cz sparepartnya g ada. tolong dong yang tau alamat service centrenya ZTC atau yg bs servis+jual spare partnya di surabaya Sms ke 085649433777

  56. arjom's says:

    K0mEn no.34, 35, aMe 54, peRLu diWAsPadai tUCh. . . BenerAN 9itU Kaga . . . HpNYe . . .
    Liat 9ayAnyA sEh, ikLAn aBeeSs . . .
    AnD . . . dr SatU OknuM Tuuh . . .
    Heheh . . . eLO KtauwanN . . .
    Okz piZz C0y . . . ! ! !

  57. DAVETAN says:

    Saya memakai altone q-168.. di web site mana saya bisa dapat aplikasinya? lalu saya pingin cari driver/pc suitenya atau usb modemnya supaya bisa jalankan internet di pc… ada yang bisa bantu??? thank” a lot tmen-tmen…

  58. indra jaya says:

    Komen No.56 sok tau banget, kalo kmu gak percaya buktikan sendiri coy, jangan cuma bacot, jangan2 lu sendiri oknum nokia.

  59. jjlifeblog says:

    Jangan pada berantem, jangan salik ejek, saling saling menjatuhkan…

    Kalau bisa tolongin teman2 kita yang butuh bantuan, misal ada yang minta setting GPRS/MMS, dll.

    Maaf, saya sendiri belum pernah pake merk apapun, jadi gak bisa bantu.

  60. Alesandro bopay says:

    gw mau nanya nich…gw punya hp cina g vone 808. bagaimana cara untuk masukin aplikasi yach. pernah dicoba tapi hasilnya format jad.

  61. bntang says:

    Melawan arus……! Hancurkan peradaban Nokia Motorola Siemen Se…

    Hidup produk lokal dan produk Cina……!

    Belokan arus……!

    Robohkan menara gading Technologi…!

  62. d says:

    saya pemakai HP cina, saya sadar prestigenya jauh dibanding merk ternama, tapi buat apa merk ternama jika pada hari ketiga pembelian bermasalah dan terus – menerus bermasalah. Mendingan hp.cina karena secara moral sudah siap bermasalah. goodbye nokia anda sudah mengecewakan saya.

  63. Dangiang Pajajaran says:

    saya pemakai HP cina, saya sadar prestigenya jauh dibanding merk ternama, tapi buat apa merk ternama jika pada hari ketiga pembelian bermasalah dan terus – menerus bermasalah. Mendingan hp.cina karena secara moral sudah siap bermasalah. goodbye nokia anda sudah mengecewakan saya

  64. mustami says:

    haloo..
    saya, sekarang lagi bingung saya mau beli handphone buatan china mereknya “orange vegas touchscreen phone” dari keseluruhan handphone tersebut bagus, namun ada yang saya bingungkan karena banyak orang mengatakan handphone merk cina jeitu buruk.. nah apa sebaiknya saya beli atau tidak/
    terima kasih…

  65. mustami says:

    haloo..
    saya, sekarang lagi bingung saya mau beli handphone buatan china mereknya “orange vegas touchscreen phone” dari keseluruhan handphone tersebut bagus, namun ada yang saya bingungkan karena banyak orang mengatakan handphone merk cina itu kurang baik di banding hape merk luar negeri laennya.. nah apa sebaiknya saya beli atau tidak?
    terima kasih…

  66. eddie says:

    saya pake hp china CECT T689, smua lancar dan ok. cuma pernah jatuh, dan cam nya aga error . bisa tolong bantu kalo tempat service dimana ya di bandung. thx

  67. helmi says:

    gw maw nanya ne.. dmana yang jual spare part hp cina (LCD’nya baixing tv 800)? Apa LCD Beyond 808 sama (support kalo dipasang) di Baixing tv 800?

  68. BEYOND HP Cina di MEDAN
    Salam Buat Semua,.. Tolong Beritahu tempat service HP Beyond di kota medan ada di mana… Soalnya di ada yng bilang di Jln. Prof.HM.Yamin, tapi konkrit/ detailnya..?? tolong ya bagi yang tahu informasikan ke saya by e-mail kukerja@ymail.com atau by sms ke 0812.640.1414. tolong ya apa loagi bagi tahu telp/hp service centre Beyond.. Informasikan yach……

  69. Beyond HP Service Centre MEDAN
    Bagi seluruh teman yang baca… tolong informasikan ya dimana lokasi konkritnya service center HP Beyond di Kota MEDAN, dan kalo ad yng tau telp/hp BEYOND di MEDAN…. e-mail saya: kukerja@ymail.com (atau sms saya ya) 0812.640.1414. “godbless.” Sebelumnya saya ucapkan terimakasih wassalam

  70. justin says:

    haloooooooooooo semua.
    tolongin aq donk.aq punya hp myG 630,pengen tak ganti temanya tapi koq nggak nemu caranya.
    trus sebenernya hpq bisa di kasih aplikasi nggak?
    ada yang tau nggak ???
    please e-mail aq kalo tau ke kurniawan_864@yahoo.co.id.
    thanks before.

