Motorola Terlempar Dari 5 Besar Vendor Handphone Global Di Kuartal Pertama Tahun 2010

Posted: 1 May 2010 in General, LG, Motorola, Nokia, Other Mobile Phones, Samsung, Sony Ericsson
Tags: , , , , , , , , ,

Selama beberapa tahun terakhir ini, 5 besar vendor handphone global − dilihat dari total penjualan di seluruh dunia − bisa dikatakan berasal dari 5 merk yang itu-itu saja. Sejak mengambil alih tahta puncak dari Ericsson, hegemoni Nokia sampai sekarang masih belum tergoyahkan. Ericsson yang sempat menghilang dari peredaran kembali dengan nama baru sejak menggandeng partner joint venture Sony − menjadi Sony Ericsson − berhasil masuk ke dalam 5 besar berkat inovasi-inovasi produknya yang banyak diminati oleh konsumen. Dua vendor raksasa dari Korea kemudian masuk ke dalam jajaran 5 besar, bahkan Samsung berhasil menggeser tahta nomor 2 dari Motorola yang dulu sempat memimpin sebelum digeser oleh Ericsson. Perlahan tapi pasti, LG Electronics berhasil melampaui Sony Ericsson, dan kemudian Motorola, untuk bercokol di posisi nomor 3. Sony Ericsson dan Motorola kemudian saling bergantian berada di posisi nomor 4 atau nomor 5.

Kehadiran 2 produk fenomonal dari benua Amerika − Apple iPhone dan RIM Blackberry − mulai terasa dampaknya pada 5 vendor di atas. Pangsa pasar Nokia mulai sedikit menurun meskipun masih tetap kokoh di posisi puncak. Yang paling terkena pukulan telak adalah Sony Ericsson dan Motorola. Sejak akhir tahun 2008 dan sepanjang tahun 2009 kedua perusahaan ini mengalami banyak kemunduran dan penurunan pangsa pasar. Bukan hanya itu, keduanya juga mengalami kerugian yang sangat besar. Sony Ericsson bahkan sempat mencatat nilai kerugian yang sangat fantastis: mendekati 500 juta euro. Demikian juga dengan Motorola yang pernah mencatat kerugian sebesar 545 juta dollar Amerika.

Mengawali tahun 2010 dengan produk andalan dari seri baru Entertainment Unlimited dengan menjagokan produk seperti Aino, Satio, dan Yari, dan terakhir Vivaz serta Xperia X10, upaya perbaikan dari Sony Ericsson mulai menampakkan hasil. Terbukti dengan kemampuannya mencetak keuntungan di kuartal pertama tahun 2010 ini, meskipun nilainya sangat kecil yaitu sekitar 28 juta euro saja. Inilah kali pertama Sony Ericsson mencatatkan kembali keuntungan setelah beberapa kuartal terakhir sejak, kalau tidak salah, kuartal ketiga tahun 2008 selalu menderita kerugian. Meskipun berhasil mencatat keuntungan, jumlah unit terjual mengalami penurunan dari kuartal sebelumnya, yaitu hanya sekitar 10.5 juta unit ponsel di seluruh dunia.

Berbeda dengan Sony Ericsson yang mencatat hasil positif, nasib Motorola masih berada di ujung tanduk. Pada kuartal pertama tahun 2010 ini, pabrikan asal Amerika ini hanya berhasil menjual 8.5 juta unit di seluruh dunia, dengan hampir seperempatnya merupakan smartphone, di mana sekarang praktis hanya smartphone dengan OS Android-lah yang jadi andalannya. Kerugian juga masih diderita, tetapi nilai kerugiannya mulai menurun dibanding tahun sebelumnya. Yang mengejutkan, Apple ternyata berhasil menjual sebanyak 8.8 juta ponsel iPhone, yang berarti mengungguli jumlah penjualan Motorola. Dan inilah untuk pertama kalinya Motorola terlempar dari posisi 5 besar, serta di lain pihak ini juga menjadi kali pertama bagi Apple untuk berada di 5 besar.

