Dari Mobile World Congress 2011: Beberapa Smartphone dan Tablet Terbaru dari Sony Ericsson, HTC, Samsung, dan LG. Tak Satupun Produk Baru dari Nokia.

Posted: 16 February 2011 in Android, Candybar, Chinese Phone, Design/Type, Form Factor, Fun & Game, HTC, LG, Manufacturer, News, Nokia, Operating System, Other Mobile Phones, QWERTY, Samsung, Slider, Smartphone, Sony Ericsson, Symbian, Symbian Foundation, Symbian S60, Touchscreen, Windows Phone, XPERIA
Tags: , , , , , , , , , , ,

Acara Mobile World Congress (MWC) 2011 saat ini masih berlangsung di Barcelona, Spanyol. Acara yang dimulai sejak tanggal 14 Februari 2011 ini akan berakhir besok, 17 Februari 2011. Sudah menjadi semacam tradisi sejak beberapa tahun lalu, acara ini selalu dipergunakan oleh para vendor ponsel/smartphone untuk mengumumkan jajaran produk terbaru dan terbaik mereka. Tak terkecuali tahun ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Sony Ericsson selalu melakukan pengumuman produk baru sehari menjelang dilaksanakannya acara MWC. Kali ini ada 3 buah produk baru dari seri Xperia™ yang diumumkan pada tanggal 13 Februari. Ketiga produk tersebut adalah Xperia™ Play, Xperia™ Neo, dan Xperia™ Pro. Jika digabung dengan Xperia™ Arc yang telah diumumkan sebulan sebelumnya, maka total ada 4 buah seri Xperia™ baru yang dipamerkan oleh Sony Ericsson di acara ini.

Samsung membuat gebrakan dengan menampilkan penerus produk sukses Galaxy S (i9000) yang diberi nama Galaxy S II (i9100), ditambah dengan sebuah tablet berukuran 10.1 inci yang diberi nama Galaxy Tab 10.1.

Tak ketinggalan pula LG turut menampilan 2 buah smartphone android terbarunya, yaitu Optimus 3D dan Optimus Black, serta Optimus Tab, sebuah tablet berukuran 8.9 inci.

HTC memperkenalkan sekaligus 6 buah perangkat genggam, terdiri dari 2 buah Facebook Phone, 3 buah smartphone penerus dari seri sebelumnya, dan 1 buah tablet berukuran 7 inci. Tiga buah smartphone yang diumumkan pada acara ini merupakan penerus dari seri yang sebelumnya sudah ada, tentunya dengan upgrade pada beberapa hal baik hardware maupun software. Mereka adalah Desire S (penerus seri sukses Desire), Incredible S (versi global dari Incredible yang sebelumnya hanya ada di Eropa), dan Wildfire S (penerus seri low-end Wildfire). Selain itu, HTC juga memperkenalkan 2 buah smartphone berbasis android yang memiliki tombol khusus untuk langsung akses ke Facebook disertai dengan fitur khusus Facebook yang lebih lengkap daripada smartphone lainnya. Kedua Facebook Phone yang ditujukan untuk kelas menengah ke bawah ini diberi nama Salsa dan Chacha. Di acara ini pula HTC untuk pertama kalinya menyatakan siap bersaing di arena produk tablet dengan diperkenalkannya HTC Flyer, sebuah tablet berukuran 7 inci yang dibekali dengan processor Snapdragon 1.2 GHz serta dibekali dengan Sense UI yang dikembangkan khusus untuk tablet.

Bagaimana dengan Nokia? Seperti tahun lalu, tidak ada pengumuman produk baru dari Nokia. Yang dapat disaksikan oleh pengunjung yang mengunjungi booth Nokia adalah penjelasan lebih lanjut mengenai kerja sama yang baru saja dicanangkan oleh Nokia dengan Microsoft untuk menjadikan Windows Phone 7 sebagai platform sistem operasi utama untuk produk smartphone Nokia.

Masih ada beberapa produk dari merek-merek lain semisal Huawei, ZTE, Acer, dan lain-lain yang tidak sempat saya tampilkan di sini.

Beberapa dari produk-produk baru di atas akan saya bahas satu per satu dengan lebih terperinci dalam beberapa tulisan mendatang.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s