Ini Dia! Para Nominator Festival Film Indonesia (FFI) 2009

Posted: 6 December 2009 in Entertainment, General, Lifestyle, Movies
Tags: , , ,

Mereka Bilang, Saya Monyet!

Hahaha…!!! Bukan… bukan saya kok…

Hanya saja kalimat di atas itu kesannya kok begitu aneh, tapi menarik dan pasti membuat kita penasaran kan?

Kalimat tersebut adalah judul sebuah buku yang merupakan karya pertama dari penulis dan (sekarang) sutradara film wanita bernama Djenar Maesa Ayu. Sejak diterbitkan tahun 2002 yang lalu buku ini cukup menarik perhatian banyak kalangan dan menempatkan si penulis pada jajaran sastrawan Indonesia yang cukup ternama.

Tak heran jika buku tersebut kemudian diangkat ke layar lebar. Tak tanggung-tanggung, si penulis langsung turun tangan menjadi sutradara untuk versi film dari buku tersebut! Film ini dibintangi antara lain oleh Titi Sjuman, Henidar Amroe, Ray Sahetapy, dan Jajang C. Noer. Tiga nama terakhir merupakan para pemain film yang cukup ternama, sedangkan pemeran utama Titi Sjuman mungkin masih terbilang baru di blantika film Indonesia. Maaf kalau salah, hehehe… soalnya namanya masih asing buat saya, yang terus terang jarang nonton film Indonesia lagi akhir-akhir ini semenjak bioskop kita dibanjiri para dedemit semacam kuntilanak, pocong, dan teman-temannya, ataupun para ABG yang maunya melawak dengan sisipan adegan seks yang dari judulnya saja udah kedengaran “serem“. Entahlah mau dibawa ke mana nasib perfilman Indonesia saat ini.

Untunglah masih ada segelintir sineas yang masih mau berkarya tanpa harus disetir oleh para produser ataupun distributor yang mengatasnamakan selera “konsumen” (konsumen yang mana?) dan mampu menghasilkan  karya film yang agak di luar jalur komersil tersebut. Contohnya ya seperti film yang dijadikan kalimat pembuka tulisan ini. Film yang diputar di bioskop sejak tahun 2007 lalu ini, entah kenapa baru didaftarkan pada Festival Film Indonesia tahun 2009, dan berhasil memperoleh nominasi untuk bersaing dengan 4 film lainnya untuk menjadi Film Terbaik FFI 2009.

FFI tahun ini sebenarnya didominasi oleh film berjudul Ruma Maida yang memperoleh 11 nominasi. Namun entah kenapa, saya lebih suka membuka tulisan ini dengan film di atas, murni karena keunikan dan keanehan judulnya saja, bukan karena saya menjagokan film tersebut.

Nominator lain untuk kategori Film Terbaik FFI 2009 adalah Identitas, Jamila Dan Sang Presiden, Perempuan Berkalung Sorban, dan Ruma Maida. Hmmm… buat saya pribadi rasanya aneh jika film semacam Perempuan Berkalung Sorban ada di deretan daftar nominator. Film ini adalah satu-satunya nominator Film Terbaik FFI 2009 yang pernah saya tonton tanpa sengaja di televisi, dan saya merasa film ini biasa-biasa saja, tak ada yang istimewa sama sekali. Mungkin selera saya yang berbeda, sama halnya sewaktu Ada Apa Dengan Cinta menjadi film terbaik FFI beberapa tahun yang lalu, mungkin hanya saya yang menganggap bahwa film tersebut sangatlah tidak layak menjadi film terbaik suatu festival. Entahlah.

Baiklah, kita lanjutkan saja. Daftar nominasi selengkapnya untuk kategori film panjang FFI 2009 adalah:

Nominasi Film Terbaik FFI 2009

  • Identitas
  • Jamila Dan Sang Presiden
  • Mereka Bilang, Saya Monyet!
  • Perempuan Berkalung Sorban
  • Ruma Maida

Nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik FFI 2009

  • Atiqah Hasiholan (Jamila Dan Sang Presiden)
  • Aty Kanser (Emak Ingin Naik Haji)
  • Leony (Identitas)
  • Revalina S. Temat (Perempuan Berkalung Sorban)
  • Titi Sjuman (Mereka Bilang, Saya Monyet!)

