Bagaimana Menampilkan Facebook Versi 2 dan Chat-View SMS di Sony Ericsson C901 Edisi Indonesia

Posted: 31 January 2010 in A200, Candybar, Cyber-shot, Sony Ericsson
Tags: , , , , , , ,

Sejak handphone dengan platform A200 generasi kedua (chipset DB3200) diluncurkan, diawali dengan W705 Walkman™, Sony Ericsson sudah mengaplikasikan fitur baru pada handphone-nya, yaitu chat-view atau threaded-view messaging. Berbeda dengan SMS atau MMS biasa yang hanya menampilkan satu buah pesan dalam satu layar, messaging versi baru tersebut dibuat dalam format layaknya tampilan chatting, yaitu semua pesan dari awal sampai akhir tampil dalam satu layar. Yang biasa melakukan chatting pasti tahu format tampilan yang dimaksud.

Hanya saja, entah mengapa sampai sekarang semua handphone Sony Ericsson yang beredar secara resmi di Indonesia yang seharusnya memiliki fitur tersebut ternyata tidak diaplikasikan. Jadi, para pembeli handphone Sony Ericsson di Indonesia hanya akan mendapatkan tampilan messaging seperti generasi sebelumnya sehingga terkesan tidak ada perubahan sama sekali.

Kebijakan ini mungkin diambil oleh distributor ataupun manajemen Sony Ericsson di Indonesia, entah dengan dasar pertimbangan apa, sampai saat ini belum bisa diketahui.

Apakah dengan demikian handphone Sony Ericsson versi Indonesia tidak bisa menikmati fitur tersebut? Berterimakasihlah kepada para modder dari beberapa forum di luar negeri yang sudah menemukan cara untuk mengaktifkan fitur tersebut. Prinsip kerjanya sebenarnya sederhana, Sony Ericsson mengubah script pada file system-nya sehingga fitur tersebut tidak aktif. Cara mengaktifkannya tentu saja dengan mengubah file system tersebut, yaitu dengan memasukkan suatu file xml bernama “customize_upgrade.xml” yang sudah diedit sedemikian rupa ke dalam file system-nya.

Satu hal lagi sehubungan dengan platform A200 pada handphone Sony Ericsson, sejak dirilisnya C510 pada sekitar bulan Maret 2009, Sony Ericsson sudah menerapkan aplikasi baru untuk Facebook. Pada awal keberadaannya, aplikasi ini hanya bisa menampilkan status teman-teman Facebook di layar standby handphone, tanpa bisa memberikan atau melihat komentar-komentar pada status tersebut. Di halaman utama aplikasi Facebook (bukan di layar standby) memang sudah tersedia menu untuk memberikan ataupun melihat komentar-komentar yang masuk, tapi aplikasinya masih sangat sederhana.

Barulah menjelang akhir tahun 2009, kalau tidak salah sekitar bulan Oktober, aplikasi Facebook ini di-upgrade ke versi 2 yang lebih menarik. Pada versi terakhir ini, di layar standby kita bisa mengubah status kita sendiri, memberikan komentar pada status teman, dan melihat notifikasi yang masuk. Di halaman utama aplikasi sekarang menjadi lebih beragam menu yang tersedia. Untuk lengkapnya bisa dibaca kembali review yang telah saya buat di sini: R1GA028: Firmware Baru untuk C901 Cyber-shot dengan Aplikasi Facebook versi Baru.

Tapi sekali lagi, handphone Sony Ericsson yang beredar di Indonesia sepertinya tetap menjadi anak tiri. Meksipun di banyak negara lain dengan melakukan update terhadap firmware − baik secara online maupun offline − aplikasi Facebook versi 2 akan bisa diperoleh, versi Indonesia tetap saja tidak mendapatkan perubahan versi 2 tersebut.

Contoh yang saya alami sendiri adalah dengan handphone Sony Ericsson C901 Cyber-shot™. Setelah melakukan update firmware secara online melalui SEUS (Sony Ericsson Update Service), versi firmware C901 saya berubah menjadi R1GA028, tetapi aplikasi Facebook-nya masih tetap versi 1. Demikian juga dengan format messaging, masih versi lama.

Lalu bagaimana caranya saya bisa memperoleh aplikasi Facebook versi 2 − sekaligus dengan chat-view messaging − di handphone Sony Ericsson C901 saya sekarang? Mudah saja sebenarnya: Ganti saja versi firmware-nya dengan milik negara lain yang memiliki aplikasi dan fitur tersebut. Tidak usah jauh-jauh, dan agar bahasa yang dimiliki tidak berubah, gunakan versi firmware dari negara lain yang masih dalam wilayah APAC-ANZ (Asia Pacific, Australia dan New Zealand). Dalam hal ini saya mengubahnya ke versi Singapore.

Untuk mengubah versi firmware dengan beda negara, hal paling mudah adalah melakukan flashing atau upgrade firmware melalui pihak ketiga seperti Da Vinci (www.davinciteam.com), Wotan Server (www.wotanserver.com) atau Kulankendi (www.kulankendi.com). Sayangnya ketiga penyedia jasa online tersebut merupakan situr berbayar alias tidak gratis.

Mau yang gratis? Tentu saja dalam hal ini semua gratis kecuali koneksi internet, yaitu dengan mengubah CDA handphone C901 menjadi CDA untuk versi firmware dari negara lain yang kita inginkan. Mengubah CDA adalah mengubah file system di handphone. Resiko yang mungkin disebabkan oleh perubahan tersebut harus ditanggung sendiri, jika terjadi hal-hal yang mengakibatkan kerusakan tentunya. Tapi sejauh ini, asalkan kita berhati-hati dan mengerti apa yang kita lakukan, sangat jarang terjadi hal-hal yang sangat fatal akibat dari modifikasi file system tersebut.

Setelah CDA-nya kita ubah, lakukan update firmware melalui SEUS, dan kali ini SEUS akan mengenali C901 kita sebagai versi Singapore sehingga firmware yang dimasukkan akan termasuk fitur chat-view messaging dan juga aplikasi Facebook versi 2.

File-file yang diperlukan:

  1. Software untuk mengubah file system (A2Uploader) bisa didapat di sini
  2. XML file untuk mengubah tampilan message menjadi chat-view bisa di-download di sini (gunakan yang “Unified_Mode”. File pada folder “Separat_Mode” adalah untuk mengembalikan ke tampilan semula)
  3. File-file untuk mengganti CDA bisa di-download di sini

Informasi tambahan:
Untuk mengetahui type handphone apa saja yang masuk ke dalam kelas chipset DB3200 silakan lihat di sini.

Selamat mencoba.

Comments
  1. rey says:

    hape saya yari..

    file” yg diperlukan udah saya unduh.
    trus gmn cara mengubah CDAnya biar bisa chat view message ?
    mohon tutorialnya..
    thx in advance🙂

  2. evan says:

    kalau bwt g502 bisa gak mas ????

  3. agung says:

    bisa memberikan tutorial lebih jelas mengenai langkah2nya gak mas??
    soalnya klo salah kan bisa fatal tu..
    klo buka website yg mas kasih pake bhsa rusia,jadinya rada bingung..

  4. djoephans says:

    menarik sekali! apakah tampilan sms k610i (DB2020) bisa diganti jadi chat-view?? (mohon tutorialnya..) thanx..

  5. JJ says:

    @djoephans: K610i belum bisa dibikin chat-view mas.

  6. kaka says:

    link udah expired..bisa minta lai gak, thx

  7. kaka says:

    link udah expired..ada lagi gak yah? thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s