Review: Nokia N86 8MP – Part 1

Posted: 31 August 2009 in Nokia, Other Mobile Phones
Tags: , , ,

Minggu lalu aku baru saja membeli handphone baru dari merk yang kali ini bukan Sony Ericsson, tapi Nokia, yaitu Nokia N86 8 MP, warna putih atau White. Aku tertarik untuk membeli handphone ini karena beberapa alasan:

  • Ingin mencoba merk lain selain Sony Ericsson
  • N86 8MP memiliki kamera 8MP yang bagus, dibuktikan dengan diperolehnya TIPA Award 2009 sebagai The Best Imaging Phone
  • Warna putihnya bagus
  • Designnya lumayan bagus

Dan sekarang untuk pertama kalinya dalam blog ini aku mencoba untuk memberikan review dari handphone tersebut.

Nokia N86 8MP Review – Part 1

Kelengkapan

Pada paket pembelian Nokia N86 8MP terdapat hal-hal berikut:

  • Nokia N86 8MP
  • Batere BL-5K
  • Travel Charger AC-10E
  • Kabel Data CA-101
  • Handsfree HS-44
  • CD Nokia Ovi Suite
  • Kode Aktifasi untuk 1 Buah N-Gage Game
  • Kartu Garansi Nokia Indonesia
  • Buku Manual (User Guide)
  • Kartu Perdana As (ada juga yang dapat kartu perdana Simpati)

Design

Terus terang secara fisik design N86 ini gak terlalu istimewa, bentuknya gak terlalu jauh beda dengan N-series slider lain yang juga dual slide dan pendahulunya, yaitu N85.

Layarnya yang berukuran 2.6 inci memang cukup lebar, tetapi melihat ukuran keseluruhan bagian atas slide tempat untuk layar ini sebenarnya masih bisa diperlebar karena tombol-tombol yang ada di bawahnya berukuran relatif kecil dan jarak satu sama lain sangat jauh.

N86 yang kubeli warnanya putih alias White, nama ini sesuai dengan yang tertera pada kotaknya. IMHO warna ini lebih bagus daripada variant warna lainnya yaitu Indigo Black.

Ada sedikit perbedaan antara dummy dengan produk aslinya. Yang dummy warna putihnya lebih terang, tetapi produk aslinya putihnya tidak seterang dummy. Gak penting banget kali ya…

Tombol-tombol baik d-pad, 6 buah tombol lain di sekitarnya, dan juga keypad sangat enak dan nyaman digunakan. Keypadnya empuk, enak dipakai untuk mengetik sms ataupun dokumen lainnya.

Built quality-nya patut diacungi jempol. Dual slider menggunakan mekanisme rel dan pegas yang kokoh, tak ada goyang sama sekali. Sangat jauh berbeda dengan produk setara dari Sony Ericsson: C905, yang slidernya sangat mudah goyang, bahkan sejak pertama kali pemakaian. Keypadnya juga tidak rawan retak, bertolak belakang dengan C905 yang rawan tergores, bukan oleh pemakai tapi oleh mekanisme slide-nya sendiri.

Di samping kiri terdapat tombol keylock. Penguncian tombol dapat dilakukan secara otomatis melalui settingan yang dapat diaktifkan atau dimatikan sesuai pilihan, dan juga dapat dilakukan dengan menggunakan tombol ini, kapan saja dan di posisi mana saja: baik slider dalam keadaan tertutup maupun terbuka, dalam posisi standby ataupun pada posisi di menu-menu di dalamnya. Sekali lagi maaf, bukannya bermaksud menjelek-jelekkan tapi memang begitulah keadaannya, kondisi seperti ini tidak terdapat pada Sony Ericsson C905. C905 hanya akan mengunci secara otomatis pada saat slider ditutup dan terbuka secara otomatis pada saat dibuka, tapi hanya berlaku pada mode standby saja, tidak ada pilihan apapun untuk mengunci tombol pada saat bukan di posisi standby.

Di samping kanan terdapat tombol pengatur volume dan camera shutter. Camera shutter dapat difungsikan sebagai tombol untuk mengaktifkan kamera hanya pada saat lens cover terbuka. Jika lens cover tertutup, kamera hanya dapat diaktifkan dengan membuka lens cover tersebut.

Di bagian atas terdapat tombol power, jack 3.5 mm dan port microUSB untuk charger dan kabel data.

Di bagian bawah hanya ada microphone untuk melakukan pembicaraan.

Satu hal yang sangat disayangkan, meskipun sifatnya hot swap, slot memory external microSD terdapat di balik penutup bagian belakang, jadi harus membuka tutupnya dulu untuk memasukkan/mengeluarkan microSD. Untunglah kita tidak harus membuka batere untuk keperluan tersebut karena posisinya ada di samping.

