Beberapa Rumor Produk Baru Sony Ericsson: W150i TeaCake, 5.5″ Android Tablet, Shakira dan Handsfree Bluetooth

Posted: 5 June 2010 in Candybar, Rumor, Slider, Sony Ericsson, Touchscreen, Walkman, XPERIA
Tags: , , , , , , , ,

Beberapa hari terakhir beredar bocoran atau rumor untuk produk-produk baru Sony Ericsson. Bocoran seperti ini memang seringkali muncul menjelang diumumkannya produk baru secara resmi oleh pihak Sony Ericsson. Menurut kabar dari beberapa situs yang khusus membahas Sony Ericsson, pada bulan Juni 2010 ini Sony Ericsson akan mengumumkan beberapa produk terbarunya. Mungkin bocoran-bocoran yang akhir-akhir ini muncul akan termasuk di dalam pengumuman tersebut.

Apa saja bocoran terbaru tersebut?

Sony Ericsson W150i TeaCake

TeaCake adalah codename untuk seri Walkman touchscreen yang memiliki desain sangat mirip dengan Xperia X10 Mini. Bahkan bisa dikatakan bahwa Teacake − yang disebut-sebut memiliki kode internal W150i − adalah versi Walkman dari Xperia X10 Mini karena diperkirakan akan memiliki spesifikasi yang hampir sama, kecuali adanya penambahan Walkman Player sebagai ciri khas seri Walkman. Sebagian fitur yang akan dimiliki W150i di antaranya adalah layar touchscreen dengan ukuran 2.66″, OS Android (mungkin versi 1.6 atau bisa juga 2.1), dan kamera 5 megapixel tapi tanpa LED flash.

Agak mengecewakan menurutku jika memang keberadaan W150i seperti disebutkan di atas adalah benar. Alasanku tentang hal ini adalah:

  • Kembalinya strategi “copy-paste”. Sistem copy-paste yang sebagian besar berupa pasangan “generic-Walkman” ini memang pernah sukses besar seperti pada jaman K750-W800 atau M600-W950, tapi lama kelamaan membuat orang bosan dan memberikan kesan berkurangnya kreativitas para desainer Sony Ericsson
  • Kembali ke jaman sebelum Entertainment Unlimited. Sebelum dicanangkannya Entertainment Unlimited, Sony Ericsson sangat sering memangkas suatu fitur untuk membedakan segmen. Sebagai contoh, seri Walkman diberi kamera yang tidak autofokus atau tanpa lampu flash, untuk membedakannya dari versi generic atau versi kamera (Cyber-shot). Tapi sejak W995 yang merupakan cikal bakal Entertainment Unlimited, Sony Ericsson sepertinya akan menghilangkan perbedaan tersebut dengan menggabungkan semua fitur secara merata. Agak mengherankan jika sekarang sebuah seri Walkman yang meskipun dibekali kamera autofocus dengan resolusi 5 megapixel tapi tanpa LED flash. Sebagian besar orang menginginkan all-in-one device, jadi buat apa membeli seri Walkman yang kameranya asal tempel padahal dengan membeli seri lain dan mengganti headsetnya dengan type yang sama dengan yang ada di seri Walkman sudah bisa mendapatkan musik setara seri Walkman?

Sony Ericsson Android Tablet

Rumored Sony Ericsson Android tablet

Dari  situs berbahasa China yang dimuat kembali oleh gsmarena, terdapat bocoran gambar dari sebuah Tablet Phone dengan logo Sony Ericsson di bagian atasnya. Tablet yang bersistem operasi Android ini − kemungkinan besar versi 2.1 atau Eclair − memiliki ukuran layar 5,5 inci. Bayangkan saja ukuran layar yang kira-kira sebesar Xperia X10, belum lagi ditambah dengan area di sekitar layarnya, menjadikan tablet ini sebagai device dengan ukuran terbesar dari Sony Ericsson. Terdapat pula keyboard QWERTY 4 baris di bagian bawah layar, layaknya sebuah netbook kecil, hanya saja “netbook” kecil ini bisa juga dipakai untuk menelepon.

Sony Ericsson Shakira

Banyak yang merasa bahwa Xperia X10 punya ukuran yang terlalu besar, tentu saja karena layarnya memang super lebar untuk ukuran smartphone. Meskipun kemudian Sony Ericsson menyediakan versi Mini dari X10, masih saja orang banyak yang merasa bahwa X10 Mini terlalu mini sehingga kurang nyaman sebagai handphone touchscreen. Sony Ericsson sudah mengantisipasi hal tersebut dengan kemudian menyediakan juga X10 Mini Pro yang dilengkapi dengan keyboard QWERTY untuk memberikan kenyamanan yang lebih pada saat pengetikan teks. Tapi tidak semua orang juga menyukai kehadiran QWERTY dengan model geser seperti X10 Mini Pro.

Maka, untuk yang menginginkan model seperti Xperia X10 tapi agak sedikit lebih kecil, tunggu saja kehadiran Shakira, codename untuk smartphone Android baru dengan ukuran fisik di bawah X10 tapi di atas X10 Mini, dan ukuran layar diperkirakan sebesar 3 inci seperti gambar di bawah ini. Nampaknya Shakira akan menjadi smartphone Android dengan desain dan ukuran yang nyaman dipakai, bahkan untuk dijalankan dengan satu tangan. Mudah-mudahan pada saat dirilis nanti Shakira sudah menggunakan OS Android versi terbaru (2.2 atau Froyo), atau minimal versi 2.1 (Eclair).

Aksesoris Bluetooth Handsfree

Dari video di bawah ini, nampaknya Sony Ericsson akan segera mengumumkan beberapa produk aksesoris baru berupa bluetooth handsfree.

Comments
  1. Lu Kwan Ying says:

    Walahhh Android Tablet keliatan gede banget ya.
    5,5 inchi=13.75 cm itu baru garis melintang layarnya aja,Pinggiran atas bawahnya 1-2cm…
    Keliatan berat lagi.
    Klo ada orang yg gtw,liat ada yg telepon pake Android Tablet pasti bilang gini “Net Book kok dipake telepon sih?”

  2. […] Sony Ericsson aims to be the World’s largest Android supplier Rumor: Sony Ericsson Abelin Rumor: Sony Ericsson 5.5″ Android Tablet Rumor: Sony Ericsson PlayStation Phone – Part 1 Rumor: Sony Ericsson PlayStation Phone […]

  3. […] waktu lalu sempat beredar rumor bahwa Sony Ericsson sedang mempersiapkan Android Tablet berukuran 5,5″. Android Tablet tersebut − dan juga PlayStation® Phone − diperkirakan akan menjadi produk […]

  4. […] rumor, bahkan disertai dengan “bukti” photo, bahwa Sony Ericsson sedang mengembangkan Android Tablet dengan ukuran layar 5,5 inci. Berbeda dengan kebanyakan tablet yang saat ini sedang marak yang berupa layar sentuh secara penuh, […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s