Nominasi Pemeran Pendukung Wanita Terbaik FFI 2009

  • Ayu Pratiwi (Emak Ingin Naik Haji)
  • Henidar Amroe (Mereka Bilang, Saya Monyet!)
  • Niniek L. Karim (Ketika Cinta Bertasbih 2)
  • Widyawati (Perempuan Berkalung Sorban)

Nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik FFI 2009

  • Emir Mahiri (Garuda Di Dadaku)
  • Reza Rahadian (Emak Ingin Naik Haji)
  • Tio Pakusadewo (Identitas)
  • Vino G. Bastian (Serigala Terakhir)
  • Yama Carlos (Ruma Maida)

Nominasi Pemeran Pendukung Pria Terbaik FFI 2009

  • Deddy Mizwar (Ketika Cinta Bertasbih 2)
  • Frans Tumbuan (Ruma Maida)
  • Mamiek Prakoso (King)
  • Reza Rahardian (Perempuan Berkalung Sorban)
  • Verdi Sulaiman (Ruma Maida)

Nominasi Sutradara Terbaik FFI 2009

  • Aria Kusumadewa (Identitas)
  • Djenar Maesa Ayu (Mereka Bilang, Saya Monyet!)
  • Hanung Bramantyo (Perempuan Berkalung Sorban)
  • Ratna Sarumpaet (Jamila Dan Sang Presiden)
  • Teddy Soeriaatmadja (Ruma Maida)

Nominasi Penata Musik Terbaik FFI 2009

  • Aksan Sjuman & Titi Sjuman (Garuda Di Dadaku)
  • Aksan Sjuman & Titi Sjuman (King)
  • Bobby Suryadi & Didit (Ruma Maida)
  • Djadug Ferianto (Jagad Kali Code)
  • Thoersi Argeswara (Merah Putih)

Nominasi Penata Suara Terbaik FFI 2009

  • Edo W.F. Sitanggang (Identitas)
  • Irwan Ali Akbar & Edo W.F. Sitanggang (Emak Ingin Naik Haji)
  • Satrio Budiono & Jajang Muslim (Jamila Dan Sang Presiden)
  • Shaft Daultsyah dan Khikmawan Santosa (Ruma Maida)
  • Trisno & Khikmawan Santoso (Serigala Terakhir)

Nominasi Penulis Skenario Cerita Asli Terbaik FFI 2009

  • Aria Kusumadewa (Identitas)
  • Armantono (Jagad Kali Code)
  • Ayu Utami (Ruma Maida)
  • Sally Anom Sari & Sammaria Simanjuntak (Cin[T]a)
  • Salam Aristo (Garuda Di Dadaku)

Nominasi Penulis Skenario Cerita Adaptasi Terbaik FFI 2009

  • Aditya Gumay & Adenin Adlan (Emak Ingin Naik Haji)
  • Djenar Maesa Ayu & Indra Herlambang (Mereka Bilang, Saya Monyet!)
  • Ginatri S. Noer (Perempuan Berkalung Sorban)
  • Joko Anwar (Pintu Terlarang)
  • Ratna Sarumpaet (Jamila Dan Sang Presiden)

Nominasi Penata Sinematografi Terbaik FFI 2009

  • Faozan Rizal (Perempuan Berkalung Sorban)
  • Ical Tanjung (Ruma Maida)
  • Ical Tanjung (Serigala Terakhir)
  • Ipung Rahmat Syaiful (Pintu Terlarang)
  • Yastki (Identitas)

Nominasi Penata Artistik Terbaik FFI 2009

  • Frans X. Paat (Jamila Dan Sang Presiden)
  • Herlin Lanang (Emak Ingin Naik Haji)
  • Indra Tamoron Musu (Ruma Maida)
  • Iqbal Marjono (Serigala Terakhir)
  • Kekev Marlov (Identitas)

