3 Ponsel Baru Sony Ericsson dari seri Entertainment Unlimited: Satio, Aino, dan Yari

Posted: 1 June 2009 in Cyber-shot, Entertainment, Movies, Music, News, Sony, Sony Ericsson, Video, Walkman
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Pada sebuah event di London yang berlangsung tanggal 28 Mei 2009 jam 18.30 waktu setempat (29 Mei 2009 jam 00.30 WIB), Sony Ericsson memperkenalkan 3 buah ponsel terbarunya yang masuk dalam jajaran seri baru: Entertainment Unlimited, yaitu Sony Ericsson Satio, Sony Ericsson Aino, dan Sony Ericsson Yari.

Sony Ericsson Satio sebenarnya bukan merupakan ponsel yang benar-benar baru karena sudah pernah diperkenalan sebelumnya pada bukan Februari yang lalu dengan nama konsep Idou. Idou yang memiliki code name Kokoro atau Kokura ini akhirnya mendapatkan nama resmi sebagai Satio. Aino (eode nama: Sara) adalah sebuah ponsel berkamera 8 megapixel yang memiliki layar lebar (3″) dan keypad dalam bentuk slider. Yari (code name: Frida) adalah sebuah ponsel untuk fun yang mengedepankan fitur Gesture Gaming, sebuah teknologi yang sebelumnya hanya ada pada beberapa ponsel untuk operator NTT DoCoMo di Jepang.

Pada seri baru ini ada 4 hal yang layak dicatat:

  1. Pemakai tidak dibatasi lagi dengan fitur-fitur khusus pada musik, pencitraan, dan internet seperti yang selama ini banyak dialami pada ponsel Sony Ericsson. Misalnya seri Walkman yang mengedapkan fitur musik seringkali dibekali dengan kamera yang seadanya (tanpa autofocus, tanpa lampu flash, dll.), seri Cyber-shot yang fitur musiknya tidak sehebat seri Walkman, atau seri internet yang fitur masuk maupun kameranya kalah jauh dibanding 2 seri lainnya. Pada seri Unlimited Entertainment, Sony Ericsson membekali ponselnya dengan sejumlah fitur yang dapat dikatakan sebagai all-in-one karena baik fitur musik, pencitraan (kamera), internet maupun lain-lainnya merupakan yang terbaik.
  2. Layar yang lebar dan memiliki kemampuan layar sentuh (touchscreen). Perlu dicatat bahwa hanya Satio (sebelumnya diperkenalkan dengan nama konsep Idou) yang memiliki kemampuan full-touchscreen, sedangkan pada Aino dan Yari layar sentuh hanya berfungsi pada menu Media dan Camera-nya saja.
  3. Sistem operasi dan platform baru. Sony Ericsson Satio akan menggunakan OS Symbian S60 edisi ke-5, sama seperti yang ada pada Nokia 5800, hal ini berbeda dengan press release sebelumnya yang menyatakan bahwa Idou (Satio) akan menggunakan OS Symbian Foundation. Perubahan ini kemungkinan besar disebabkan oleh belum siapnya Symbian Foundation untuk mendukung Satio yang akan diluncurkan pada sekitar bulan Oktober atau November tahun ini. Dua ponsel lainnya, Aino dan Yari, akan menggunakan OSE (OS proprietary dari Sony Ericsson) yang menggunakan Java Platform terbaru, yaitu JP-8.5, dengan user interface yang merupakan pengembangan dari A200, yang di beberapa forum disebut-sebut sebagai A300.
  4. Tidak ada lagi penamaan menggunakan perpaduan huruf dan angka seperti pada seri lainnya semisal W910, C901, G705. Sony Ericsson memberi identifikasi berupa nama yang kemungkinan besar diambil dari nama-nama Jepang.

Berikut halaman masing-masing ponsel pada situs resmi Sony Ericsson yang berbahasa Indonesia:


Sony Ericsson Satio


Sony Ericsson Aino


Sony Ericsson Yari

Informasi lengkap mengenai ketiga ponsel di atas akan di-posting menyusul.

Comments
  1. […] 3 Ponsel Baru Sony Ericsson dari seri Entertainment Unlimited: Satio, Aino, dan Yari […]

  2. Pretty cool stuff you got here

  3. cage6 says:

    Good news,thank’s

  4. […] Sony Ericsson Satio Sony Ericsson Aino Sony Ericsson Yari Sony Ericsson Press Release untuk Satio, Aino, dan Yari […]

  5. crystal says:

    Ow, I have waited it so long…
    But, they still haven’t been launched here.

  6. icha says:

    hebbat bli akh

  7. JJ says:

    @icha: ayo buruan beli, hehehe….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s