Gempa Jawa Barat 7.3 SR: Photo-photo di Salah Satu Lokasi Korban Gempa di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Posted: 26 September 2009 in General, Nokia, Other Mobile Phones
Tags: , ,

Aku yakin hampir semua pembaca yang ada di Indonesia tahu bahwa pada tanggal 2 September 2009 yang lalu telah terjadi gempa besar berkekuatan 7.3 Skala Ritcher yang berpusat di Tasikmalaya, Jawa Barat. Goncangan yang diakibatkan oleh gempa ini dirasakan hampir di seluruh pulau Jawa, bahkan sampai ke pulau Bali. Aku yang pada saat terjadinya gempa berada di lantai 6 sebuah gedung bertingkat di Jakarta Selatan pun merasakan guncangan yang cukup kencang, apalagi orang-orang yang berada di dekat pusat gempa pasti merasakan goncangan yang lebih keras daripada yang aku rasakan.

Benar saja, menurut data statistik tiga lokasi terparah akibat gempa adalah Tasik, Cianjur dan Pangalengan.

Pangalengan adalah sebuah kecamatan di wilayah Kabupaten Bandung, berlokasi di wilayah selatan Bandung. Pangalengan terdiri dari 13 desa, di mana 3 di antaranya mengalami kerusakan paling parah, yaitu Desa Pangalengan (desa ini merupakan ibukota kecamatan), Desa Margamukti, dan Desa Sukamanah.

Sudah menjadi kebiasaan setiap tahun, setiap hari raya Idul Fitri selalu aku rayakan di Pangalengan, karena meskipun aku bukan dilahirkan di sana, tapi di sanalah aku dibesarkan dan menuntut ilmu dari SD sampai SMP, bahkan orang tua dan seluruh saudara kandungku beserta keluarganya sampai saat ini masih berdomisili di sana.

Apakah mereka menjadi korban gempa? Jawabannya: YA. Ada dua rumah yang rubuh sampai hancur dan tak mungkin untuk ditempati sama sekali, ada satu rumah yang rusak agak parah, tapi masih ada dua rumah yang masih utuh. Setelah diperbolehkan kembali dari tenda pengungsian, seluruh keluargaku sekarang berkumpul di dua rumah yang masih utuh, dan satu rumah sedang diperbaiki, sedangkan dua rumah yang hancur masih dibiarkan seperti keadaan setelah gempa, bahkan beberapa bagian sudah dengan sengaja dirubuhkan karena sudah sangat goyah, agar tidak membahayakan orang-orang yang melewati lokasi tersebut.

Begitu pula dengan Idul Fitri 1430 H tahun ini yang jatuh pada hari Minggu tanggal 20 September 2009, aku rayakan di Pangalengan juga. Dan dengan menggunakan kamera pada Nokia N86 8MP, aku abadikan kondisi di salah satu lokasi paling parah di Desa Pangelangan pada hari Lebaran yang lalu, tepatnya di Perumahan Taman Kebon Kopi di mana salah satu rumah saudaraku turut jadi korban.

Oya, sebelum menuju ke photo-photo, mungkin perlu aku sampaikan juga bahwa lebih dari 50% bangunan sekolah di Kecamatan Pangalengan rusak parah. Dan itu termasuk SD dan SMP di mana aku dulu menuntut ilmu di sana. Sungguh memprihatinkan.


About these ads
Comments
  1. omdien says:

    Yuk kita buat ikatan buat donasi gempa Pangalengan, sebelum perhatian dunia beralih ke gempa Padang

  2. jjlifeblog says:

    Setuju Kang, gimana nih follow-up nya?

  3. indra sunarya says:

    Allohuakbar……
    Begitu porakporndanya Jawa barat ketika Gempa menerjang…..
    Semoga semuanya diberika ketabahan…..

  4. indra sunarya says:

    Mari kita Bantu Buat Orang2 yg membutuhkan uluran tangan kita………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s