Handphone-handphone Berkamera 8 Megapixel

Posted: 17 August 2009 in General, Nokia, Other Mobile Phones, Sony Ericsson
Tags: ,

Delapan megapixel merupakan resolusi kamera digital tertinggi yang terdapat pada handphone sampai saat ini, yang tersedia di pasaran di seluruh dunia. Maaf, pembahasan ini tidak melibatkan handphone-handphone buatan China yang notabene dikenal sebagai handphone dengan desain yang hampir seluruhnya meniru vendor-vendor besar, dan kualitas yang masih harus dipertanyakan.

Dimulai oleh Sony Ericsson pada bulan Juni 2008 yang mengumumkan handphone GSM dengan kamera 8 megapixel pertama di dunia, yaitu C905, sampai saat ini tercatat tak kurang dari 14 type handphone kamera 8 megapixel yang beredar di seluruh dunia dari berbagai macam merk.

Meskipun sebelumnya Samsung pernah mengumumkan handphone pertama dengan kamera 8 megapixel, yaitu SPH-V8200, pada bulan Februari 2005 — jauh sebelum C905 — tetapi handphone tersebut diedarkan terbatas di negara Korea dan hanya dapat beroperasi pada jaringan CDMA khusus di negara tersebut, maka dapat dikatakan bahwa Sony Ericsson C905 merupakan handphone dengan kamera 8 megapixel yang pertama kali diumumkan untuk jaringan GSM.

Sayangnya pada kenyataannya Sony Ericsson C905 bukan merupakan handphone berkamera 8 megapixel pertama yang tersedia di pasaran karena pada bulan September 2008 Samsung lebih dulu merilis i8510 INNOV8 sedangkan Sony Ericsson C905 sendiri baru dapat diperoleh sekitar sebulan kemudian. Tak lama setelah C905 dirilis, LG pun menyusul dengan KC780.

Fakta yang menarik adalah, ketiga handphone di atas semuanya berbentuk slider, dan hanya C905 yang dilengkapi dengan Xenon Flash. INNOV8 dan KC780 hanya dibekali dengan LED flash sebagai alat bantu pencahayaan.

Dari kelompok 5 besar vendor dunia, Nokia merupakan yang terakhir yang memberikan kamera 8 megapixel pada portfolionya, yaitu dengan diluncurkannya N86 8MP pada sekitar bulan Juni tahun ini. Sangat jauh ketinggalan memang, karena dalam rentang waktu setelah peluncuran LG KC780 sampai sebelum N86 8 MP dirilis ke pasaran, 3 vendor sebelumnya telah lebih dulu merilis varian lain dari handphone 8 megapixelnya, yaitu :

  • Sony Ericsson : W995 Walkman
  • Samsung : M8800 Pixon, T929 Memoir, S8300 Ultra Touch (Tocco), i8910 Omnia HD
  • LG: KC910 Renoir, KC910i Renoir, GC900 Viewty Smart, GD900 Crystal

Bagaimana dengan Motorola? Nampaknya vendor yang satu ini memang sangat jauh ketinggalan dalam hal teknologi dari 4 vendor lainnya dalam kelompok 5 besar. Bahkan handphone kamera 5 megapixel pertamanya pun tidak dilengkapi dengan kemampuan jaringan 3G seperti layaknya handphone kelas atas. Tidak mengherankan jika dalam percaturan 8 megapixel vendor ini tidak akan berbicara banyak.

Sony Ericsson masih memiliki satu buah type handphone lain dengan kamera 8 mepapixel yang belum diedarkan, yaitu Aino, yang rencananya baru akan dirilis pada bulan Oktober tahun ini.

Bagaimana perkembangan selanjutnya? Seperti sudah diketahui bahwa pada bulan Februari lalu, Sony Ericsson mengumumkan Satio yang merupakan handphone dengan kamera 12 megapixel pertama. Ya, lagi-lagi Sony Ericsson yang pertama kali mengumumkan handphone dengan kamera beresolusi tertinggi. Akankah Satio juga menjadi yang pertama kali dirilis? Sayangnya lagi, kelihatannya Sony Ericsson harus merelakan kenyataan bahwa Samsung akan kembali menyalipnya dengan M8910 Pixon12 yang rencananya akan dirilis dalam bulan Agustus ini karena Satio baru direncanakan untuk dirilis paling cepat bulan September.

Sepertinya filosopi Sony Ericsson dalam persaingan megapixel kamera sejak 5 megapixel telah berubah:  menunjukkan pada dunia bahwa dia yang pertama kali membuat tapi tidak mengapa jika vendor lain yang pertama kali menyediakannya untuk para konsumen. Ah, mungkin aku yang salah menduga atau apakah yang salah dengan Sony Ericsson beberapa tahun terakhir ini.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s