Jalou: Smartphone Symbian S60 kedua dari Sony Ericsson

Posted: 8 August 2009 in Sony Ericsson, Symbian
Tags: , , , ,

Beberapa jam terakhir ini beredar rumor tentang sebuah handphone baru dari Sony Ericsson yang diberi nama Jalou. Bermula dari sebuah situs di China yang bernama it68 − situs ini memang sering menampilkan photo-photo dari handphone baru Sony Ericsson − yang menampilkan “photo” dari Jalou disertai “bukti” daftar sertifikat permohonan dari sebuah instansi sertifikasi peralatan telekomunikasi yang ternyata berasal dari Indonesia(!), yaitu Dirjen Pos dan Telekomunikasi Indonesia.

Setelah ditelusuri lebih jauh, ternyata photo Jalou tersebut adalah sebuah konsep yang dibuat oleh tranced di esato. Tetapi daftar permohonan sertifikasi di atas ternyata memang menunjukkan adanya permohonan dari Sony Ericsson Indonesia kepada Dirjen Pos dan Telekomunikasi untuk persetujuan akan diedarkannya sebuah handphone dari Sony Ericsson yang bernama Jalou di Indonesia. Hal ini menunjukkan kalau Jalou memang benar adanya, tetapi bentuk dari Jalou belum tentu seperti photo yang dimuat oleh it68 yang juga dimuat beritanya oleh gsmarena.

Menurut rumor yang beredar, Jalou adalah handphone kedua dari Sony Ericsson − setelah Satio − yang akan menggunakan sistem operasi Symbian S60 edisi ke-5, generasi terbaru Symbian S60 yang sudah mendukung user interface touchscreen.

Rumor lebih lanjut menyebutkan bahwa Jalou akan memiliki layar berukuran 3 inci, kamera 5 megapixel dan juga GPS receiver. Jalou akan bekerja di jaringan quad-band GSM dan tri-band HSPA, Wi-Fi dan Bluetooth.

Gambar konsep yang dimaksud di atas dan dikabarkan sebagai Jalou tersebut adalah:

Berikut adalah potongan dari daftar yang terdapat pada situs Dirjen Pos dan Telekomunikasi Indonesia untuk Aino dan Jalou:

Dan juga ditunjukkan permohonan untuk Satio dan Yari:

Tabel lengkapnya adalah seperti di bawah ini (sumber: Dirjen Pos dan Telekomunikasi):

Comments
  1. tanggal diterima permohonan itu maksudnya apa ya??bingung cara baca tabelnya…

    trus hazel n elm kapan keluarnya ya???

    seian dan terimakasih

  2. JJ says:

    @kememmorrison: Tanggal permohonan itu tanggal perusahaan/distributor memasukkan aplikasi ke Dirjen Postel.
    Oya, ternyata informasi ini salah. Jalou bukan merupakan sebuah smartphone melainkan hanya feature phone biasa, malah lebih ke fashion phone.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s