Menu dan Fitur

Tampilan menunya khas Symbian versi 9.3 S60 edisi ketiga, dengan standby screen yang menampilkan shortcut untuk menuju ke 6 buah menu favorit dan today screen untuk calendar, email, dan photo sharing.

Tombol menu terdapat di bagian paling bawah di samping kiri d-pad. Di sini akan kita temui Calendar, Contacts, Music, Web, Messaging, Photos, Ovi Store, Ovi Maps, Search, Tools, Games (N-Gage) dan Apps (Applications).

Calendar dapat di-set dapat tampilan minggu atau bulan, dan dapat digunakan untuk mengatur penjadwalan.

Contacts dapat memuat daftar yang hampir tak terbatas, tergantung ketersediaan memory. Kita dapat melakukan pengelompokkan dengan membuat suatu atau beberapa Groups.

Di dalam menu Music akan kita temui sub-menu FM Radio, Music Store, Internet Radio, Podcasting, Music Player, dan FM Transmitter.

Pada menu Web, browser yang digunakan adalah Nokia Browser versi 7.1.13380.

Menu Messaging digunakan untuk mengirimkan atau menerima semua jenis messaging yaitu SMS, MMS, atau email.

Photos adalah sebuah aplikasi picture viewer berupa album photo yang cukup menarik, bisa digunakan sebagai viewer untuk seluruh file image yang ada di dalam handphone baik yang diambil dengan kamera digital terintegrasi ataupun file-file yang kita copy dari luar. Album disusun dalam bentuk carousel dengan susunan per tanggal input/pembuatan. Album dapat juga dilihat sebagai slide show presentation dengan musik yang dapat kita tentukan sendiri dengan transisi yang dapat disetting secara manual.

Ovi Store adalah akses langsung menuju ke online store dari Nokia untuk membeli berbagai macam aplikasi secara online.

Ovi Maps adalah aplikasi GPS pre-installed dari Nokia yang memanfaatkan built-in GPS receiver yang terdapat dalam handphone ini. Tampilan dan fitur-fitur yang ada pada Ovi Maps cukup menarik dan sangat membantu. Ovi Maps dapat melakukan pencarian dan navigasi untuk menuju suatu lokasi tertentu baik dengan berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan. Disediakan juga voice navigation atau panduan navigasi dengan bantuan suara, yang dapat diset dengan berbagai bahasa dan jenis suara (wanita atau pria).

Menu Search adalah fitur yang berfungsi sebagai mesin pencari baik secara online melalui Google maupun alat pencari file yang tersimpan di dalam memory handphone (internal maupun external).

Menu Tools menyediakan berbagai macam aplikasi untuk melakukan setting atau customisation, yaitu: Connection, Profiles, Phone Setup, Setting Wizard, Settings, Call Mailbox, Voice Command, Speed Dial, Device Manager, Switch, dan 3-D Tones. Connections menyediakan berbagai setting untuk Bluetooth, WLAN, Connection Manager, Syncronisation, USB, dan Net Setting. Profiles dapat dipilih dan diset sesuai kebutuhan. Phone Setup disediakan untuk melakukan setup pada handphone. Setting Wizard adalah alat bantu untuk melakukan setting operator untuk internet maupun email. Pada sub-menu Settings kita dapat melakukan  setting dari handphone untuk berbagai keperluan seperti theme, tanggal dan waktu, sensor, slide handling, call, dan lain-lain. Call Mailbox disediakan untuk melakukan panggilan langsung ke voice mailbox (pertama kali harus diset dulu nomor voice mailnya). Voice Command adalah pengaturan untuk melakukan pengoperasian handphone dengan menggunakan perintah suara. Speed Dial untuk melakukan panggilan cepat pada nomor-nomor tertentu dengan membuat shortcut pada keypad. Device Manager adalah menu untuk melihat informasi dari handphone seperti jenis software yang digunakan, juga untuk memeriksa apakah ada software terbaru atau belum. Menu Switch disediakan untuk melakukan transfer berbagai content antara dua buah handphone Nokia yang kompatible melalui bluetooth. 3-D Tones digunakan untuk memberikan efek 3D pada ringtone.

Jika kita menekan icon N-Gage, maka kita akan masuk ke dalam menu Games yang oleh Nokia disediakan dalam fasiltas berupa N-Gage. Pada saat pembelian, kita akan diberi satu buah kode aktivasi untuk mengaktifkan lisensi satu buah Game secara gratis, bisa kita pilih salah satu dari beberapa Game yang disediakan. Untuk Game lainnya biaya yang dikenakan adalah Rp 80.000 per satu buah game.