  71. nod says:

    wah kalo gue pernah beli hp china crossx G60, selama ini sih baik2 aja. dual on, drpd beli yang merek terkenal dual on china yang satu ini ternyata lumayan. jatuh berkali2 (5x mungkin ada) dari ketinggian 1,5 meter, ke aspal, ke semen. masih normal aja umurnya dah hampir setahun. emang setingan internetnya harus ke indosat langsung, tapi untuk three malah gak bisa, kalo di seting sendiri dijamin bingung dan gak bakal bisa. tapi lumayan lah ngnet pake m3. bahkan hp china yg satu ini unik, suara kita bisa di stel jadi mirip doraemon juga kalo bicara… yah kalo dah pake hp china syaratnya 2, ikhlas dan setia : ikhlas kalo ada masalah, setia coz kalo di jual harganya paling berapa…

  72. JO says:

    Salam buat semua !
    Buat teman” yang pernah pake Nexian NX-G900 , gmn featurenya n lain” nya ? pa mmg mirip dengan BB ?
    Kalo bs, tlg mail kan y ….

    Thanx 4 d info !

  73. JO says:

    gmn kualitas Nexian NX-G900?
    plis mail ke jo_chan86@yahoo.com

  74. dragon says:

    hp tv apa gak boros dibatre,apalagi dual sim card,harga jual juga secound rendah banget

  75. zulkarnain says:

    salam kenal, saya memliki handphon china merk avio seri A5000. yang saya mau tanyakan bagai mana mengaktifkan gprs dan mms, tolong kasi tau caranya. dan bagai mana seting untuk internetnya. thanks…

  76. Joko says:

    Saya punya ponsel cina mereknya STAR MGMobile, setelah 4 bln gw bli d minang plaza Padang, terdapat kerusakan pada keypadnya,hgga cma tombol pwr yg hny bfngsi, masi untg ada layar sentuh, menurut tmn2 tempat servis nya dimana? Tlg batuin ya, kalao ada yang tau email ke joko16071988@gmail.com a/u sms ke081320996808,

  77. jjlifeblog says:

    Sekali lagi kepada semua pembaca blog, saya ucapkan terima kasih atas atensinya terhadap blog saya, khususnya untuk post yang ini.
    Berhubung saya belum pernah memakai satupun handphone “lokal” buatan China, saya tidak dapat menjawab pertanyaan2 yang diajukan dan juga tidak dapat memberikan bantuan atau rekomendasi kepada pembaca semua.
    Silakan thread ini dijadikan bahan diskusi, berbagi pendapat, berbagi informasi, dan hal-hal lain yang positif.

  78. heni says:

    halo teman-teman, ada yang tau hp china merek Gstar gak, kalo ada yang tau kasih tau dong kelebihan dan kelemahannya, tenks ya

  79. modee says:

    Hi All, gw punya HP Leady mm95, charger nya hilang waktu perjalanan luar kota, nah sekarang mu cari Chargernya susah banget, kira2 dimana yah bisa beli lagi chargernya HP Leady mm95? and harganya berapaan?

    klo ada yang tau infonya, please email me/ym : mode1_silent@yahoo.com

    Terima Kasih.

  80. Aldoni says:

    Tolong di bantu ada gak hp china yg 3 sim card GSM, kalo yg hp 2 sim card GSM + 1 sim card CDMA gw da tahu…

  81. Oegi says:

    Fren, tolong info service centernya HP China merk CROSS. Soalnya HP ku CROSS CG 77, LCD nya pecah habis jatuh. Ada yang tahu nggak kira 2 harganya berapa & biaya servisnya??????
    Tolong infonya. Thx.

  82. Oegi says:

    Tolong info dimana tempat yg bisa servis HP China CROSS CG 77 d surabaya dst, LCD nya pecah habis jatuh.
    Terus kira 2 harga dan ongkos servisnya berapa ? Tolong infonya Fren. email : sugisuroboyo@yahoo.com / 031-72613877
    Suwun.

  83. hapeku says:

    jiahahahaha…….
    jadi forum ponsel China deh…….:P

  84. jjlifeblog says:

    @hapeku
    Iya nih, tapi gpp kok, kan memberikan wadah bagi para penggemar hape China yang udah semakin banyak di Indonesia.

  85. DODY says:

    aku punya hape china ZTC 8380 cuma batrenya ngedrop parah banget jdi aku minta tolong sapa yang tau servis center hape ZTC yang ada di solo,jogja or semarang kasih tau or email aku ya nie email ku deva_boyz174@yahoo.com

  86. the lokmex says:

    aku pernah membeli hp buatan china, tapi ga ada daftarya di atas merknya G.von 600
    2 sim card on dua-duanya, waktu itu aku beli di bandung di BEC sekitar rp 950.000,00
    murah banget pas lagi promo. saya tertarik membeli hp ini karena ;
    1.bisa 2 sim card on dua-duanya
    2.bisa mp4
    3.bisa uprade memory 2 Gg
    4.ada radio
    5.camera walaupun vga ( emang sih untuk camera kurang bagus , tapi lumayan daripada
    ddaripada kaga ada , he he )
    6.hasil video recanm avi file , bukan 3gp nah ini yang paling ku suka
    7. dahsyat suaranya bo kenceng kaya pake speker aktiv
    8.yang pasti harganya cs

