Serbuan Handphone-handphone Buatan China ke Pasar Indonesia – Bagian 2

Posted: 29 December 2008 in Other Mobile Phones
Tags: , , ,

Benar2 di luar dugaan, meskipun blog ini sebenarnya didedikasikan khusus untuk Sony Ericsson, tapi pada saat aku post tentang Serbuan Handphone-handphone Buatan China ke Pasar Indonesia, respon yang kudapat sangat banyak, bahkan post tersebut menjadi top post dengan view dan comment terbanyak sampai saat ini. Terima kasih buat teman2 dan para pembaca blog yang sudah menjadikan post tersebut sebagai bahan diskusi juga.

Post di atas sengaja aku edit dengan menambahkan “Bagian 1″ pada judulnya karena aku akan melanjutkan cerita tentang handphone2 China tersebut pada post ini yang judulnya tetap sama tetapi dijadikan sebagai “Bagian 2″.

Sudah hampir 10 bulan berlalu sejak post Bagian 1, dan selama itu sudah terjadi banyak hal sehubungan dengan handphone2 China tersebut.

Semakin banyak merk yang beredar di Indonesia, semakin banyak pula type yang tersedia dengan desain dan fitur yang sangat beragam.

Merk2 berikut sempat di-sebut2 pada post di Bagian 1: Beyond, CECT, Coolpad, Daxian, D-One, EastCom, Haier, HiSense, Hi-Tech, Huawei, Konka, KOZI, K-Touch, MICXON, MITO, My G, NewGen, Nexian, StarTech, TAXCO, WOW, ZTC, ZTE, Altone, dan Anycall. Ada juga merk2 yang meniru bunyi merk terkenal seperti NCKIA dan NOKLA.

Dari komentar2 yang masuk di post Bagian 1, ada di-sebut2 merk2 seperti Anycool, mp4 (merk yang aneh), IMO, Titan, Prince, Z95 (ini merk atau type ya?), Leady, Cross, dan G Phone.

Sekarang ini, hampir di setiap mall atau pusat perbelanjaan yang terdapat toko2 handphone — misalnya di ITC Roxi Mas, ITC Kuningan, dll. — rata2 sudah ada toko atau booth khusus untuk handphone2 merk China tersebut. Biasanya merk yang sudah mempunyai toko resmi adalah merk yang sudah memiliki distributor dan service center resmi di Indonesia, tapi merk2 yang hanya punya booth khusus belum tentu sudah memiliki jaringan pelayanan purna jual yang bagus.

Majalah2 yang khusus membahas tentang teknologi selular — seperti T&t, Selular, Handphone (HP), dll. — sekarang pun selalu dipenuhi dengan iklan dan artikel tentang handphone2 China tersebut. Bahkan dari majalah2 inilah muncul istilah yang menurutku “salah kaprah” karena merk2 tersebut disebut sebagai “Ponsel Lokal” atau “Merk Lokal”. Hmmm… lokal dari mana yah? Padahal kan jelas2 kalau merk2 tersebut adalah buatan China yang dipasarkan di Indonesia, bukan diproduksi oleh Indonesia, kenapa kok tiba2 bisa disebut ponsel lokal? Tapi begitulah peran media, menyebarkan istilah yang bisa menjadi sangat populer di masyarakat.

Beberapa merk lain yang sempat aku temukan di majalah2 adalah : eTouch, Ti-Phone, Cross, Kanselir, Asiafone, Spirit, Maxtron, ViTell, G-Von, GStar, MG Com, Tiger, Lexus, Swahoo, dan Virtu-V. Mungkin yang lain ada yang mau menambahkan?

Mengenai fitur, merk2 China tersebut masih tetap mengandalkan TV Analog dan Dual Network atau Dual SIM Card, baik GSM-GSM maupun GSM-CDMA. Ponsel TV kebanyakan mengusung fitur touchscreen dengan layar super lebar, rata2 sekitar 3 inchi atau lebih.

Selain dual sim card, fitur terbaru yang ditawarkan akhir2 ini adalah 3-in-1 alias 3 SIM Card sekaligus di dalam 1 handphone, semuanya dalam kombinasi 2 GSM dan 1 CDMA. Merk dan type yang tersedia untuk 3-in-1 ini masih sangat terbatas, tapi tidak menutup kemungkinan akan menjadi tren baru di tahun 2009 mendatang.