Pada menu Applications akan kita temui banyak aplikasi yang sudah pre-installed pada paket pembelian, yaitu: Office (File Manager, Quick Office, Converter, Calculator, Zip, Notes, Adobe PDF, dan Message Reader), Clock, Log (untuk Calls dan Packet Data), Share Online, Email, Camera, Video Centre, Gallery (Images, Video Clips, Songs, Sound Clips, Streaming Links, Presentation), Application Manager, Recorder (voice), Speech, GPS Data (Navigation, Position, Trip Disttnce), Landmarks, Licenses (untuk GPS), My Nokia (sayangnya tidak tersedia untuk Indonesia), Home Media Centre, Real Player, Dictionary (2 jenis aplikasi Dictionary), PTT, SW Update, YouTube, dan Facebook.

Kamera

Karena Nokia N86 8MP ini diposisikan sebagai imaging phone, maka fitur kamera tentulah harus menjadi fitur yang dibahas lebih banyak. Seperti disebutkan di atas, kamera dapat diaktifkan pada posisi standby dengan menggeser lens covernya ke bawah. Pada saat digeser, lens cover ini akan memicu terbukanya mechanical lens cover yang berada di antara lensa dan penutup kaca sehingga modus kamera akan aktif. Shortcut menu-menu kamera tertampil di bagian paling kanan layar (dalam posisi horisontal). Untuk masuk ke shortcut tersebut cukup dengan menggeser d-pad ke atau ke bawah. Shortcut menu dapat ditampilkan sebagian atau semuanya, tergantung pilihan. Berikut menu-menu kamera yang terdapat pada handphone ini.

  • Switch to Video Mode/Switch to Image Mode
  • Switch to Panorama Mode/Switch to Image Mode
  • Scene Modes: Automatic, User Defined, Close-up, Portrait, Ladscape, Sport, Night, Night Portrait
  • Flash mode: Automatic, On, Reduced Red, Off
  • Self times: Off, 2 secs, 10 secs, 20 secs
  • Sequence mode: Single shot, Sequence, Every 10 sec, Every 30 sec, Every minute, Eevery 5 min, Every 10 min, Every 30 min
  • Go to Photos
  • Colour tone: Normal, Sephia, Black & White, Negative
  • Show/Hide Viwfinder Grid
  • White Balance: Automatic, Sunny, Cloudy, Incandescent, Fluorescent
  • Exposure Compensation (dari -2.0 sampai +2.0)
  • Sharpness: Hard, Normal, Soft
  • Contrast (untuk mengatur contrast)
  • Brightness (untuk mengatur brightness)
  • Light Sensitivity (untuk mengatur ISO secara automatic atau dipilih  low, medium, high)
  • Customise Toolbar (untuk mengatur tampilan toolbar)

Selain itu terdapat juga settingan berikut:

  • Image quality: 8M, 5M, 3M, 1.3 M, 0.3 M
  • Show GPS info: On atau Off
  • Add to Album : Yes atau No
  • Show captured image: Yes atau No
  • Default image name: Date atau Text (Text dapat diubah sesuai keinginan)
  • Extended digital zoom: Off, On (paused), On (continuous)
  • Captured tone (ada 4 pilihan)
  • Memory in use (pilih lokasi penyimpanan photo)
  • Rotate image: Yes atau No
  • Restore Camera Setting

To be continued…

Comments
  1. Andre says:

    Hmmm..
    Masih bnyak pertanyaan dari saya..
    Di atas tertera bahwa ada application youtube, apakah qta bs nntn youtube dr hp ini??
    Apakah hp ini bs melakukan chatting karena dr yg pernh saya bc dikatakan disediakan
    application windows live messenger yg dimana pasti sbg chatting kan??
    Bagaimana dgn kualitas memory baik internal maupun eksternal??
    Untuk sementara itu dulu pertanyaan saya, saya menunggu perkembangan selanjutnya
    untuk informasi nokia n86 8mp ini..
    Terima kasih..

  2. […] yang ini. Jika sebelumnya hanya pembahasan secara umum fitur-fitur apa saja yang dimiliki oleh Nokia N86 8 […]

  3. Kenta says:

    wow… mantap juga ya. saya sudah lihat part 2, foto2nya lumayan jernih.
    saya belum lihat review suaranya nih. kualitas suaranya bagaimana? masih penasaran…
    ada yang bilang kalau kualitas suaranya itu ‘cempreng’ alias pecah2. apa benar??

  4. Lu Kwan Ying says:

    Sensi(DENDAM) sama C905 y?
    Gw juga dendam sama W995 soalnya Wifinya 2 bulan dah rusak

  5. JJ says:

    @Lu Kwan Ying: dendam sih nggak bro, cuma trauma aja, hahaha…
    Gak bakalan deh gw seumur hidup beli C905 lagi…

  6. Lu Kwan Ying says:

    Beret-beretnya g difoto?
    Pengen liat,separah apa beretnya.

  7. Lu Kwan Ying says:

    W995 juga agak ngesek klo dibuka,plastik sebelah keypat aja kyk bekas di gosok pake kertas gosok,g rata lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s