Penghematan a la Sony Ericsson dengan Mengatasnamakan Lingkungan

Posted: 28 June 2009 in General, Sony Ericsson
Tags: , ,

Kembali ke masa lalu sejenak. Masa beberapa tahun yang lalu, masa di mana jaman keemasan sebuah perusahaan yang masih “bayi” akan segera dimulai. Pada tahu kan dengan handphone musik yang pertama kali menyandang nama besar Walkman? Yup, W800. Dan pada tahu juga kan bagaimana bentuk kemasannya? Unik, menarik, mewah. Ya, mewah, tentu saja, sesuai dengan segmentasinya pada saat itu yang menyasar kelas atas, dengan harga yang lumayan mahal tentunya. Seingatku hanya W800 dan W900 yang diberi kemasan khusus seperti itu. W810 sebagai pengganti W810 hanya diberi kemasan kotak biasa, tapi cukup menarik dan masih memberikan kesan sesuai dengan segmennya.

Beberapa bulan kemudian kebijakan pengemasan handphone Sony Ericsson berubah. Tidak ada lagi kemasan khusus seperti W800 dan W900, tetapi kemasan kotak yang secara umum punya ciri-ciri berikut:

  1. Seri kepala 7 ke atas dan smartphone: kotak ukuran besar, warna kotak disesuaikan dengan warna handphone (jika satu type memiliki banyak warna maka tiap warna akan memiliki kotak yang berbeda), terdapat CD PC Suite, charger CST-60 (seri 7 dan smartphone) atau CST-75 (seri 8 dan 9), buku manual, kabel data.
  2. Seri 5 dan 6: kotak ukuran sedang, warna kotak sama, pada bagian untuk meletakkan handphone dibuat transparan sehingga warna handphone akan terlihat dari luar, terdapat CD PC Suite, charger CST-60, buku manual. Kabel data biasanya hanya untuk type tertentu (misalnya seri Walkman).
  3. Seri 3 ke bawah: kotak ukuran kecil, ada buku manual dalam ukuran kecil, tanpa CD PC Suite, tanpa kabel data.

Khusus untuk jenis yang pertama kotaknya biasanya terbuat dari bahan kertas tebal yang bagus dengan warna-warna yang menarik sehingga menimbulkan kesan handphone dengan harga mahal sesuai dengan kemasannya.

Ada beberapa pengecualian, seperti T650 yang meskipun indexnya masuk ke kategori jenis kedua, tetapi karena termasuk ke dalam kelompok handphone fashion maka kemasannya pun dibuat berbeda: seperti jenis pertama, bahkan diberi aksesoris tambahan berupa special pouch dan deskstand.

Entah kenapa akhir-akhir ini, terutama sejak masa keemasannya mulai dan terus meredup, Sony Ericsson seakan melakukan penghematan besar-besaran termasuk dalam hal kemasan. Contoh nyata bisa dilihat pada kemasan T700. Orang awam pun akan tahu bahwa ini seharusnya adalah handphone fashion penerus T650. Mengenai fitur, mungkin semua sudah maklum bahwa meskipun T700 dibekali dengan kemampuan beroperasi pada jaringan HSDPA tapi pada hal lain lebih rendah daripada T650: kamera dan tidak adanya front camera untuk video call. Demikian juga kemasannya: T700 hanya diberi kotak berukuran sedang (cenderung kecil), tanpa aksesoris khusus. Masih untung bagian atasnya dibuat transparan, dan bersyukurlah karena masih ada buku manual yang berbentuk “buku”, kabel data, CD PC Suite, dan charger CST-75.

Jauh sebelum T700, sebenarnya trend penghematan sudah dimulai sejak W910. Bandingkan saja ukuran kotak W910 dengan K850: apakah gak janggal kalau W910 yang index-nya lebih tinggi tapi kemasannya dibuat kecil sekelas seri menengah?

