Festival Lagu Populer Indonesia Bangkit Lagi!

Posted: 11 December 2009 in Entertainment, General, Lifestyle, Music
Tags: , ,

Masih adakah yang ingat dengan lagu-lagu seperti Renjana, Damai Tapi Gersang, Aku Melangkah Lagi, Burung Camar, Seandainya Selalu Satu, Pesta, atau Kembalikan Baliku?

Lagu-lagu di atas adalah sebagian contoh finalis sebuah acara bernama Festival Lagu Populer Tingkat Jakarta yang kemudian berubah menjadi Festival Lagu Populer Tingkat Nasional dan terakhir dikenal dengan nama Festival Lagu Populer Indonesia. Acara ini dulu sempat berjaya di akhir tahun 70-an sampai akhir 80-an. Karena pada awalnya cikal bakal festival lagu ini adalah pemilihan penyanyi terbaik, yaitu di tahun 70-an, maka sejak berganti tajuk menjadi festival atau ajang lomba cipta lagu, maka juaranya pun selain lagu terbaik dipilih pula penyanyi terbaik. Pada beberapa festival, lagu terbaik pertama sampai ketiga dikirim sebagai wakil Indonesia untuk bertanding di ajang festival sejenis di tingkat internasional, Asia, atau Asean.

Terakhir digelar tahun 91, setelah dari akhir 80-an kualitasnya agak menurun baik dari tingkat popularitas maupun musikalitas, banyak penyanyi “lulusan” acara ini yang menjadi terkenal, bahkan sangat terkenal dan identik dengan acara tersebut. Sebut saja Hetty Koes Endang, Grace Simon, Vina Panduwinata, Harvey Malaiholo, dan Elfa’s Singers.

Harvey Malaiholo bahkan punya julukan “Macan Festival” karena saking seringnya dinobatkan sebagai penyanyi terbaik. Vina Panduwinata sampai sekarang melekat dengan julukan “Si Burung Camar” karena saking populernya lagu tersebut yang menjadi lagu terbaik tahun 1985. Sebagai catatan tambahan, tahun 83-85 lagu terbaik 3 tahun berturut-turut dimenangkan oleh lagu yang dibawakan oleh Vina Panduwinata: Salamku Untuknya (83), Aku Melangkah Lagi (84), dan Burung Camar (85).

Selain penyanyi, beberapa musisi terkenal juga “lahir” dan besar di ajang festival ini. Sebagai contoh bisa kita sebut Idris Sardi yang sering sekali mengaransir lagu, dan tentu saja tak boleh dilewatkan Elfa Secioria yang lagu-lagu ciptaannya merajai acara ini di paruh kedua dekade 80-an, yang seringkali dibawakan oleh Harvey Malaiholo atau Elfa’s Singers.

Setelah sempat vakum selama belasan tahun, acara ini akhirnya akan kembali digelar. Kali ini berganti nama menggunakan bahasa Inggris: Indonesian Song Festival. Berbeda dengan sebelumnya, mungkin karena sekarang adalah eranya teknologi berbasis internet, panitia Indonesian Song Festival pun tidak lupa membuat situs resmi mereka, yaitu http://www.indonesiansongfestival.org/. Situsnya belum sepenuhnya terbentuk karena beberapa menu masih kosong, tapi paling tidak informasi pendaftaran, syarat-syarat peserta dan jadwalnya sudah tersedia. Tersedianya situs resmi tersebut menjadikan acara ini lebih terbuka dibandingkan pada jaman dulu di mana sangat susah untuk orang -orang di luar lingkungan dunia musik untuk mengetahui mekanisme acara ini sehingga para peserta dan finalias terkesan selalu muncul dari lingkungan tertentu saja.

Well, mari kita lihat apakah acara yang pendaftarannya dibuka mulai 15 Desember 2009 dan ditutup 15 Januari 2010 serta final pada bulan Maret 2010 ini akan menghadirkan lagu-lagu berkualitas minimal seperti tahun 80an atau bahkan lebih baik lagi.

Paling tidak, saya berharap acara ini akan menghadirkan alternatif jenis lagu Indonesia yang selama beberapa tahun ini didominasi oleh para grup band atau Melly’s style yang kadang2 juga mendayu-dayu meskipun dari segi musik berbeda dengan lagu yang jaman dulu disebut sebagai “lagu cengeng”.

Situs resmi Indonesia Song Festival: Indonesian Song Festival

Berita terkait:
Indonesian Song Festival Kembali Digelar (detikhot)

Comments
  1. ade says:

    Setuju….utk musik indonesia yg lebih berkualitas…..tp ngomong2 CD utk FLPI yg lama2 nya di terbitkan lagi donk biar kita bisa nikmati lagi..!

  2. Slamet Effendi says:

    bertahun2 saya haus lagu2 festival. Telurkan lagu dan penyanyi seperti yang sudah2 lewat ajang ini. bravo Indonesian Song Festival.

  3. Java FM says:

    …atau mungkin anda ingin mendengarkan musik dari radio online? please come visit us, Java FM memutar lagu hits indonesia sepanjang masa nonstop 24 jam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s