    nah karena hal di atas aku membeli , dan sekarang dah hampir satu tahun ni hp alhamdullilah masih ok walaupun dah pernah perbaikan satu kali, tapi kan masih garansi jadi gretongan gitu perbaikannya, trus kemarin juni kecemplung ke air trus aku ambil lagi cepet2x tapi masih nyala tapi saya matiin juga cepat2x trus saya buka baterenya kemudian saya jemur dan coba di hidupkan lagi ternyanta masih bisa nyala wah bersyukurnya saya, trus saya pernah comvert film ke format mp4 dengan sofware U lead 10 dengan screen/option for poket phonewaktu itu saya comvert film GHOST RIDER dari dvd di comvert ke mp4 jadi kurang lebih ada 150mb lah klo ga salah mah, saya coba stel di hp G.von ini hasilnya okfull satu film 1 jam lebih
    kekurangannya tidak bisa nambah game atau applikasi lain cs
    nb : klo mau nyetting gprs jangan bilang hpnya G.von bilang aja nokia atau sonyericcson
    contoh , NOKIA 6600 kirim ke pusat layanan im3 3939 atau yang lain deh
    internetan juga ok,

    oh yach lupa hp ini juga bisa buat modem, saya pernah memcobanya koneksinya pake blloototh waktu itu,setting aja ok klo ga bisa pengen saran email aja ke ana , siap bantu lah
    di asep_ebray@yahoo.co.id . oksgitu aja dulu baraya

  87. wiwin says:

    aku punya hp N99+ tapi aku g paham bagaimana caranya aktifin mms.padahal gprs n mms dah aktif tapi kl dikirim foto or mo kirim foto susah bgt… tlg dong kl ada yang tau, aku di kasih tau…. terus di hp kan ada web cam itu buat apa y?

  88. tha says:

    Ada yg tau cara aktifin GPRS Bai xing c2000 ga…???
    Ditanyain ke grapari telkomsel/3 kagak ada yg tau….
    Hm………………
    Tulungin dunks…

    cp : cvta1709_dunkz@yahoo.co.id

  89. arifin says:

    klo merk YSTARY itu buatan cina jg tah ……?

    n ksih tw bagaimana setting gprs nya ..!

  90. haidarkaswara says:

    hp q titan v70 lcdnya pecah, ada yang tau g dimn cari lcdnya .aku domisili di joga.tlg deh ….

  91. rs says:

    gw kan punya hp cina merk Gstar 678. tuh bisa ditambahin aplikasi ga ya? tolongin dunk,

    cp: autorusy@gmail.com

  92. yudea says:

    Aq beli hp cina merk MITO, bagus juga mp3 ada, mp4 ada, camera, radio fm, dll pokoknya cukup deh bwatku harga cukup murahlah, yg ga tahan double speakernya bos radionya aja kayak radio 2 band, mp3 juga sama menggelegar jadi ok punya tuh, ane sih dah siap dg kondisi apapun ttg hp ane, selama ini juga aman-aman aja tuh ga ada keluhan, ya udah gitu aja yg pasti mah mau hp atau brg apapun tergantung yg ngerawat kali, yg ga suka jgn sewot yah ceileh segitunya

  93. n451p says:

    Gw baru beli HP China merk CROSS tipe CG 85, u/ vitur2nya OK banget suara ok, sayang kadang kalo pas dibuat ngobrol penangkapan suara si penelpon tidak jelas ( Putus2 ).
    klo pas Ok ya… OK hmm…

    memang harus sabar nerimo.

  94. Wah rame juga blog ini…salam kenal semuanya.
    aku baru saja di kasih Hp D-ONE DG 398gratisdari temen
    sudah sebulan saya pakai tiba2 mati total.akhirnya di coba di serahkan ke pakarnya eeh.. langsung bilang gx mampu… suruh ganti apalah yang harganya lebih dari harga sekennya.aku pikir sih hanya untuk nolak halus.
    Kalau ada rekan2 yg tahu kira2 penyebabnya sekitar apa ya ? soal batere nya masih normal.
    Buat rekan2 yang mau beli Hp seri ini saya sarankan jangan deh… mendingan hp yang udah punya nama kecuali HP yg merk sony eLEksoon …soalnya service centernya se indonesia pada gak becuuus… soalnya hati ini jg punya pengalaman buruk di merk Sony ELEKSOON….

  95. jjlifeblog says:

    @Browsing_dapat_dollar
    Sony Eleksoon itu merk buatan mana ya mas? :D

  96. R3-664 says:

    Waduh, Thanx niii ada blog dg masukan+keluhan+masalh2 hp cina.
    Memang benar, ada harga ada barang dan ada wujud (fisik n non fisik) namun sesuai pngalamanku punya HITEC M11 udah kelewat 1 tahun lebih namun tetap OK, bahkan ku ada tenaga servis andal yangbisa ngoprex hardware (baterei, head set, LCd, etc..) nah yang pasti kalo beli barang elektronika eh hp khususnya sesuaikan dengan budget dan kebutuhan, jgn lupa kita wajib memilah dan memilih, mencoba dan mengecek sebelum beli( jgn sampe efeknya banyak trouble )

  97. Rudi says:

    Gimana caranya isi Aplikasi buat TITAN T888 ?

    Sekalian,,, gimana caranya buat internetan (XL),,, ?

    Mohon Bantuannya KK !!!!

  98. Jaspreet Singh saini says:

    i have chinease PRINCE A960 TV Mobile, it’s display screen damaged can any one tell me where i can get the lcd Screen

  99. tatangk says:

    Tdk semua hp merk china jelek, sy sendiri pake koq. Utk referensi, sy tanya ke counter hp mana yg plg laku dan jrg atau blm ada complain.

