Serba-serbi Social Networking Site a.k.a. Situs Jejaring Sosial: Pros and Cons

Posted: 24 December 2009 in General, Lifestyle

Bukan mau ngomongin serabi, atau nulis hal-hal teknis tentang apa itu social networking yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi jejaring sosial. Atau ngasih penjelasan yang sok menggurui tentang apa itu Facebook, Twitter, Friendster, myspace, dan sejenisnya yang katanya bisa digolongkan ke dalam makhluk yang namanya jejaring sosial. Bukan.

Saya anggap pembaca semua pasti udah pada pinter dan tahu banget tentang macam-macam situs jejaring sosial tersebut, bahkan saya yakin hampir semuanya udah pada punya account di minimal satu buah situs jejaring sosial tersebut. Bener gak?

Social networking saat ini sudah menjadi semacam bagian tak terpisahkan dari kehidupan banyak orang, kita anggap saja itu sebuah life style. Di mana-mana − kantor, mall, pasar, sekolah, kampus, di mana saja − hampir pasti kita sering melihat banyak orang yang menggunakan perangkat selularnya selain untuk aktivitas bertelepon juga untuk ber-social networking. Karena aktivitas yang menggunakan koneksi internet saat ini bisa dilakukan di mana saja dengan menggunakan perangkat selualr, tidak melulu harus melalui komputer berbentuk desktop atau laptop.

Beberapa tahun yang lalu jika kita melihat orang mencet-mencet keypad/keyboard handphone kita akan beranggapan bahwa orang tersebut sedang membaca atau mengirim SMS, atau untuk yang pakai PDA mungkin sedang mengedit suatu dokumen. Tapi sekarang belum tentu, bisa saja dia sedang update status atau komentar terhadap status temannya di Facebook, atau menulis sesuatu di Twitter. Fenomena jejaring sosial memang semakin mewabah dipacu oleh semakin populernya Facebook, meskipun Facebook bukan yang pertama dalam kancah jejaring sosial ini.

Di sini saya hanya akan menuliskan beberapa hal sehubungan dengan situs-situs jejaring sosial yang berasal dari membaca, mengamati, atau bersumber dari berita, dan juga pengalaman pribadi.

Facebook adalah situs jejaring sosial yang fenomenal. Kepopulerannya sampai membuat para vendor telepon selular melengkapi produknya dengan aplikasi khusus Facebook. Selain itu pembuat Facebook-pun melengkapi versinya dengan versi mobile agar lebih mudah dan cepat diakses melalui perangkar selular. Contoh vendor handphone yang melengkapi produknya dengan aplikasi Facebook yang khas adalah Blackberry dan Sony Ericsson. Maaf kalau salah, saya hanya tahu dua vendor ini saja. Sedangkan vendor lain kebanyakan membuat aplikasinya sebagai link ke Facebook mobile (m.facebook.com). Aplikasi Facebook yang dimiliki oleh Nokia, ini pernah saya coba di N86, tidak terlalu jauh beda dengan Facebook mobile, tidak memiliki ciri khas seperti yang dibuat oleh Blackberry maupun Sony Ericsson. Entah dengan iPhone, saya sih menduga kemungkinan besar iPhone punya aplikasi khusus juga. Merk-merk “lokal” (yang notabene buatan China) meskipun pada promosinya hampir semua menyebutkan bisa ber-Facebook, tapi pada kenyataannya hanyalah link shortcut menuju ke Facebook mobile. Facebook mobile ini tentu saja bisa diakses oleh handphone manapun yang memiliki kemampuan untuk melakukan koneksi ke internet.

Situs jejaring sosial kedua terpopuler mungkin adalah Twitter. Sama seperti Facebook, banyak juga aplikasi khusus twitter yang dibuat oleh para pembuat software, baik yang berdiri sendiri (bisa di-install di mana saja), maupun yang dibuat khusus oleh vendor handphone. Di sini lagi-lagi yang saya tahu Blackberry dan Sony Ericsson memiliki aplikasi yang khas di beberapa type produknya. Merk lain saya belum tahu, tapi pasti ada juga.

Friendster yang dulu sempat berjaya, kalang kabut menghadapi menggilanya kepopuleran Facebook. Kabar terakhir yang saya tahu adalah Friendster yang dulu milik perusahaan Amerika telah dijual kepada pengusaha Malaysia. Entah bagaimana nasibnya setelah terjadinya transaksi pemindahan kepemilikan ini, apakah Friendster akan kembali berjaya atau mundur teratur untuk akhirnya menghilang… we’ll see.

Situs-situs lain selain 3 situs di atas kelihatannya kurang populer di Indonesia. Pengguna multply, myspace, tagged, dan lain-lain memang ada, tapi jumlahnya kalah jauh dibandingkan dengan ketiga situs terdahulu.

Update status yang muncul di Facebook sangat beragam, mulai dari hal yang sangat serius sampai hal-hal ringan atau bahkan konyol. Dari sekian banyak teman-teman saya di Facebook, status yang sering muncul di Wall dapat saya kelompokkan menjadi beberapa jenis:

  • Hal-hal berbau politik: bisa berupa link menuju suatu berita atau kalimat buatan sendiri yang mengomentari situasi politik terkini.
  • Kutipan-kutipan: ayat dari Al Qur’an, ayat dari Injil, atau quote dari seorang tokoh.
  • Makanan: bisa berupa laporan sedang makan di suatu tempat lengkap dengan menunya, atau mencoba memasak suatu jenis makanan.
  • Perjalanan: “pamer” tentang perjalanan keluar kota atau keluar negeri. Bahkan seringkali di-update beberapa kali mulai dari perjalanan menuju airport, chek-in, menunggu, boarding, take-off dan landing, dan seterusnya sampai di tujuan. Biar orang-orang pada tahu bahwa dia mampu melakukan perjalanan tersebut, entah itu biaya sendiri atau dibiayai perusahaan sepertinya bukan hal penting untuk disebutkan.
  • Keluh kesah, komplain, curhat, dan sejenisnya yang isinya seringkali bikin kita risih, miris, bahkan ketawa.
  • Segala macam kebahagiaan: senang karena dapat sesuatu yang diinginkan, kelahiran anak, punya pacar (baru), dan sejenisnya.
  • Teknologi: segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi. Yang paling sering adalah tentang handphone.
  • “Bernyanyi”: menulis ulang lirik suatu lagi sebagai “status”, entah apa maksudnya.
  • Game: mem-publish semua kegiatan main game.
  • Quiz: mem-publish semua hasil dari quiz yang selesai dijawab.
Comments
  1. oen says:

    nice inpho

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s