Mungkinkah Sandra Bullock Akan Dinobatkan Menjadi Aktris Terburuk (Razzie) dan Aktris Terbaik (Oscar) Dalam Dua Hari Berturut-turut di Bulan Maret Nanti?

Posted: 3 February 2010 in Entertainment, General, Lifestyle, Movies
Tags: , , , , ,

Dua event penghargaan untuk insan perfilman di Amerika yang dianggap sebagai “pemanasan” menjelang perhelatan paling akbar, Academy Awards atau Piala Oscar − yaitu Golden Globe dan Screen Actors Guild (SAG) Awards − sudah selesai digelar. Dalam kategori akting, untuk aktor maupun aktris, baik sebagai pemeran utama maupun pemeran pendukung, kedua event tersebut memberikan hasil yang sama persis, di mana Sandra Bullock (The Blind Side) menjadi aktris utama terbaik, Jeff Bridges (Crazy Heart) meraih aktor utama terbaik, serta Mo’nique (Precious: Based on the Novel “Push” by Sapphire) dan Christoph Waltz (Inglourious Basterds) masing-masing dinobatkan sebagai aktris dan aktor pendukung terbaik.

Pengumuman daftar nominasi peraih Piala Oscar (82nd Academy Awards) hari ini baru saja dilaksanakan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS). Keempat aktor dan aktris di atas kembali dinominasikan untuk meraih Piala Oscar dalam kategori yang sama, bersaing dengan para nominator lainnya yang sebagian besar hampir sama dengan Golden Globe maupun SAG Awards.

Sebenarnya masih ada satu lagi event “pemanasan” menjelang Piala Oscar, yaitu Razzie Awards, yang setiap tahun selalu mengumumkan para “pemenang”-nya tepat sehari menjelang pengumuman Piala Oscar. Berbeda dengan Golden Globe, SAG Awards maupun Academy Awards, Razzie Awards ini merupakan kebalikan dari event-event tersebut karena memberikan “penghargaan” pada beberapa unsur perfilman yang dianggap paling buruk.

Beberapa aktor/aktris yang pernah memperoleh Piala Oscar, juga pernah “memenangkan” Razzie Award, meskipun tentu saja bukan untuk film yang sama atau di tahun yang sama. Contoh paling akhir yang mungkin masih gampang diingat adalah Halle Berry yang akting super buruknya di film Cat Woman “diganjar” Razzie Award dalam kurun waktu 3 tahun setelah dia memperoleh Piala Oscar dalam film Monster’s Ball.

Khusus tahun ini, ada hal yang unik sehubungan dengan Razzie Awards dan event penghargaan film lain semacam Academy Awards, yaitu tentang Sandra Bullock. Pada tahun 2009 tercatat ada 3 buah film yang beredar yang dibintangi oleh Sandra Bullock, yaitu The Blind Side, The Proposal, dan All About Steve (sebenarnya masih ada 1 film lagi tapi di film Farm of the Yard: Saddles for Wild Horses ini Sandra Bullock hanya sebagai pengisi suara). The Blind Side merupakan film Sandra Bullock yang paling sukses. Selain pernah menjadi film terlaris nomor satu dalam box office mingguan di Amerika, film ini pun telah mengantarkannya untuk meraih Golden Globe Award dan SAG Award sebagai Best Actress (juga beberapa festival film lain), dan bahkan menjadi salah satu nominator film terbaik di Piala Oscar. The Proposal pun cukup sukses dengan pernah menjadi nomor satu pada box office mingguan di Amerika, dan memberikannya nominasi untuk Best Actress di kategori film musical/comedy pada Golden Globe serta beberapa event penghargaan lainnya.

All About Steve lain lagi ceritanya. Selain kurang laku, film inipun menghadirkan banyak kritikan saking buruknya. Bahkan, Razzie Awards pun memberikannya nominasi sebagai Film Terburuk serta Aktris Terburuk untuk Sandra Bullock.

Bagaimana jika seandainya pada tanggal 5 Maret nanti Sandra Bullock “memenangkan” Razzie Award sebagai Aktris Terburuk dan keesokan harinya dia juga memperoleh Piala Oscar sebagai Aktris Terbaik? Jika saja terjadi, tentunya hal ini akan menjadi sesuatu yang unik dan sangat jarang terjadi. Tapi siapa tahu hal itu bisa terwujud nantinya, tak ada hal yang tak mungkin di dunia ini. So, wait and see… kita tunggu sebulan lagi apakah kejadian unik ini hanya bersifat pengandaian ataukah akan menjadi sebuah sejarah yang mungkin akan sulit untuk terulang.

Comments
  1. […] 2010 ini tentu tidak bisa lepas dari Sandra Bullock. Setelah menulis tentang Sandra Bullock yang memperoleh nominasi Piala Oscar sekaligus Razzie Award di tahun ini, kini saatnya menuliskan daftar lengkap nominasi untuk kedua event perfilman tersebut. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s