Fitur kamera juga semakin berkembang dengan dirilisnya beberapa type yang menawarkan resolusi kamera sampai dengan 8 Megapixel, hampir semuanya dengan jenis lensa CCD, autofucus, flash, bahkan optical zoom. Tampilannya pun sangat mirip dengan kamera digital.

Berminat? Silakan dipikirkan dan dicoba sendiri ya…

Selamat tahun baru 2009 untuk semuanya..

Comments
  1. lhin says:

    SUDAH 6BULAN INI SAYA MEMAKAI HP MERK CROSS TYPE CG75 GSM/CDMA TV ON .DENGAN HARGA 1750RB, DAN SELAMA INI TANPA ADA MASALAH SEPERTI HP2 MERK CHINA LAIN YG SAYA PAKE SEBELUMNYA.FITUR,DESAIN RAMPING DAN PENGGUNAANYA SANGAT MEMUASKAN.DILENGKAPI BLUETOOTH,MMC 1GB,KAMERA 1,3 MP,TV RECORDING,DAN 2 BAT,SIARAN TV BAGUS,LCD KECIL UKURAN HANYA 2,6 INC SAJA. BATEREI TAHAN 2HARI WALAU ON BARENG GSM/CDMA NYA.MUNGKIN BAGI TEMAN2 YG BINGUNG MEMILIH HP TV,BISA UNTUK MASUKAN UNTUK PILIHAN SAYA INI.THANXS

  2. bungkridit says:

    bung benni, atawa yg lain … boleh minta tlg donk…, saya ada Hp Prince A960 cuman ga tau setting GPRS, maupun internetnya, saya kesulitan cari info dari TELKOMSEL. pse contact di email saya : bungkris2004@yahoo.com atau hp.92396471

    tks atas bantuannya.

  3. ajuan says:

    aku punya HP merk nya vision waktu di search di internet merk ini ga ada, aku mau cari aplikasi browsing n chating tapi hasilnya nihil..
    mohon di bantu dong

  4. NENENK says:

    dulu waktu awal keluar HP analog TV aku beli K-Touch V819, seharga Rp. 1.950rb, suaranya bagus banget, keras daripada yang lain, sayangnya hp itu hilang di curi saudara jauh saya, dan saya beli lagi HP titan T5858i dual on GSM – CDMA seharga 2.050rb yang katanya lebih bagus dari K-Touch suara nya lebih bagus begitu pula kameranya, itu yang dikatakan penjual yang tidak lain adalah istri bos saya, dan banyak teman2 kantor saya yang terpikat, dan pada akhirnya, sangat mengecewakan, dan akhirnya saya jual dan beliau menawar 1.200rb dan akhirnya dibeli kakak saya seharga 1.450rb, dan sekarang ini saya ingin HP analog TV, mohon petunjuknya, yang bagus merek apa dan type berapa??? please contact email saya : w42n32nk@yahoo.co.id thanx

  5. azkala says:

    handphone IMO di medan di jalan apa yach…ada yg tau ga???

  6. zhemoet says:

    Kepada para pembaca sekalian saya mau minat tolong, bagaimana mengaktifkan GPRS dan MMS serta internet pada hp saya merk Beyond type B999, saat ini saya mengalami kesulitan dalam men-setting kemampuan tsb, mohon bantuannya. please contact email saya : yo_ben09@plasa.com thanx

  7. TONI says:

    GNI, SBNRNY SMW CARA SETING GPRS SAMA. CM LETAKNYA J YG BEDA. SLAHKN MTA K OPERATOR RETING UNTUK
    .NAMA
    .APN
    .USERNAME
    .PASSWORD
    .HOME
    .IP ADDRESS
    .PROXY
    KALO IT DH MSUK SMW, KMGKNAN DAH BS DPAKAI.

  8. hendrabjm says:

    bisa ngg hape Taxco Tx80 download buat operamini bro ??