Di awal bulan Juni, Sony Ericsson mengumumkan portfolio baru: seri GreenHeart, yang menurut press release-nya adalah seri yang ramah lingkungan. Tapi ramah lingkungan yang dimaksud hanyalah berupa pemakaian bahan daur ulang pada setengah bagian casing handphone dan juga pada kemasan. Kotak akan terbuat dari bahan daur ulang juga dan dibuat dalam ukuran sekecil mungkin. Selain itu CD tidak akan disertakan, pemakai harus mengunduh sendiri software yang diperlukan dari situs Sony Ericsson. . Buku manual tidak akan berupa kertas, tetapi diganti dengan file elektronik yang akan disertakan di dalam handphone.

Bagaimana dengan sisi teknologi? Jangan bayangkan akan ada seri GreenHeart yang membawa teknologi baru semacam pemakaian energi cahaya matahari sebagai sumber daya handphone seperti yang sudah dilakukan oleh Samsung, misalnya. GreenHeart yang ramah lingkungan versi Sony Ericsson hanyalah kamuflase untuk melakukan penghematan. Mengapa bisa demikian?

Atas nama GreenHeart, maka sejak diumumkannya portfolio GreenHeart, Sony Ericsson juga menerapkan kebijakan ini bukan hanya pada seri GreenHeart tapi pada semua produknya dan tidak pandang bulu: semua seri dari low-end sampai high-end. Mulai sekarang, setiap membeli produk baru kita akan diberi kemasan dalam kondisi berikut:

  • Kotak dibuat dalam ukuran yang sekecil mungkin.
  • Kotak dibuat dari material daur ulang. Jangan heran kalau terkesan murahan.
  • Tidak ada lagi perbedaan warna kotak untuk warna handphone yang berbeda, semua diberi kotak dengan warna sama yang membosankan.
  • Tidak ada CD PC Suite atau CD Software.
  • Tidak ada buku manual. Pada awalnya buku manual masih diberikan meskipun ukurannya dibuat sangat kecil dan tidak lagi berupa “buku” tetapi mirip kertas suara yang dilipat-lipat, lama kelamaan hanya akan ada quick guide dan manual dihilangkan, diganti dengan file elektronik di dalam handphone.
  • Kabel data dihilangkan dari paket. Yang memerlukan silakan beli secara terpisah.
  • Charger akan diberikan yang paling murah yang ada saat ini, yaitu CST-60. Yang memerlukan CST-75 silakan beli secara terpisah.

Mau bukti? Silakan cek kemasan dari beberapa type berikut: C901 dan W995. Seharusnya kedua type ini masuk ke dalam kelas high-end dengan kemasan yang bagus dan lengkap. Tapi apa yang didapat?

Masih kurang? Silakan cek kemasan C902 keluaran terbaru. Jangan harap berbentuk seperti kemasan C902 sebelumnya yang mewah dan dengan warna yang berbeda: kemasan C902 yang baru sangat mirip dengan kemasan C901.

Apakah perubahan bentuk kemasan ini akan membawa perubahan? Aku sangat yakin YA, dan perubahan tersebut bukan positif tapi negatif. Siapa sih yang mau beli W995 yang harganya 5.6 juta tapi dikasih kemasan yang sekelas handphone harga 2 juta ke bawah? Atau C901 yang harganya 3.4 juta tapi kemasan dan kelengkapannya seperti kelas 1 juta ke bawah?

Sony Ericsson… kau semakin dekat menuju ambang kehancuran nampaknya…

Comments
  1. ova says:

    bener bos!!
    paket W508 yg saya beli kampret abiss..
    Jauh eksklusif kotak W880 yang taun lalu saya beli, kueren dan lengkap.. Tp masih ada CD, kabel data, dan ‘kertas lipat’ guide.. Yang ngeselin, headset-nya tuh bukan tipe W yang khas –tapi headset biasa…

  2. #4 says:

    mulai lagi SE gali kuburan sendiri,
    mungkin kotak kemasan boleh (kalo bis jangan terlalu!!) di irit,tp mbok jangan “di irit” jg paketannya,masa W508 hedset nya kaya w200i???untung temen ku bli duluan,jadi tau duluan.skrg pengen jajal w705 ato w595,tp takut paketannya standart,kira2 ada yang tau ga paketanya (Headsetnya earbud ga?) apa aja?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s