LG Electronics sepanjang kuartal pertama tahun 2010 ini berhasil menjual 27.1 juta unit handphone di seluruh dunia, naik 20% dari kuartal yang sama di tahun sebelumnya. Meskipun demikian, keuntungan yang diperoleh LG menurun cukup jauh daripada tahun sebelumnya.

Jumlah penjualan yang berhasil dicatat oleh Nokia sepanjang kuartal pertama tahun 2010 ini adalah 107.8 juta unit di seluruh dunia, yang berarti mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya.

Samsung kembali mencata hasil fantastis dengan total penjualan sebanyak 64.3 juta unit di seluruh dunia. Dengan demikian maka Samsung semakin kokoh di peringkat dunia.

UPDATED.

Ternyata setelah membaca tulisan di Boy Genius Report, secara mengejutkan RIM yang terkenal dengan Blackberry-nya berhasil menjual 100 ribu unit lebih banyak daripada Sony Ericsson selama kuartal pertama tahun 2010 ini dengan total penjualan 10.6 juta unit di seluruh dunia. Dengan demikian RIM sekarang berada di peringkat keempat menggeser Sony Ericsson ke peringkat 5, dan Motorola semakin terpuruk ke peringkat 7.

Jika diurutkan, maka peringkat vendor handphone sepanjang kuartal  pertama tahun 2010 (Q1 2010) adalah:

  1. Nokia: 107.8 juta unit
  2. Samsung: 64.3 juta unit
  3. LG: 27.1 juta unit
  4. RIM: 10.6 juta unit
  5. Sony Ericsson: 10.5 juta unit
  6. Apple: 8.8 juta unit
  7. Motorola: 8.5 juta unit

Jelas terlihat bahwa sekarang Motorola sudah terlempar dari posisi 5 besar dunia.

Sumber-sumber berita terkait:

Nokia Q1 results are out, looking good but Symbian^3 gets delayed
Samsung announces Q1 2010 results
LG with surprising Q1 results, will focus on smartphones in Q2
RIM now the 4th largest phone maker
Sony Ericsson defies analysts, posts a profit for Q1
Apple Q1 results are out, impressive as usual
Motorola looking better in Q1 2010 but loses top spot in the US

Baru saja dapat informasi lengkap mengenai keseluruhan penjualan handphone di kuartal pertama tahun 2010 ini dari IDC, beritanya adalah: Mobile Phone Recovery Continues with Nearly 22% Growth in First Quarter, According to IDC. Lima besar vendor disajikan dalam tabel dari IDC adalah:

About these ads
Comments
  1. eddie pawana says:

    apa yang best sangat dengan LG dan Samsung, setahu saya dekat Malaysia hanphone Samsung dan LG adalah handphone yang paling tak laku di Malaysia.
    Untuk ranking di Malaysia:
    1.Nokia
    2.Sony Ericsson
    3.Motorola
    4.Samsung
    5.LG
    6.Produk dari China

  2. JJ says:

    @eddie pawana: Samsung dan LG inovasinya sangat tinggi dibanding merk lain, semisal user interface-nya yang sudah banyak bisa touchscreen walaupun tidak pakai sistem operasi terbuka. Cellphone touchscreen Samsung dan LG untuk mid-end sangat banyak, belum lagi yang high-end punya kualitas bagus. Samsung dan LG produknya banyak laku di Eropa dan Amerika, selain di Korea sendiri tentunya. Di Indonesia sekarang sudah mulai banyak pemakai Samsung. MOtorola malah udah mau bangkrut kayanya di Indonesia, gak laku sama sekali

  3. Lu Kwan Ying says:

    Sakit omongannya,”Motorola kyknya dah gak laku”…
    Tp omong” motorola kok g ada HP yg menarik y,kyk g ada yg baru…
    Temen gw dulu punya Motorola V3,kebanting trus layarnya g bisa nyala.
    Trus abis gitu Hpnya dia taruh kantong trus g sengaja gw tendang…
    Tiba” dibuka layarnya nyala lagi…
    Aneh tapi nyata~

    Kok SE ke 4 y om???
    Bukannya Satio™&Aino™ laku banget y dipasaran?
    Di Indonesia(Surabaya) perasaan HP Samsung&LG g laku deh…
    LG masih lumayan,tp klo yg namanya SAMSUNG jarang banget yg pake.