  100. sdwja says:

    sy pnya hp cina merk g star n rusak saya mau perbaiki di mana lokasinya khususnya di surabaya

  101. Adjie says:

    Sy pny HAIER C700 LCDny pcah kira-kira sparepartny udh ad blm ya?
    klo da yng tau ksh info ya

  102. apriyanto says:

    aku pny hp cina mereknya sampo.baterenya rusak,aku cr dmn2 g da,da yg tau yang jual baterenya ga ya ?mta bantuanya……

  103. aho says:

    saya beli hp LEXUS 6933 touch scren nya pecah mau servis ganti layar touch srenn minta ampun dehh…mahal buanget coy….mesti ganti sama lcdnya semua juga jadi mending ganti layar kaca biasa biarin dehh…nyesal juga deh beli hp cina…pikir-pikir jangan sekali kali beli hp cina…bisa-bisa kita dibuat edan dehhhhh…….

  104. dhe-dhe says:

    halo…

  105. aby hilyah says:

    saya sudah lama pake hp china mereknya ozon tapi ampe sekarang baek2 aja, menurut sy seh semuanya tergantung kehati-hatian kita dalam menggunakan setiap barang jangankan hp china merek terkenalpun ” Nokia dll ” kalo cara pakenya ga hati2 so pasti ga bakalan lama…. n skrng malah sy n kluarga menggunakan hp china ZTC… soalnya murah meriah seh….dan satu lagi suport internetnya juga bagus ko…..

    tapi.. buat temen2 ya terserah seh semua tergantung dari masing2 masing kita….
    terima kasih….

  106. aming says:

    Mau Tanya Alamat dan telepon distributor handphone china. terimakasih

  107. wahyu says:

    MAAF SYA MAU TANYA SERVIS CENTER HP MERK ZTC… SOALNYA LCD SAYA ERROR.. MAKASIH BANTUANYA..

  108. andy says:

    Tolong donk tmn2….aq bth hp china yg mereknya ” HEDY “, klo bisa sih yg second aja…klo ada yg tau tolong kirim ke alamat email saya…beserta harganya…Makasih.

  109. 350PA says:

    jjlifeblog :
    00Rate This

    PDRTJS_settings_102434_comm_806 = {
    “id” : “102434”,
    “unique_id” : “wp-comment-806″,
    “title” : “Maaf+Bams%2C+saya+gak+pernah+beli+hape2+China%2C+jadi+gak+tahu+gimana+cara+setting-nya.%0AKalo+ada+pembaca+yang+bisa+bantuin+Bams%2C+tolong+ya…%0AThanks….”,
    “item_id” : “_comm_806″,
    “permalink” : “http%3A%2F%2Fjjlifeblog.wordpress.com%2F2008%2F03%2F01%2Fserbuan-handphone-handphone-buatan-china-ke-pasar-indonesia%2F%23comment-806″
    }
    Maaf Bams, saya gak pernah beli hape2 China, jadi gak tahu gimana cara setting-nya.
    Kalo ada pembaca yang bisa bantuin Bams, tolong ya…
    Thanks.

  110. anto says:

    gw pengin beli HP China merk Cross yg 3 kartu CG 88 apa ya serie terakhir, baik enggak yaaa…. soale pingin beli HP yg kaya akan Fitur tapi uang pas2 an, yg ada CDMA nya dobel GSM, ada TV nya, GPRS NYA, GPS nya, dah pokoknya komplit sapi sial pake telor, berapa yah harganya… tulunk ya kawan2 nich no HP gue 081.911.569.001 kapan lagi wong susah bisa seneng, pd fesbukan, pengin beli laptop yg murah katanya merk apel katanya Made In malang gw gak tau soal komputer, dah nabung dapet 1.150.000, barangkali taon 2010 dapet beli HP Cross tadi entah bulan kapan,
    tengkyu perimat

  111. maaf nih mastah…
    mau tanya kalo harga HP merk CROSS seri CG88 yang 3cards on (GSM-GSM-CDMA)
    harganya brapa ya???

  112. Rony says:

    ayief famous :

    1

    1
    Rate This

    PDRTJS_settings_102434_comm_587 = {
    “id” : “102434”,
    “unique_id” : “wp-comment-587″,
    “title” : “ada+yg+tau+ga%27+merk+hape+cina+nmanya+titan….”,
    “item_id” : “_comm_587″,
    “permalink” : “http%3A%2F%2Fjjlifeblog.wordpress.com%2F2008%2F03%2F01%2Fserbuan-handphone-handphone-buatan-china-ke-pasar-indonesia%2F%23comment-587″
    }

    ada yg tau ga’ merk hape cina nmanya titan.

    ada. hp gw TITAN T 999 E

  113. Rony says:

    ada. hp gw TITAN T 999 E

  114. [...] Serbuan Handphone-handphone Buatan China ke Pasar Indonesia – Bagian 1 Categories: General, Other Manufacturers Tags: Blackberry, Blackberry look alike, Blackberry wannabe, Ponsel China, Ponsel Lokal, QWERTY Comments (0) Trackbacks (0) Leave a comment Trackback [...]

