Tanggal 3 Maret 2009 lalu, KOMPAS memuat berita mengenai ponsel S302 Snapshot dan W302 Walkman dari Sony Ericsson yang dilengkapi dengan Bahasa Sunda (Basa Sunda) dan Bahasa Jawa (Boso Jowo). Disebutkan bahwa kedua ponsel tersebut merupakan ponsel pertama dari Sony Ericsson — bahkan dari seluruh merk ponsel yang ada — yang mendukung kedua bahasa daerah tersebut.

Memang, jika kita bicara dari sudut pandang secara default atau factory setting, S302 dan W302 merupakan ponsel pertama yang memiliki kedua bahasa tersebut secara langsung pada saat kita membelinya di toko-toko atau gerai Sony Ericsson.

Tetapi, sebenarnya menjelang akhir tahun 2008 lalu, tepatnya bulan Desember tahun 2008, kedua bahasa ini sudah bisa didapatkan dengan cara melakukan update firmware — baik secara online melalui SEUS (Sony Ericsson Update Service), maupun datang langsung ke lokasi SESC (Sony Ericsson Service Center) terdekat. Ponsel pertama yang update firmware-nya memiliki kedua bahasa ini adalah T303.

Menurut pendapat saya, merupakan suatu terobosan besar dan menarik telah dilakukan dengan baik oleh Sony Ericsson Indonesia dengan menambahkan kedua bahasa daerah dengan jumlah penduduk pengguna yang merupakan dua besar di Indonesia. Pangsa pasar yang disasar dengan kedua bahasa baru ini memang kelas menengah ke bawah — terlihat dari type ponsel yang mendukung — dengan asumsi bahwa di kelas tersebut kemungkinan besar terdapat pengguna atau calon pengguna ponsel yang tidak sepenuhnya memahami bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris dengan baik.

Salut untuk Sony Ericsson Indonesia.

Berikut adalah petikan berita dari KOMPAS:

Ponsel Berbahasa Sunda dan Jawa dari Sony Ericsson

Dua jenis ponsel Sony Ericsson pertama yang menggunakan fitur Bahasa Jawa dan Sunda.

Selasa, 3 Maret 2009 | 13:42 WIB

JAKARTA, SELASA — Tak tanggung-tanggung, Sony Ericsson langsung mengisi dua seri ponselnya dengan fitur Bahasa Jawa dan Sunda untuk memanjakan penggunanya. Dua seri ponsel tersebut adalah seri W302 dan S302 yang sudah diluncurkan sejak akhir tahun 2008 lalu, tetapi kini di-upgrade dengan fitur bahasa ini.

Menurut Djunadi Satrio, Head of Marketing Sony Ericsson Indonesia, tim Sony Ericsson memerlukan waktu satu tahun untuk mempersiapkan fitur bahasa Jawa dan Sunda sebelum akhirnya diluncurkan melalui kedua ponsel ini. Tak semua istilah diterjemahkan ke dalam bahasa daerah ini, selain tak ada padanannya, beberapa istilah yang sudah familiar, seperti bluetooth dan download dipertahankan dengan bahasa aslinya.

Untuk mempersiapkan bahasa yang benar dalam ponsel ini, seperti dikutip Warta Kota, Sony Ericsson menggandeng ahli bahasa dari UGM dan UI. Pihak Sony Ericsson mengklaim sebagai produsen ponsel pertama yang memperlengkapi ponsel-ponselnya dengan bahasa Sunda dan Jawa. Untuk ke depannya, setelah kuartal kedua 2009 ponsel-ponsel keluaran Sony Ericsson akan dilengkapi pula dengan kedua bahasa ini.

Ponsel W302 Walkman® memiliki spesifikasi Kamera 2 MP, Radio FM, TrackID™, dan Memory Stick Micro (M2) 512 MB dibanderol dengan harga Rp 1.500.000. Sementara untuk ponsel S302 Snapshot mengunggulkan Kamera 2 MP yang dilengkapi dengan memori internal 20 MB dan dukungan memori eksternal Memory Stick Micro™ (M2™), Photo Light dan Photo Fix dipasarkan dengan harga Rp 1.400.000.

Contoh tampilan Bahasa Sunda dan Jawa pada ponsel Sony Ericsson T303:

Comments
  1. no-name says:

    kayaknya nanti W395 juga akan pakai bahasa daerah Bro, sebulan lalu pernah baca dimana –lupa- kalau w395 ini sudah ada ditangan P’Djunadi Satrio–cuman belum dipasarkan.

  2. emad lain says:

    hebaaaat euy…!!!! bangsa dengeun sakitu merhatikeun kana basa sunda (heu-euh pan si sony ericcson teh lain urang sunda, lin.. ?)kiwari mah tinggal urang sunda na, sok atuh geura singkil urang mumule basa jeung budaya sunda, nu urang … alin kitu luur?

  3. mashardi says:

    kan kita bisa membuat bahasa tuk hape sony ericsson kita, liat aja di blog saya.

  4. […] Bahasa Sunda dan Jawa mulai tersedia dalam produk telepon seluler baru Sony Ericsson yang diedarkan … […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s