Beberapa Fakta Tentang Nokia N8

Posted: 20 May 2010 in Nokia
Tags: , , , ,

Nokia N8 (N8: 12 Megapixel-nya Nokia…) disebut-sebut memiliki sensor kamera terbesar di antara semua handphone kamera, bahkan lebih besar daripada kebanyakan kamera digital biasa.

Seberapa besar sebenarnya sensor kamera yang dimiliki oleh 12 megapixel-nya Nokia ini? Blog GSMArena pernah mencoba menghitung besaran tersebut dan diperoleh hasil 1/1.9″, yang jauh lebih besar daripada yang terbesar sebelumnya, yaitu 1/2.5″ pada Sony Ericsson Satio atau Samsung Pixon12.

Ternyata, hasil perhitungan di atas kurang tepat. Yang mengejutkan adalah bahwa ukuran sensornya ternyata jauh lebih besar, yaitu 1/1.83″. Nilai ini diperoleh dari wawancara ekslusif antara tim GSMArena dengan Damian Dinning, Senior Manager at Solutions Planning Nokia, yang memiliki peran besar dalam pengembangan kamera dan video dari produk sebelumnya seperti Nokia N95, Nokia N73, Nokia N82, dan Nokia N86 8MP.

Hasil wawancara antara GSMArena dengan Damian Dinning dapat dilihat pada link berikut:
Nokia N8 in focus: An interview with Damian Dinning.

Berikut petikan kesimpulan dari wawancara di atas:

  • Ukuran sensor kamera Nokia N8 adalah 1/1.83″, nilai ini lebih besar (dan lebih baik) daripada kebanyakan kamera digital biasa.
  • Kekuatan flash kira-kira sebanding dengan yang ada pada Nokia N82.
  • Menambahkan penutup lensa pada Nokia N8 akan membuat bagian kamera lebih tebal. Sebagai penggantinya maka ditambahkan suatu penutup dari bahan kaca anti gores. Sebuah ND filter dipakai sebagai pengganti sistem bukaan variabel. ND filter adalah filter tembus pandang yang dapat mengurangi intensitas cahaya tanpa menyebabkan perubahan warna. Dengan demikian adanya filter ND di depan lensa memungkinkan kamera untuk mengambil gambar dalam pencahayaan terang tanpa mengurangi aperture.
  • Encoding jenis H.264 digunakan untuk merekam video dan AAC untuk audio yang  stereo. Video untuk saat ini dikodekan pada sekitar 9 mbits/detik (mungkin berubah), stereo audio dikodekan pada 128 kbits /detik dengan sampel 48 kHz.
  • Video tidak memiliki autofocus berkesinambungan dan menggunakan sistem Active Hyper Focal Distance untuk memastikan fokusnya. Dengan cara ini kemampuan makro kamera video akan hilang tetapi membuktikan kehandalan fokus selama perekaman video.
  • Nokia N8 tidak akan mendukung mode perekaman video khusus seperti video kecepatan tinggi 120 fps video atau perekaman time-lapse.
  • Koneksi HDMI memungkinkan baik video maupun foto masih dapat dilihat sampai dengan resolusi 1280 x 720 dan mendukung 5,1 Dolby Surround sound (jika sumber multimedia menyedian hal ini).

Berminat? Tunggu saja sampai kuartal ketiga tahun ini (sekitar bulan September 2010). Perkiraan harga N8 sebelum pajak adalah 370 Euro (500 dollar Amerika).  Cuma 4,5 juta rupiah? Jangan keburu senang dulu. Pada saat masuk ke Indonesia nanti harga resmi bakal lebih mahal daripada harga di atas karena masih ada bea masuk dan pajak. Jadi tarohlah nantinya kira-kira harga yang akan dipatok adalah sekitar Rp 6 juta atau lebih.

Update 31 Mei 2010.

Dari gsmarena diperoleh informasi menarik lainnya, yaitu bahwa N8 mempunyai fitur USB On-The-Go. Fitur ini memungkinkan sebuah USB flash drive dibaca secara langsung oleh N8, atau bahkan perangkat lain yang memiliki koneksi USB bisa dibaca oleh N8.

Lihat video-nya di bawah ini untuk penjelasan tentang fitur USB-On-The Go dan contoh koneksi N8 dengan sebuah USB flash drive dan juga Nokia C5.

About these ads
Comments
  1. baru tahu saya,,,berarti jauh lebih bagus X6 kali ya???

  2. izin kopiaz ya maz. . .makasih

  3. JJ says:

    @free software? Kok bisa bagusan X6? Jelas jauh lebih bagus N8 dong daripada X6.
    @tips and trick: Oke bro… silakan.

  4. Jhon says:

    yah…sekitar 6jt-an lebih ya? mlah ada yg bilang 8-10jt an. mahal bnget bro. kga kesampaian. jd bli vivaz yg U5i aja dulu ah. btw kan n8 n vivaz sma2 HD tu recording.a , bgusan yg mna yah?

  5. Lu Kwan Ying says:

    Ew masa X6 lbih bagus dari N8.
    Liat segi camera aja dah jauh 5MP VS 12.1MP(Award Camera HP Terbaik Pula).
    Klo X6 sama I-Phone 3GS aku milih X6,jd aku g terlalu nghina X6 kok.
    Hahaha.

  6. JJ says:

    @Lu Kwan Ying: kok bandingin iPhone sama X6? Gak padan lah… Tapi emang iPhone itu susah nyari bandingannya yang pas, kecuali sama hape Cina, hahaha…
    iPhone mah mahal di harga doang… :p

  7. Lu Kwan Ying says:

    Gmn pendapatnya tentang I-Phone 4G yg bakal meluncur?
    Yg harga dijamin 10juta++ di Indonesia dengan kamera “Cuma” 5MP.
    SE aja 2juta dah ada kamera 5MP.

  8. JJ says:

    @Lu Kwan Ying: iPhone 4? No comment. Gak pernah tertarik sama iPhone. Always over price. Rugi beli iPhone mahal2…

  9. pianoputih says:

    nokia N8 akan menjadi smartphone terbaik nokia saat ini..dan ukuran kameranya yg terbaik saat ini..saya tunggu kedatangannya,,daripada bli iphone 4 yang jauh lebih mahal tapi kamera masih 5MP,,

  10. pianoputih says:

    nokia N8 akan menjadi smartphone terbaik nokia saat ini..dan ukuran kameranya yg terbaik saat ini..saya tunggu kedatangannya,,daripada bli iphone 4 yang jauh lebih mahal tapi kamera masih 5MP,yang cuma menangnya di aplikasi dan tampilannya..

  11. JJ says:

    Setuju bro…. daripada iPhone 4 yang penuh masalah mending nunggu N8 deh

  12. paijo says:

    aku pilih T610

  13. slamet says:

    kalau beli di luar negeri bisa dipakai disini gak ya n8 nya? misal disingapore kan harganya lebih murah tolong kalau ada yang tau e mail ke aku ya di stassen_senoko@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s