Perang megapixel pada kamera handphone di antara vendor-vendor besar yang sempat terjadi dalam beberapa tahun belakangan ini sepertinya telah berakhir di angka 12. Dimulai oleh Sony Ericsson dengan konsep Idou yang akhirnya secara resmi memiliki nama Satio (U1i), diikuti pula oleh Samsung dan LG, dan berakhir pada Nokia dengan seri N8. Nokia N8 − meskipun datang paling akhir − boleh dikatakan sebagai yang terbaik dari spesifikasi kamera dengan focal length yang paling besar di antara semua handphone berkamera 12 megapixel tersebut. Keunggulan spesifikasi inipun ternyata dibarengi dengan kualitas yang sangat bagus.

Sebenarnya ada juga produsen yang merilis handphone dengan kamera di atas 12 megapixel, yaitu Altex Leo (14 megapixel, 3x optical zoom, Android) dan Panasonic Lumix Phone (13.2 megapixel), namun keduanya hanya beredar secara terbatas. Altek Leo hanya diedarkan di beberapa negara Eropa, sedangkan Lumix Phone hanya ada di Jepang melalui operator NTT Docomo.

Selama ini, HTC yang terkenal sebagai produsen smartphone tidak pernah melibatkan diri dalam perang megapixel tersebut. Apalagi setelah sistem operasi Android yang sedang booming, para produsen lainpun sepertinya tidak lagi terlalu mementingkan besaran megapixel kameranya dalam memproduksi handphone yang sekarang mulai didominasi oleh smartphone. Angka 8 megapixel adalah ukuran terbesar kamera handphone yang dapat ditemui dari hampir seluruh vendor setelah era Nokia N8.

Namun beberapa waktu lalu beredar sebuah video komersial dari HTC yang memberikan teaser mengenai akan adanya sebuah smartphone berbasis sistem operasi Windows Phone dengan kamera 16 megapixel!

Dan beberapa hari lalu, sebuah situs bernama This Is My Next memberikan informasi lebih lanjut bahwa smartphone yang dimaksud dalam video di atas diketahui memiliki codename HTC Bresson. Bresson sendiri dipercayai diambil dari nama seoang fotografer terkenal dari Perancis, Henri Cartier-Bresson. Dengan mengambil nama fotografer terkenal, diharapkan HTC akan secara serius menggarap Bresson sebagai sebuah smartphone yang memiliki fokus pada kualitas fotografi, bukan hanya sekedar jumlah megapixel terbesar.

Belum ada bocoran informasi lebih lanjut mengenai HTC Bresson selain bahwa smartphone ini akan dirilis melalui operator T-Mobile di Amerika Serikat setelah bulan September 2011, dan kemungkinan akan menggunakan sistem operasi Windows Phone versi terbaru (versi 7.5), serta desainnya hampir mirip dengan Desire S.

Sumber:
PocketNow: HTC Preparing 16-Megapixel Windows Phone 7? (Video)
This Is My Next
PocketNow: HTC Bresson Is a 16-Megapixel Windows Phone 7 for T-Mobile

Update

Meskipun bocoran video tentang HTC Bresson ini sudah beredar sejak bulan lalu, namun nampaknya HTC harus merelakan julukan smartphone pertama berkamera 16 megapixel kepada merek lain, yaitu Sharp yang baru saja memperkenalkan Aquos Phone The Hybrid 007SH, smartphone dengan sistem operasi Android berdesain clamshell dan layar 3D untuk operator Softbank di Jepang.

Jauh sebelum Sharp memperkenalkan Aquos Phone The Hybrid 007SH, sebenarnya Sony Ericsson telah menjadi vendor pertama yang merilis handphone berkamera 16 megapixel, yaitu S006 untuk operator au KDDI di Jepang. Namun, Sony Ericsson S006 bukanlah smartphone, tetapi dapat digolongkan sebagai feature-phone, yaitu handphone yang menggunakan sistem operasi native/proprietary dari Sony Ericsson.

About these ads
Comments
  1. lukwanying says:

    Waw keren…
    Btw,bukanya SE juga dulu pernah ada y HP 16.4 MP Cyber-Shot yg cuma rilis di jepang tuh?
    Whatever tetep aja SE is the First(Meski SE 16.4MPnya hp biasa bukan smartphone).

  2. jjlifeblog says:

    Bukan dulu pernah ada bro, tapi memang ada produk SE dengan 16 megapixel yang khusus Jepang, yaitu S006 (au KDDI), tapi S006 itu bukan “smartphone”, dia make OS native SE.

  3. lukwanying says:

    Wah,sayang ni HTC kebalap ma Sharp.
    HTC tuh asal mana ya Bro?

  4. jjlifeblog says:

    HTC = High Tech Corporation, perusahaan yang berbasis di Taiwan.
    Dulu HTC adalah ODM (pembuat produk tapi yang jual perusahaan lain dengan merk lain) buat PDA/smartphone berbasis Windows Mobile. Contoh merek yang menggunakan produk buatan HTC adalah O2, imate, XDA, MWg, MDA, Qtek, dan Dopod. Pasti kenal kan sama merek Dopod? Tapi akhirnya semua perusahaan itu diakuisisi oleh HTC dan sekarang hanya ada 1 merek yaitu “HTC” saja.

  5. lukwanying says:

    Woloh,pantes papa gwa ngotot mw beli Desire HDnya HTC sebelum beli Satio.
    Ternyata cinta produk negara.

  6. jjlifeblog says:

    @LKY: emang papamu orang Taiwan ya? Wah sayang juga ya gak jadi beli Desire HD, padahal bagus banget lho… Udah jual aja Sationya, ganti sama Desire HD atau Desire S.
    Hehehe…

  7. lukwanying says:

    Masalahnya,di Surabaya servicenya susah…
    Makannya mamaku ngga setuju klo papaku beli tuh HTC,soalnya gimanapun klo rusak yg repot mamaku,papaku g lancar BIndonya.
    Jd klo service yg tanya” mama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s