  9. any says:

    tolong dikasih merk cina yang tercanggih dan terkuat tahan lama

    makasih

  10. jjlifeblog says:

    Sekali lagi kepada semua pembaca blog, saya ucapkan terima kasih atas atensinya terhadap blog saya, khususnya untuk post yang ini.
    Berhubung saya belum pernah memakai satupun handphone “lokal” buatan China, saya tidak dapat menjawab pertanyaan2 yang diajukan dan juga tidak dapat memberikan bantuan atau rekomendasi kepada pembaca semua.
    Silakan thread ini dijadikan bahan diskusi, berbagi pendapat, berbagi informasi, dan hal-hal lain yang positif.

  11. Steven says:

    mau tanya cara setting gprs di HP lexus L81 gimana ya???
    mohon petunjuknya dari ahlinya..
    my email = oziku83@yahoo.co.uk

    terima kasih sebelumnya

  12. aris says:

    tman2….saya mw tnya…gmn sih cara ngaktifkan gprs dan mms bwt hp CROSS GG 55 (merk china).sebelumnya saya berterimakasih. kloda yg bza,tolong d krim jwabannya di email saya.thanks alot…

  13. jujukonoha says:

    @steven : pada dasarnya L81 sama setingaannya sih namun ada pilihan wap dan http nah kl mau si seting gprs pakenya yang http aja jadi muncul tuh ip addressnya :),
    langkah awalnya (aku seting pake im3 yah )
    buka menu —> services —> data account —> gprs —>hapus 1 list disana yang mana aja trus edit isinnya jadi :
    Account namenya : im3-gprs
    APN : http://www.indosat-m3.com
    User name : internet
    pass : im3
    auth.type : normal
    beres tuh 1 sesi
    balik kemenu services lagi pilih wap—>seting —>pilih edit profile -> sim1
    —>ambil profile 9 –> edit profile—> ganti semua isinya
    rename profile : im3-gprs
    homepage :http:// http://www.indosat-m3.com
    data account : pilih yang tadi im3-gprs
    connection type : http
    proxy address : 010.019.019.019
    proxy port : 8080
    done (Simpen :) )
    username : internet
    password :im3
    simpan semua kemudian restart hpnya
    (udah deh jalan tuh )
    nah jalan deh internetnya

    >>>bagian aku yah yang minta tolong buat sapa aja ada yang punya drivernya nda lexus L81, trus softwarenya pake apa sih , ada ngak aplikasi buat L81 denger softwarenya pake android v 1.5 , nah 2 gimana tuh (kl ada yang punya link ato pc suitenya kasih tau yah )he3

  14. Uda Novizon says:

    Mau tanya setelah setting gprs sesuai dgn cara @ jujukonoha kenapa saat akses keinternet timbul komen not enough memory padahal file dimemory HP tidak ada kecuali file standard mohon temen2 bantuannya….thanks

  15. praymilano says:

    mau tanya program ebbudy dan opera mini buat gvon ada ga yah?
    mohon infonya

  16. zuki says:

    saya punya hp Lexus L81,,
    saya cuma mau nanya nih???
    ko’ hp Lexus L81 g ada tema??
    jadi hampa nih hp nya………….
    trus,,, setting internetnya susah juga,,, sering gagal..
    mhon bantuannya ya,,, thanks

  17. sekar says:

    Untuk IMO GC90 gmn setting GPRSnya?

  18. zuki says:

    haii,,
    q mw nnya nih,,!!!
    knp stiap maen intrnet khusus Lexus L81,,
    sering kali diberitahukan memory penuh,,???
    gmana solusinya??
    krim emailnya k’ ( zuki_kiki@yahoo.co.id )

  19. zuki says:

    haii,,
    q mw nnya nih,,!!!
    knp stiap maen intrnet khusus Lexus L81,,
    sering kali diberitahukan memory penuh,,???
    gmana solusinya??
    krim emailnya k’ ( zuki_kiki@yahoo.co.id )
    mhon bantuan nya y,,,
    sp aj dech yg tau,,,
    thnkss

  20. nurus says:

    numpang nanya gmn kalo mo nyetting gprs simpati u lexus L81? mt tlg langkah langkahnya yang rinci. kirim ke emailku ya. thanks banget

  21. fitri says:

    saya memakai hp china merk spirit tp sy g bs menerima pesan mms, setiap ada pesan msk sy download tp perintah yg keluar APN salah, gmn y?, cara mensetting mms di hp sy ini?, tolong di bantu y?