  4. JJ says:

    @Lu Kwan Ying: hahaha biasa aja bro, emang kenyataannya gitu, beberapa toko Motorola aja ada yang udah tutup kok di Jakarta.

  5. HIN says:

    Ya…saya kira memang sampai saat ini Nokia masih menduduki peringkat teratas…

  6. Joy says:

    Kalo ponsel lain ingin menggeser kepopuleran dari Nokia, tentunya harus melakukan terobosan2 baru yang bisa menarik simpati dari pengguna…di dunia…

  7. […] bagus bagi Sony Ericsson. Setelah pada kuartal pertama kembali berhasil mencetak keuntungan dan tetap mempertahankan posisinya di 5 besar produsen handphone global, kemudian Xperia™ X10 berhasil mencatat rekor sebagai smartphone dengan penjualan terbesar di […]

  8. […] penjualan, pada kuartal pertama tahun 2010 ini Sony Ericsson berhasil mencetak keuntungan sekaligus mempertahankan posisinya sebagai 5 besar produsen handphone global, dan sekarang rekor baru dicatat salah satu produk andalannya di Jepang di mana Xperia™ X10 […]

  9. Indra Herdiana says:

    nokia kok pertama sich?¿ padahal mnurutku se lbih bgus dari nokia dan hp se itu banyak yg menjadi hp legenda

  10. JJ says:

    @Indra Herdiana: Nomor satu dalam hal jumlah penjualan mas. Bisa saja SE punya produk yang fiturnya lebih bagus dari Nokia tapi apa terjual sebanyak punya Nokia? Lihat saja di sekeliling kita masih banyak yang pake Nokia kan?

  11. Vergian Counter says:

    @joy:menurut gue terobosanya vendor selain nokia membuat handphone sempurna kaliya.Yaitu kalo nelepon ga rumek suaranya.Fitur mantap.memori besar.body top.dsb

  12. zul says:

    yah nasib..motorola terjungkal jauh heheh…tapi salah sendiri!!! y gw liat u indonesia th moto dikirim yg low end mulu dibanyakin..mana inovasi razr model clamsrel tipis trus dibanggain payah dah..

  13. Indra Herdiana says:

    jj mau nanya nich,kalau dari segi kesesuaian harga dan fitur,urutanya sama atau beda?
    trus apa bnq-siemens pernah masuk 5 besar

  14. JJ says:

    @Indra Herdiana: wah kalau dari kesesuaian fitur dan harga belum pernah ada yang buat peringkatnya mas. Lagipula akan sangat sulit karena parameternya bisa banyak dan beda-beda. Harga sebuah ponsel yang sama belum tentu sama persis di semua negara, meskipun kurs mata uangnya sudah dikonversi. Belum lagi model bundling yang banyak dilakukan di luar negeri. Selain itu juga penilaiannya sangat relatif.
    Siemens kayanya dulu pernah masuk 5 besar kalau gak salah, tapi sewaktu namanya masih Siemens aja dan sebelum bangkrut. Setelah bergabung jadi BenQ-Siemens sepertinya belum pernah masuk 5 besar. Apalagi setelah jadi cuma BenQ makin terpuruk.

  15. Erdick says:

    Kayanya kl d indonesia yg banyak dpake tuh sony ericsson sm nokia. Tp kok jauh gt ya sony ericsson ada d peringkat ke-5. Klo blh tau, sony ericsson d indonesia ada d urutan ke brp y?

  16. A_R says:

    kayaknya, samsung bakalan menggeser posisi Nokia deh. mungkin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s