  115. ryuu says:

    Tolong info masalah kode sandi HP CROSS GG53B.Karena aku sulit banget mau pake kunci telepon.Thanks

  116. zaka says:

    q pkai hp mito slimluxbery enk juga sech dah da ym + fb lansung aktif juga jd tinggal pakai aja gak usah seting coz otomatis aktif trus jga pakai java intrnet juga pakai opra mini 10 pokoe uenak lah

  117. Xancel says:

    hp nexian G-70 keunggulannya apa yaw ??

  118. ELIB says:

    payah amat pake hp cina N77 tu..ajarin donk!!!!!

  119. ELIB says:

    waduh hampr crazii wa liat nch hp..gamana sch make N77 nch..merk cina tapi,,gmana sch caranye coneck internet di hap nii???,,ajarin donkk.maklum wong desoo amat..

  120. Sita says:

    Minta info dimana bisa beli sparepart (batere dan charger ) Hp KOZI CG 001 di surabaya or jakarta ? Thanks ya

  121. ardidadi says:

    kalau memang hp cina ingin bagus lagi di pasaran jual dong alat-alatnya hpnya di s etiap provinsi di indonesia jangan selalu orang mau beli alat selalu tidak ada adiu pasaran ,jangan hanya taun jual murah….

  122. ardidadi says:

    kalau memang hp cina ingin bagus lagi di pasaran jual dong alat-alatnya hpnya di s etiap provinsi di indonesia jangan selalu orang mau beli alat selalu tidak ada adiu pasaran ,jangan hanya taun jual murah..
    ..

  123. day's says:

    tolong donk infonya hp cina yg ada colokan A/V nya?tx very much

  124. qmar says:

    zaka :

    00Rate This

    PDRTJS_settings_102434_comm_6258 = {
    “id” : “102434”,
    “unique_id” : “wp-comment-6258″,
    “title” : “q+pkai+hp+mito+slimluxbery+enk+juga+sech+dah+da+ym+%2B+fb+lansung+aktif+juga+jd+tinggal+pakai+aja+gak+usah+seting+coz+otomatis+aktif+trus+jga+pakai+java+intrnet+juga+pakai+opra+mini+10+pokoe+uenak+…”,
    “item_id” : “_comm_6258″,
    “permalink” : “http%3A%2F%2Fjjlifeblog.wordpress.com%2F2008%2F03%2F01%2Fserbuan-handphone-handphone-buatan-china-ke-pasar-indonesia%2F%23comment-6258″
    }

    q pkai hp mito slimluxbery enk juga sech dah da ym + fb lansung aktif juga jd tinggal pakai aja gak usah seting coz otomatis aktif trus jga pakai java intrnet juga pakai opra mini 10 pokoe uenak lah

    Slimluxberry itu MITO 8200 kan…emang bagus koq..service center MITO jg jelas, emang utk produk MITO hrga agakmahal di bnding yg lain

  125. yevi says:

    hape ZTC C2000 tvx jelas!!! tp g bs diapa2in!!

  126. dbi says:

    iyo…! makin rame ae…!

    tpi susah cari spare part-y…!
    coba cari di dbi-online aj bro…!

  127. abell says:

    guys hp dgn harga di bwh 2 juta walah mau sebaik apa ?… tp dgn fitur yg di tawarkan dan setting gprs/mms ada yg masih manual tp semua ngak terlalu sulit. sisi lemah pasti ada begitupun hp yg sdh mempunyai nama, ketimbang lemahnya banyak unggulnya

  128. Sugi says:

    aku baru beli hp cina cross GG 51D tapi udah cobak utak – atik masih aja blm tau cara install gane hp tersebut…mungkin ada yang tau caranya

  129. prajakirana says:

    hp china gag bagus.
    masih menggunakan platform mtk 65 dgn java tertutup sehingga gag bs diinstal aplikasi2 dari pihak ke3
    kebanyakan camera nya bohongan…ditulis 2 mega atw 1 mega padahal msh kualitas vga
    layarnya gag terang…masih QCIF 65000 atw 262000 warna…
    gag bs download tema tema baru atw game2 baru…karena java tertutup td…
    service centre susah dicari atw gag ada sama sekali
    jd hati-hati klw mw bli hp china yah…

  130. JJ says:

    Thanks

  131. Ucil says:

    broo…dri pada pusink” mikirin hp yang gak jelas mending u pake aja tuh hape ulekan praktis lagi wakakakakaka…………

  132. broooo says:

    gw pake hape Blackbery cina, fitur dan fisiknya cukup bagus… dan lumayan kualitasnya harga murah tampilan bagus, fiturnya jg bagus, bukan promosi

  133. Jaka says:

    Sy mo beli hp cina cross 51D, kira2 bgs nggk type hp tersebt? Dan apa saja kelebihannya? Trims ats jwbnnya

  134. lukwanying says:

    Weleh…
    HP China menyerbu???
    Dah,gimanapun lom ada yg bisa ngalahin Layar”TEMBUS PANDANG”nya Xperia Pureness(X5),Camera 12MPnya Satio…
    Emang HP China bisa ngalahin apa???
    Sony Ericsson Is The Best!!!

