iida PLY: Ponsel Slider “Berlapis” dari Toshiba untuk au KDDI Jepang

Posted: 11 September 2009 in Other Mobile Phones
Tags: , , , , ,

Ponsel-ponsel di Jepang memang selalu memberikan sesuatu yang menarik. Selain teknologinya rata-rata lebih canggih daripada kebanyakan ponsel di luar Jepang, desainnya pun seringkali berbeda dan unik. Contohnya adalah ponsel terbaru dari salah satu operator seluler di Jepang − au KDDI − salah satu dari proyek desain iida yang diberi nama PLY. Dalam bahasa Inggris, “ply” berarti “lapisan”. Mungkin pemberian nama ini memang ada kaitannya dengan kata dalam bahasa Inggris tersebut.

Proyek desain iida merupakan proyek yang dibangun oleh au KDDI bekerja sama dengan beberapa desainer dan vendor ponsel di Jepang untuk mewujudkan produk ponsel yang sesuai dengan maksud yang terkandung dalam iida, yaitu “innovation” (inovasi), “imagination” (imajinasi), “design” (desain/rancangan) dan “art” (seni).

Ponsel iida PLY berbentuk slider. Desain slider memang sepertinya biasa saja karena sangat banyak ponsel berdesain ini baik di dalam maupun di luar Jepang. Tapi PLY merupakan ponsel slider yang unik karena memang “berlapis”. Dari samping nampak seperti ada 5 lapisan dengan warna berbeda pada badan ponsel ini. Dari depan akan terlihat bahwa di bagian samping seperti ada pembatas antara lapisan-lapisan tersebut, mirip seperti pembatas pada agenda atau file yang menggunakan divider berwarna. Ternyata pemberian lapisan warna yang berbeda dengan pembatas seperti ini bukan sekedar pemanis karena setiap lapisan warna memberikan fungsi yang berbeda dengan pengaturan yang berbeda pula. Wow!

Spesifikasi yang dimiliki oleh iida PLY di antaranya adalah:

  • Pabrikan: Toshiba
  • Jaringan: CDMA, dapat beroperasi di luar wilayah Jepang
  • Ukuran: 53 x 102 x 14, 5 mm
  • Berat: 127 gram
  • Layar: 3 inci TFT, 262000 warna
  • Kamera: 3,2 megapiksel CMOS dengan autofocus dan face detection
  • Video: dapat merekam dalam resolusi VGA
  • Memory: internal 100 MB dengan slot microSD sampai dengan 8 GB
  • FeliCa contactless payment card
  • TV Digital dengan standar 1-Seg TV
  • Navigation services

Perancang, atau dapat disebut sebagai direktur artistik utama proyek ini adalah Hideo Qambar (Hideo Kambara), yang bekerja pada biro iklan Dentsu Inc. Hideo Kambara juga bertanggung jawab untuk menciptakan proyek desain lain dari KDDI, yaitu Infobar 2. Ia telah menerima berbagai penghargaan untuk karyanya, termasuk untuk konsep ponsel PLY − di Festival D & AD Awards 2009 ia dianugerahi sebagai salah satu dari 50 pemenang “yellow pencil“.

PLY memiliki tiga opsi untuk mewarnai shell − cokelat yang menyerupai foliation kayu, yang kedua − pink (merah muda), yang dirancang untuk membuat gambar kelopak bunga, serta hitam – menekankan pada kedalaman ruang tiga dimensi nuansa warna tersebut.

Photo-photo iida PLY.

Comments
  1. prajakirana says:

    i like it…
    strange but quit unique…
    but i think this is so heavy….
    coz have layers on it…
    the price must expensive and too rich for my blood!!!

  2. JJ says:

    Only for Japan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s