Nominasi Penyuntingan Terbaik FFI 2009

  • Arifin Cu’unk & Wawan I. Wibowo (Mereka Bilang, Saya Monyet!)
  • Go-Chang Senior (Identitas)
  • Sastha Sunu (Jamila Dan Sang Presiden)
  • Waluyo Ichwandiardono (Ruma Maida)
  • Wawan I. Wibowo (Pintu Terlarang)

Maaf kalau ada salah tulis nama atau judul film. Informasi ini saya dapatkan dari berbagai sumber karena entah kenapa kebanyakan situs atau blog lain hanya menulis daftar nominasi untuk kategori utama saja padahal kategori-kategori lain sama pentingnya dalam sebuah film.

Siapa yang bakal menang ? Entahlah, tak satupun dari film-film di atas yang pernah saya tonton, kecuali Perempuan Berkalung Sorban yang saua tonton tanpa sengaja dan itupun gak sepenuhnya berminat, hahaha…

Kita tunggu saja hasilnya tanggal 16 Desember nanti. Pengumuman penerima penghargaan Piala Citra untuk FFI 2009 kali ini akan diselenggarakan di kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Sumber utama: Pakde dan beberapa situs/blog lain.

Comments
  1. Imey says:

    Gimana caranya orang bisa lihat, kalo si orang cinema 21 nya maen copot aja dari bioskop….(film2 bermutu dan berisi) kagak dikasi kesempatan buat bertahan….nggak kayak film2 hantu dan pengumbar nepsong lainnya yg kadang nangkring ampe 2 minggu lebih padahal kagak ada yg nonton…konspirasi pihak 21 sama pihak2 yg only God knows who…dan kemungkinan BESAR..bukan dg mereka yg ada di nominasi FFI…….(big grin)

  2. JJ says:

    @Imey
    Iya… gw juga sebel banget liat judul2 film Indonesia akhir2 ini yang didominasi horor kacangan sama komedi sex… gimana mau maju kalau gini terus ya? Makanya gw males nonton film Indonesia…

  3. faozanrizal says:

    cuman segitu yaa daftar nominasinya…. ? ah crew selalau saja anak tiri…. mana artistik..? editing ? kamera ? semua itu membantu seorang aktor untuk bisa terlihat “BAIK” tapi baik RCTI maupun tulisan anda tak pernah memperhatikannya…

  4. JJ says:

    @faozanrizal
    Maaf sekali ya mas bukan bermaksud menganaktirikan para crew. Saya juga sebenarnya agak kesal seperti Anda kenapa informasi nominasi FFI 2009 yang ada di internet sangat kurang. Tulisan itu saya buat dengan mengacu pada tulisan di situs lain sampai saat itu. Saya masih berusaha mencari nominasi lainnya. Saya usahakan secepatnya tulisan ini saya lengkapi. Thanks commentnya.

  5. jnior says:

    iya neh.., saya juga kesulitan sekali mendapatkan daftar lengkap para nominator ffi 2009. kenapa bisa seperti ini yah??? dan saya perhatikan di atas banyak informasi yang ga match antara nominator dan dalam film apa. misalnya dikategori aktor pendukung terbaik, mamiek prakoso itu bukan dalam film garuda didadaku tapi dalam film king! begitu juga reza rahadian, setahu saya dia ada di film perempuan berkalung sorban. itu yang membuat saya sangsi apakah memang informasi nominator diatas sudah akurat? di kategori aktris pendukung juga nominator nya cuma 4 orang. bikin saya tambah bingung ini beneran ga seh??? well… kalaupun itu memang data konkrit, saya tetap kecewa. ini malah seperti persaingan perfilman ecek-ecek!