  135. Jaka says:

    Skrng lg banjir di pasarn hp cina, memang murah dan harga terjangkau. Cuma sayng suku cadangnya aja yg susah di pasarn. So kalo suku cadangnya, di jamn dah hp cina bakal mengusai pasaran bursa hp…

  136. JJ says:

    @lukwanying
    Hahaha… Xperia Pureness mah layarnya mantap abis, unik dan keren…
    Ya namanya juga produk China bro, sama aja kaya jamannya motor china dulu itu, produk bejibun tapi service centernya memble.
    Istilahnya kalo mo beli hape china sih kalo rusak ya dibuang aja, lem-biru alias lempar dan beli baru… hahaha….

  137. lukwanying says:

    Gw mo nanya nih,emang kluar dari topik postnya sih.

    Ada g y applikasi SE yg bisa muter Video yg formatnya .avi ???
    Soalnya klo W995 gw dikasi file yg formatnya .avi ,gbisa diapa apain.
    Cm bisa send ato delete…
    Kan klo nokia ada “Real Player” yg bisa buat nonton video yg formatnya .avi .

  138. neo says:

    ada hp cina kaya iphone ! cuma murah suara oke banget !

  139. Ellon says:

    Bos,,, tolong dong,,, kasih tau alamat2 distributor resmi beyond di seluruh indonesia,, tolong yang bos,,, thanks,,

  140. lukwanying says:

    I-Phone???
    Di cina ada kok I-Phone palsu China.
    Harganya klo dihitung ke Rupiah cuma RP.1,5jt.
    Tp gt deh,kira” 1 thn dah rusak…
    Buang deh…

  141. mbah dupo says:

    Tolong Bagai Mana Cara ngaktipkan HP Merk China GSTAR 300

  142. mbah dupo says:

    Tolong Bagai Mana Cara Mengaktipkan Opera Mini Di Hp Merk China GSTAR 300

  143. rizal oliver says:

    mas gimana si cara ngasih tema d hp cina…bosen ni dng warna merah yg bikin sakit mata…tolong pncerahanya..

  144. Memang banyak HP china yang masuk pasar indonesia. Kebanyakan orang banyak melihat fitur nya di banding harga. buat yang suka ganti ganti HP bagus juga buat b’gaya.

  145. Diah Terate says:

    I pake Cross Cg 77. Hamdallah sampai skrg sip2 aja. I se7 bikin komunitas Cg 77 biar bisa tukar info. Trus my experience pas beli hp itu, I dpt yg erruorrrr. Bat hrs dicharge 3x sehari kayak minum obat, hp jg cepet panas. I sdh complain ke tokonya 3x. Akhirnya setelah dg cerewet puol aku minta tukar langsung ke si bos tk tsb krn msh 1 minggu. Akhirnya hp-ku diganti yg baru. So emang hrs jeli saat membeli hp, coba semua fiture yg ada. I pengen mengaktifkan eBuddy, krn pake bhs Cina I ga ngerti sama sekali. Please help me guys………….

  146. daud says:

    HP china ga jelek2 banget. tapi aq mw tanya service centre HiTech(surabaya) dimana ya? soalx akhir2 ini agak rewel

  147. yunki says:

    duh…hp w jg buatan china nie….merek.a SKYBEE 83ry….tpi bermasalah dengan cas dan btre.a…..ada yang pernah bermasalah dengan hp ini gak?……bagi” cerita ya…

  148. herman says:

    hp china? kurang bgt yakin…tp sy punya hp china merk ZTE dr smart… keypadny gampak loyo..mencetny bikin jempol pegel..tp untuk urusan browsing,oke bngt…

  149. Heru says:

    dulu aq make HP merk terkenal spt Nokia, PDA merk Hewlett Packard ( 7jt-an 5 thn-an lalu), PDA merk HTC ( 6juta-an 3 thn lalu ), semua sekarang pada rusak. q pikir ngapain buang uang percuma padahal ga nyampe 5 thn semua pd rusak, mending make HP bikinan China, sekitar 1jt-an, ku pakai saPE sekarang ada 1 thn juga nggak masalah sm sekali. kalo rusak ganti baru, dpt fiur yg lebih lengkap dan hg jg ga lebih mahal2 amat. ga perlu gengsi bro, hp China sj..

  150. Harry says:

    waduh hape GSTAR Q-82 ku ntah kenapa gak hidup,,,,,,,,,, aku gak tahu dimana “penyakitnya” padahal hape itu baru 2 bulan aku beli>>>> belum pernah kecelakaan lagi sebelumnya kaya kena airlah atau tibeubeut….
    sudah beberapa XXX di hidupin kokk gak nyala muluuuu ,,,, ????
    help mee diriku dah puzzzing :”\/:.,

  151. Lu Kwan Ying says:

    Bli HP China=TEST YOUR LUCK…
    Klo kurang beruntung y cepet rusak,kyk yg dialami Harry.
    Tp klo beruntung y tahan bertahun tahun.
    Hp gw SE W995 aja bli 4jt baru pake 3 bulan g sampe Wi-Finya dah rusak,padahal cuma dipake 1 kali dalam durasi g sampe 15 menit.
    @Harry:Bawa aja ke tempat belinya,mungkin bisa ditukar atau dibenerin.Kan harusnya ada GARANSI.

  152. Lu Kwan Ying says:

    Owh iya lupa,klo memang g bisa diservis,terpaksa ikutin prinsip JJ aja.
    Lem-Biru.
    LEMpar BelI baRU

  153. JJ says:

    @Lu Kwan Ying: hahaha… tapi kalau beli baru ya jangan hacin lagi kalau masalah mulu… tul ga?

