Sony Ericsson Abelin: Android Ketiga Dari Sony Ericsson, Kali Ini Dengan QWERTY

Posted: 24 January 2010 in Candybar, QWERTY, Sony Ericsson, XPERIA
Tags: , , , ,

QWERTY, QWERTY, QWERTY. “Blame it” to Blackberry. Siapa suruh beli Blackberry. Baca email sambil makan strawberry.

Ada apa sebenarnya dengan QWERTY? Apakah memang menggunakan QWERTY keyboard itu jauh lebih nyaman daripada menulis dengan traditional keypad atau virtual keyboard di layar sentuh? Ataukah hanya sekedar mengikuti trend?

Jawabannya bisa beda-beda dan tergantung pada banyak faktor, misalnya tentang kebiasaan, juga desain dari keyboard QWERTY itu sendiri. Keberadaan sederet QWERTY dalam bentuk fisik jika dipaksakan dalam sebuah handphone yang berukuran kecil kemungkinan malah akan membuat jadi tidak nyaman pengguna karena ukuran tombol-tombolnya akan sangat kecil, karena itu kebanyakan handphone dengan keyboard jenis ini berukuran lebar. Sebagian orang mungkin tidak mempermasalahkan bentuk lebar ini, tapi sebagian lagi belum tentu akan suka.

Yang jelas akhir-akhir ini QWERTY seakan jadi trend paling “heboh”, terutama di Indonesia di mana terjadi peningkatan pengguna Blackberry − meskipun bukan pioneer dalam QWERTY tapi harus diakui paling populer − sangat pesat, kabarnya malah paling tinggi di dunia.

Sony Ericsson yang sempat pernah berjaya dengan butterfly-type QWERTY − bentuk keyboard seperti yang ada di M600i atau P1i − kelihatannya mulai tergiur juga untuk kembali menghadirkan handphone QWERTY. Sayangnya yang dilakukan bukannya meneruskan atau mengembangkan desain yang sudah dimiliki sebelumnya, tapi mencoba mengikuti desain a la Nokia atau Blackberry.

Setelah beberapa hari yang lalu muncul bocoran tentang smartphone Windows Mobile dengan desain QWERTY a la Nokia E61 yang diberi codename Faith, kali ini muncul bocoran lain yang menyebutkan bahwa Sony Ericsson sedang mempersiapkan sebuah smartphone dengan basis sistem operasi Android dengan desain yang mengikuti gaya Blackberry. Smartphone tersebut memiliki codename Abelin.

Abelin akan menjadi smartphone Android ketiga dari Sony Ericsson setelah Xperia X10 dan Robyn alias X10 Mini.

Menurut PointGPhone, Abelin kemungkinan akan diumumkan oleh Sony Ericsson pada acara Mobile World Congress di Barcelone pada pertengahan bulan Februari 2010 nanti.

Spesifikasi lengkap Sony Ericsson Abelin belum banyak diketahui, kecuali bahwa sistem operasinya Android, desain menyerupai gaya Balckberry, dan memiliki kamera digital dengan resolusi 5 megapixel. Abelin kemungkinan besar akan menjadi bagian dari jajaran seri Xperia, dengan index (mungkin) Xperia X9.

Informasi lainnya akan segera menyusul.

Sumber: PointGPhone

Comments
  1. […] supplier Phone Arena: Sony Ericsson aims to be the World’s largest Android supplier Rumor: Sony Ericsson Abelin Rumor: Sony Ericsson 5.5″ Android Tablet Rumor: Sony Ericsson PlayStation Phone – Part […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s