  6. jnior says:

    owh ya sebagai tambahan…., seharusnya panitia ffi membuat aturan film yang boleh mendaftar adalah film produksi atau tayang pada setahun sebelumnya atau pada rentang waktu yang ditentukan (pastinya untuk ukuran setahun), ini agar membuat kita yakin bahwa inilah award tahunan yang diperebutkan film2 pada tahun tersebut. di kategori film terbaik, film “merekabilang saya monyet” masuk sebagai nominator dan di kategori lain pun masuk, padahal film ini adalah produksi tahun 2007, apa ga aneh masuk di ffi 2009, ya ga??? pokonya saya kecewa!

    kalau saja saya yang jadi juri nya, inilah daftar nominator untuk film rentang produksi desember 2008 – november 2009. silahkan liat di blog saya http://jniorlimblog.blogspot.com/2009/11/anugerah-film-indonesia-2009_7692.html
    jangan lupa kasih komen ya😀

  7. ramdan says:

    Semua film yang masuk nominasi emang layak kok, cuma sayang film Pintu terlarang cuma masuk 2 nominasi saja, padahal film tersebut menurut saya layak masuk baik dari Penyutradaraan, Skenario dan keseluruhan.
    setidaknya nominasi FFi 2009 lebih bisa diterima dibandingkan nominasi FFI tahun lalu..

  8. jith says:

    Pak, katanta ada nominasi untuk kategori film dokumenter pendek, seperti gorila dari gang buntu yang menag di eagle award kemarin, koq saya cari dimana2 gak ada yang menyebutkan daftar nominasi untuk dokumenter pendek ini ya? bisa bantu saya dapetin dimana daftarnya? situsnya ffi sendiri mati….
    thx

  9. JJ says:

    @jith
    Susah banget mas nyari info tentang nominasi film pendek FFI 2009. Kalau dapat bagi2 info ya?

  10. JJ says:

    @jnior
    Oke mas, thanks for sharing

  11. JJ says:

    @jnior
    Ada satu hal yang sampai saat ini masih bikin aku penasaran. Sebenarnya si Atiqah Hasiholan itu nominasi sebagai Pemeran Wanita Terbaik di film apa ya? Ruma Maida atau Jamila & Sang Presiden? Kebanyakan situs bilang di Ruma Maida, hanya 1 yang bilang di Jamila, yaitu Pakde yang link nya aku jadikan sumber di akhir tulisan ini. Hanya Pakde ini yang daftarnya lengkap untuk film panjang, dan berdasarkan seluruh daftarnya maka Ruma Maida memang dapat 11 nominasi. Kalau si Atiqah masuk nominasi di Ruma Maida maka seharusnya Ruma Maida jadi 12 nominasi.
    Ah bingung deh, kok di Indonesia gak seperti Oscar ya yang punya situs resmi dan update jadi gak bikin bingung pembaca.

  12. jnior says:

    iya, dan kalo begini mereka keliatan nya tidak serius. padahal seharusnya kan mereka (pihak FFI) harus dengan detail mempublikasikan semua rangkaian FFI mendatang, termasuk para nominator. mereka ini sepertinya memang tidak serius, saya jadi teringat pernyataan orang2 MFI, bahwa ajang FFI sekarang ini dibuat untuk menutup2i ketidakpedulian mereka trhadap perfilman nasional, dengan dibuatnya FFI seolah2 mereka konsern untuk film, padahal liat aja rangkaian menuju FFI…, seperti acuh tak acuh. padahal kalo mereka mau, mereka bisa aja buat FFI menjadi sebuah pergelaran yg menarik perhatian semua kalangan, ga hanya pemerhati film. salah satu cara yg konkrit agar FFI ini dgn mudah dikenal seharusnya dibuat situs resmi yang dapat di akses semua kalangan, tapi sayang…. mereka ga secerdas itu. heummmm……

  13. Komisi 100% says:

    aku seh ga hobby nonton,,,ga tau film2 apa yang lagi nangkring di bioskop

  14. […] post tentang Nominasi FFI 2009 yang mengundang komentar dari salah satu nominator dan juga blogger lain, sekarang saatnya […]

Leave a Reply