  154. Lu Kwan Ying says:

    Betul Betu!
    Misal bli Hp Cina Rp1.000.000,00 – 6 bulan rusak
    Pake 2 tahun dah Rp.4.000.000,00 melayang dengan Fitur yang dinikmati=TERBATAS
    Klo misal beli,ya katakanlah misal SE Vivaz Rp.4.000.000,00 tahan >2thn fitur yang dinikmati=SEGUDANG,Bagus Bagus pula.

  155. destri says:

    aku punya hp cina newgen E1200 ada yang tau gag cara aktivin GPRS nya dari kartu AS kayak mana ?

    aku suka HP’a unik banget kecil lagu jadi kLo razia hp di skull guru’a kira ntuh mp3 jd gag pernah kenak tangkep deeh hp akuu

    hahahag …

    plis bantu aku aktifin GPRS’a ….
    !! :'(

  156. dede sakura says:

    HP CINA EMANG BUAT ORANG INDONESIA TERGIUR UNTUK BELI BAHKAN MENGURAS ISI KANTONG KANAN KIRI. WALAU PUN ORANG INDONESIA TAU PRODUK CINA ITU BAGUS LUAR N AWALNYA DOANK.

    SALUUUUUUUUUUUUT BGT AMA ORG INDONESIA JADI RATING 1 DLM PEMBELIAN HP CINA.

  157. reddy says:

    yoi, hp china skrg dah banyak bgt di indonesia…
    harga hp laen jadi pada turun

  158. ilham says:

    orang Indonesia orang yang konsumtif banget, setiap ada produk baru pasti langsung serbu. Jadi gak heran klu hp cina pun paling besar peminatnya adalah orang Indonesia.

  159. JJ says:

    @ilham: hahaha… setuju, memang Indonesia tu katanya negara yang tergolong miskin tapi kalau soal konsumtif jangan ditanya, sangat konsumtif.

  160. Edy says:

    Coy, qw mw bli hp cina nie. Tp yang bisa menginstall aplikasi dan game. Tolong bantu ya. Ini nomor aq., 085727264967/083867024747. Kalo ada handpone yang bisa menginstall aplikasi tolong nomor diatas sms/telpon ya, terimakasih. :) . . . :-)

  161. saquil onieu says:

    dari awal mncul hp. aku dah nyoba semua merek cos untuk koleksi. sekarang koleksi hp diriku ya…. lumayan banyak lah sejak merek samsum – nokia – sony erricson – motorola, dan hp hp cina yang sudah banyak di pasarkan di indonesia.

    139 koleksi hp aku ternyata memang yang punya brand barang dan kualitas bagus.
    hp elegan punya gue, udah aku simpan and dijadikan koleksi termasuk hp hp cina.so dari 139 hp tersebut, gue pake 1 punya nokia 1 lagi punya cina yang lain masuk dapur koleksi.

    so gue mau nunjukin hp cina terbaik : yang selama ini berkembang bermacam macam barang barang dari cina yang selama ini sudah berjalan dengan adanya pasar bebas

    namun hp cina terbaik adalah nexian & beyond
    sekarang hp yang gue pake punya nokia clasik, 3100
    dan hp nexian.

    so saran gue sih kalo mau kualitas beli nokia tp kalo kocek terbatas beli nexian aja. brgnya lumayan dibandingin yang lain.

  162. ana says:

    klo hp skybee 83ry bgus ga ci?
    pngen beli nie
    cz murah gilaa

  163. mulyo says:

    aku cari diagram hp cina yang sama dengan nokia n95 8gb dimana y??????????????????

  164. JJ says:

    Diagram apa mas Mulyo?

  165. agus mirah says:

    semua tergantung selera dan kocek pembeli

  166. handphone says:

    Hem …. rupanya era perdagangan bebas semakin marak saja

  167. juliet says:

    dulu gw ngfans banget ama sony ericsson..ampe skrg jg sih.. maunya sih gue pengin banget experianya soner tuh…keren beud dweeehhh…tapi apa dikata… kantong tak ngdukung…yah akhirnya gue beli aja T mobile cina…harga jauh dibawah experia..eh ternyata hp ini yg lumayan jga. keren ..ngdukung java multitasking..jd bs bwt chat..viva soner..viva hp china……

  168. deday cobain says:

    tolong dong bwt yang tw caranya ngaktifin GPRS Hp Hi Tech H62 kasih tw saya….Thanks yc,..ditunggu yc..

  169. Nanie says:

    saya baru membeli Hp cina merk Gstar Q83…
    tp susah bgt ngaktifin GPRS indosatnya…
    berkali-kali dicoba slalu gagal pdahal dh sesuai dgn panduan indosat…
    ada yg bs bantu g?
    trims ^_^

  170. agoes says:

    mo tanya nih di jakarta klo mo bli lcd n82 china(soket sblh kiri bawah) dimana yach ? atw bos ada yang punya ? tolong hub di no 021-36550750

  171. JJ says:

    @agoes: Coba di Surya Selular, ITC Kuningan Lt. 3. Toko ini menyediakan spare parts berbagai merk handphone, paling lengkap dan murah di ITC Kuningan. Toko2 lain sering ngambil dari toko ini.