  22. fitri says:

    tolong dong gmn cara mensetting mms di hp china merk spirit, bantu sy please…

  23. JJ says:

    Ada yang bisa bantu fitri? Thanks.

  24. rady says:

    tolong bisa ga dunlood internet driver taxco tx 80. ato instal, beli dmana yach

  25. wendra says:

    bagai mna cara setting gprs hp lexus l 81

  26. ken says:

    mo tanyta,sya punya hp beyond b999.bisa ga di instal microsfe xl ke hp sy,dan klo bisa gmn caranya? tanks

  27. ken says:

    JJ :
    00Rate This

    PDRTJS_settings_102434_comm_1772 = {
    “id” : “102434”,
    “unique_id” : “wp-comment-1772″,
    “title” : “Ada+yang+bisa+bantu+fitri%3F+Thanks….”,
    “item_id” : “_comm_1772″,
    “permalink” : “http%3A%2F%2Fjjlifeblog.wordpress.com%2F2008%2F12%2F29%2Fserbuan-handphone-handphone-buatan-china-ke-pasar-indonesia-bagian-2%2F%23comment-1772″
    }
    Ada yang bisa bantu fitri? Thanks.

    mo bantuan pa?

  28. Dodi irawan says:

    Numpang nanya gi mana caranya setting Internet HP IMO thanks ya sbelumnya!

  29. Kristinus Ndruru says:

    gmn cara Buka facebook di hp cross, soalnya tiap gw mw sign in selalu ada perintah “download login, mungkin ini tak cocok dg program. apa anda terus mw download”

  30. Kristinus Ndruru says:

    maksud saya hp cross GG55

  31. stanny says:

    hp cross gg55 saya untuk simpati nya kok ga bisa utk internetan ya, padahal setingan gprs/mms nya sudah benar sedang untuk im3 nya lancar2 saja untuk browsing.. mungkn ada yg tau solusinya?

  32. httpnetsony says:

    Kristinus Ndruru :

    gmn cara Buka facebook di hp cross, soalnya tiap gw mw sign in selalu ada perintah “download login, mungkin ini tak cocok dg program. apa anda terus mw download”

    setahu saya itu harus daftar dulu ke operator satu misal saya pake tree ketik chat kirim ke 333 kena biaya 500perak perhari

  33. avraymovic says:

    harga second hp taxco dm79 kira2 berapa?

  34. jhon says:

    bagai mana caranya mengaktifkan wifi pada lexus L81

  35. jhon says:

    maaf ada yang tahu cara menyeting wi-fi pada hp lexus L81 tidak Trimakasiggh ?

  36. edi says:

    ada yang tau cara setting di hp titan t5858i agar bisa internetan, gprs nya dah aktif tapi waktu donwload selalu jawabannya server error

  37. rudolf north says:

    bagamn mensetting hp cross gg55 untuk gprs dan mms

  38. ell says:

    duh ternyata banyak juga ya yang pake hp china dan semua pertanyaannya bikin pusing, kenapa ga tanya ja ke pusat seervicenya hahahaha a3j (ada2xaja)

  39. qUUEnniSA says:

    gimana seh supaya bisa dunlod di lexus L81
    gprs ma mms nya dah bener tapi dunlod gambar in internet ko ga bisa

  40. FranZ says:

    haiii
    mau tanyak nieh ………
    npz hp cross GG55 tuh kok sulit di buat Facebook’an…
    setiap mau login tuh mesti gak bisa masuk,,,
    tpi lok masuk ke alamat facebook tuh bisa,,,,
    mintak solusinx donk tmen”……….

  41. adi says:

    hai… mau tanya…
    aq br beli hp merk Vision, aku pakai baru 2 bulan..
    sekarang hp tsb tdk bisa aq pakai lagi..
    hp tsb menjadi sangat panas… lalu aku lepas baterainya…
    masih tetap panas…
    temanku malah bilang gini…
    wah… hp tsb punya fitur baru…
    sekarang bisa untuk nyetrika..
    memang sebaiknya,,,. sebelum beli hp merk china… harus dipikir 1000 x dulu…

Leave a Reply

