Selamat Tinggal Symbian…!!! (Symbian Akan Mati Secara Perlahan-lahan dan MeeGo Akan Layu Sebelum Berkembang)

Posted: 12 February 2011 in Candybar, Design/Type, Form Factor, Manufacturer, Nokia, Operating System, QWERTY, Slider, Smartphone, Symbian, Symbian Foundation, Symbian S60, Touchscreen, Windows Phone
Tags: , , , , ,

Dengan terjalinnya secara remi kerja sama antara Nokia dengan Microsoft maka sejak saat ini Nokia dan Microsoft telah sepakat akan menjadikan Windows Phone 7 sebagai sistem operasi utama pada produk-produk smartphone Nokia. Lalu apa yang akan terjadi dengan sistem operasi Symbian dan MeeGo? Kemungkinan besar adalah seperti ini : Symbian akan mati secara perlahan-lahan dan MeeGo akan layu sebelum berkembang.


Ungkapan di atas didasarkan pada presentasi yang dilakukan oleh CEO Nokia Stephen Elop and CFO Nokia Timo Ihamuotila, pada acara Nokia’s Capital Markets Day hari ini. Dalam presentasi tersebut memang tidak ada penjelasan spesifik mengenai kapan waktunya Symbian akan diambil alih secara penuh oleh Windows Phone 7, tetapi pengambilalihan tersebut secara jelas tergambar pada grafik yang disajikan oleh kedua orang petinggi Nokia tersebut.

Dan jika kita merujuk pada 2 berita berikut dari Engadget: Nokia: Symbian and MeeGo not dead yet, still shipping this year dan Nokia tells investors that 2011 and 2012 will be ‘transition years’ maka tahun 2012 adalah saat yang paling memungkinkan bagi Nokia untuk secara penuh menarik Symbian dan menggantikannya dengan Windows Phone 7.

Mari kita simak grafik-grafik yang sudah disebutkan di atas tadi.

Dan berikut ini adalah grafik yang menunjukkan bagaimana bentuk kerja sama antara Nokia dengan Microsoft.

Sumber:
Nokia: Symbian and MeeGo not dead yet, still shipping this year
Nokia tells investors that 2011 and 2012 will be ‘transition years’
RIP: Symbian
Symbian is dead. Long live Nokia Windows Phone

About these ads
Comments
  1. […] Masa depan sistem operasi Symbian sudah ditentukan dengan jelas: akan berakhir. Hal ini terlihat dari 2 grafik yang dipresentasikan kemarin oleh CEO Nokia Stephen Elop dan CFO Nokia Timo Ihamuotila, pada acara Nokia’s Capital Markets Day. Lebih lengkapnya silakan baca di sini: Selamat Tinggal Symbian…!!! […]

  2. Lu Kwan Ying says:

    Sukurin tuh Nokia…
    Makannya jgn bangga punya Symbian,sekarang mate juga kan…
    Kek SE dong pinteran dikit.
    Go SE GO!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s