  172. agoes says:

    jj sy

    sdh coba ke surya cell Itc kuningan barang nihil.. mohon petunjuk tempat lainnya…?thx

  173. agoes says:

    mohon bantuan & petunjuknya bos…. mo tanya nih.. toko parts hp di jakarta yg jual Lcd china komplit khususnya n82 china dimana yach? atau bos pnya ? hub di no 021-36550750

  174. adhie says:

    HP Cina so far oke. Tapi hati2 dengan yang dual sim card. Saya udah nyoba beberapa merk dan rata2 sim ! atau Sim 2 kalo buat nelp suaranya suka kecil atau ngga jelas. Ini yang bikin saya kesel dan akhirnya saya jual. Capee dee…service center ngga ada yang bisa mengatasi masalah ini. udah diupgrade softwarenya ya masih aja salah satu kartu suaranya kecil. Kalo ke service centernya yang ada cuma perkataan “Maaf”. Mungkin dalam hati mereka ” beli murah ya harus terima kenyataannya…jangan berharap semuanya perfect”. Kalo ngga kepept amat jangan pernah beli HP Cina. Karena sampai saat inipun ngga pernah ada rating hp china terbaik! Jadi solusinya beli aja Nokia yang murah tapi terjamin!

  175. freedom says:

    Selamat siang kawan2 semua yg ada di forum ini,saya mau minta informasi sedikit dr kawan2 semua,saya mau tny dimana distributor/suplier handphone cina yg ada dijkt yg bisa melayani paket kerja sama dlm partai kecil.informasi yg sdh sy dptkan skrg tdk melayani partai kecil.mgkn kawan2 ada yg pny kenalan distributor/suplier dr produk2 cina ini.mohon sedikit informasi nya dan bantuan nya.thx sebelumnya
    tolong hubungin saya di 081281118238

  176. halim says:

    Ada yg tau cara memasok hp cina langsung dari pabriknya. ?

  177. yanz says:

    Klo HP IMO 638CG harganya brapa skarang yach ? n Klo ada yang mau jual n tinggal nya di BANDUNG kasih tahu saya. ok. email ke : yansae22@yahoo.com thanks…

  178. Lu Kwan Ying says:

    Klo g salah gan JJ tinggal di Bandung kan(Liat dari post yg makanan” itu,semua di Bandung)?
    Tp g jual hp tipe itu y mungkin…

  179. JJ says:

    Wah bro Kwan Ying salah… gw tinggal di Cibubur, bukan di Bandung. Yang tentang makanan2 itu kebanyakan di Cibubur kok.

  180. Lu Kwan Ying says:

    Owww…
    Hahaha,Cibubur?
    Wuihhh jauh bener…
    Klo lewat jalur darat kurang lebih 1.000KM,klo langsung potong pake pesawat pun,dari Cibubur ke rumah gw juga 647,48KM.

  181. Lu Kwan Ying says:

    Owww…
    Hahaha,Cibubur?
    Wuihhh jauh bener…
    Klo lewat jalur darat kurang lebih 1.000KM,klo langsung potong pake pesawat pun,dari Cibubur ke rumah gw juga 647,48KM.Kasian Tukang kirimnya(Tp y emang tugasnya~)…

  182. ude says:

    tolong yg tau tempat jual batre cross cg77 kontek…….085222436202

  183. Japana Sofja says:

    Ada Gak,tempat service K-Touch daerah malang ato surabaya?
    ato tempat penjualan LCD K-Touch A691??
    ada yg jual gak?

  184. vjparlin says:

    hmmm….!! di antara semua hp mna hp yg pling berkualitasss ya…???

  185. endi yunardi says:

    barang china…ngak deh.

  186. dealer pulsa says:

    mulai nyari2 hape cina nih.thanks atas referensinya.semoga bermanfaat bagi para pembeli hp cina

  187. Gusta says:

    gimana cara aktifin gprs di hp china gstar 988 untuk kartu As?

  188. yona says:

    aku beli hp ystary trus batre drop n aku dah cari batrenya ampe kemana mana tp g ketemu jg,klw teman teman punya info tolong di infokan ya ke emailku tempat beli batrenya dimna atw pake batre serep ap? tks.

  189. 4lby says:

    ad yg tau service center hp ztc wilyah surabaya???
    tlong di bntu bro…..
    thank’s

  190. Auliya419 says:

    Lho?Nexian kan buatan Indonesia!gimana sih ente?Nexian juga lebih canggih dari ponsel lokal lain.bahkan udah ngeluarin hp 3G dan smartphone android yaitu Nexian Journey!!!

  191. jjlifeblog says:

    @Auliya419:
    Gw kan udah sebut di atas kalau Nexian masuk ke golongan tertentu, yaitu merek Indonesia dengan spare part dari China yang dirakit di Indonesia.
    Lagipula tulisan ini dibuat tanggal 1 Maret 2008 di mana pada waktu itu belum ada Nexian yang 3G dan Android.
    Dan harus diakui meskipun Nexian dalam beberapa hal — sekarang — lebih advance daripada merek lokal buatan China lainnya, sistem operasinya (selain yang smartphone) tetap menggunakan MTK buatan China yang notabene sama saja dengan ponsel lokal lainnya.

  192. Dicky A Kurniawan says:

    ap tersedia aksesoris handpone cina Bstar type 128 gan .
    ??……..

Leave a Reply

