Apple iPhone 4: Si Cantik yang Rawan Rusak dan Gagal Desain – Bagian 1

Posted: 26 June 2010 in Other Mobile Phones
Tags: , , ,

Pasti pada tahu  iPhone kan? Sejak kehadiran pertamanya, ponsel besutan Apple ini telah menarik perhatian banyak orang, terutama sekali di Amerika Serikat sana, dan bahkan menyebar ke seluruh dunia. Bahkan, vendor-vendor ponsel lain langsung membuat ponsel tandingan yang sering diberi istilah iPhone-killer, tentunya dengan maksud untuk membendung semakin lakunya iPhone.

Apple iPhone sangat terkenal dengan layarnya. Tentu saja karena dari seluruh portfolio-nya, iPhone semuanya berdesain layar sentuh tanpa pernah menghadirkan keypad ataupun keyboard secara fisik. Banyak yang tertarik dengan iPhone karena desainnya, terlebih lagi karena sistem operasi dan user interface-nya.

Dari mulai versi 2G sampai yang terakhir versi 3Gs, iPhone bisa dibilang sangat laku, meskipun jika dilihat perbandingannya, harga sebuah Apple iPhone type apapun jauh lebih mahal daripada merk lain dengan spesifikasi dan kemampuan yang hampir sama atau setara. Memang nama besar Apple dari dulu selalu menjadi jaminan suatu produk akan terjual banyak meskipun harganya super mahal. Entah kenapa.

Sampai dengan versi 3Gs, iPhone selalu memberikan keuntungan yang banyak untuk menambah pundi-pundi Apple. Bahkan pada kuartal pertama tahun ini, iPhone masuk ke dalam 6 besar vendor ponsel global, hanya dengan portfolio yang sangat sedikit jika dibandingkan dengan merk-merk lain di kelompok 5 besar, kecuali Blackberry (peringkat 4) karena portfolio Blackberry juga tidak bisa dibilang banyak.

Versi terakhir iPhone yang diberi nama iPhone 4 sempat menjadi berita yang cukup menghebohkan karena selain informasinya bocor di internet juga karena sebuah prototype-nya ditemukan oleh seseorang di toliet sebuah bar. Prototype tersebut kemudian dijual kepada sebuah situs bernama Gizmodo yang langsung membedah bagian dalam dan spesifikasinya. Hal ini sempat menjadi kontroversi karena pihak Apple kemudian menuntut situs tersebut dan melaporkannya kepada polisi.

Setelah lama ditunggu, akhirnya pada tanggal 23 Juni 2010 yang lalu iPhone 4 resmi dirilis. Pada saat pre-order, sempat terjadi masalah karena koneksi komputer pad sebuah operator besar di Amerika sempat mati sehingga terjadi kekacauan. Seperti yang terjadi pada versi sebelumnya, antrian untuk memesan iPhone 4 pun terjadi cukup panjang di Amerika.

Namun, apa yang terjadi kemudian setelah sekitar 600 ribu konsumen mendapatkan unit pertama iPhone 4 sungguh sangat mengecewakan. Dilaporkan bahwa banyak unit yang mengalami cacat produk, di antara masalah-masalah yang ditimbulkan oleh kegagalan desain dan produksi yang sudah diketahui adalah:

  1. Terdapat garis-garis  berwarna kekuningan pada layar
  2. Bintik-bintik putih pada layar yang menyebar seperti gugusan bintang di langit
  3. Sinyal jaringan operator yang sering menghilang (jika dipegang dengan tangan kiri yang menutupi bagian kiri bawah, padahal ini adalah cara paling umum untuk memegang sebuah ponsel)
  4. Casing yang pecah jika jatuh, mekipun jatuhnya tidak terlalu tinggi
  5. Letak tombol volume yang terbalik (“+” di posisi “-” dan sebaliknya)

Lima hal di atas adalah masalah yang dilaporkan dan diketahui hanya dalam waktu belum sampai seminggu sejak resmi dirilis. Akankan ada masalah lain yang timbul pada beberapa hari ke depan? Well, bisa saja.

Simak beberapa berita mengenai kegagalan desain dan produksi iPhone 4 ini pada link-link berikut:
Apple iPhone 4 Pre-Ordering Is a Total Disaster
Some iPhone 4 Displays Have Yellow Bands, Spots, Other Problems
iPhone 4 Loses Reception When You Hold It By The Antenna Band?
Some iPhones coming off the assembly line with wrong volume keys
I Accidentally Broke My iPhone 4 On Day One
Design Test Note: Fragile Beauty

Dan apa jawaban Apple? Baru dua yang dijawab:

  1. Tentang garis kekuningan pada layar: Apple menyalahkan pabrik yang memproduksinya, yaitu FoxConn di China: Apple Support Says iPhone 4 Yellow Tint Problem Is “Residue From Manufacturing”
  2. Tentang sinyal yang hilang: Apple memberi instruksi untuk tidak memegang/menutupi bagian bawah kiri karena di sana adalah letak antena. Padahal memegang ponsel dengan tangan kiri dan tangan yang memegang menutupi bagian tersebut adalah cara memegang ponsel yang “benar” dan umum dilakukan oleh hampir semua orang di dunia. Yang lebih aneh lagi adalah karena ternyata pada video promosinya sendiri, peraga memegang iPhone 4 dengan cara yang justru “tidak disarankan” oleh Apple sendiri. Fyuh! Perusahaan macam apa ini sebenarnya? You are holding your iPhone 4 the wrong way, you know!

Masih tertarikkah Anda untuk membeli iPhone 4? Kalau jawabannya iya, saya rasa ada yang salah dengan cara berpikir Anda.

Comments
  1. taufik says:

    JJ Anda mungkin orang yang belum pernah mempunyai iphone, saran saya punya dulu baru comment…
    barang laku pasti lah ada keistimewaannya… iya ngga….

  2. if says:

    iphone itu hanya propaganda amrik, tau sendiri kan bagaimana negara adidaya itu. kenapa sblmnya tdk dilakukan kualiti kontrol? curiga jika apple terlalu terburu2 atau terlalu napsu. atau memang tdk ada kemampuan yg nyata dlm menciptakan produk. kasihan deh lu

  3. chen71281 says:

    artikel yang sangat menarik, sejujurnya, kalau dengan seijin bro, boleh gak aku publikasi artikel ini tentang iphone 4,
    Soalnya ada org yang saking gilanya, rela menunggu dan menghabiskan 13 juta untuk unit ini,
    Mending langsung beli laptop.

    Oh yah bro, nanti aku tambahin deh situsnya, jangan dr gizmodo saja, Bisa saja org menyebutkan, oh gizmodo, paling bales dendam karena sakit hati.

    Tq, bro.

  4. JJ says:

    @taufik: memang saya belum pernah memiliki satupun iPhone karena dari sejak awal tidak pernah tertarik sama sekali. Bukan berarti saya tidak mampu beli, tapi buat apa beli sesuatu yang tidak saya suka. Mengenai harga yang mahal memang harus diakui kalau itu bener kan? Dan tulisan ini lebih banyak tentang kegagalan iPhone 4 yang saat ini ramai diberitakan.

  5. JJ says:

    Kayanya terburu-buru, atau mungkin juga terkait dengan isu bahwa pabrik pembuatnya, FoxConn, membayar karyawannya dengan upah yang sangat rendah.

  6. JJ says:

    Silakan bro… dan kalau ada situs lain yang terkait boleh dong di sharing di sini.

  7. if says:

    yg aku tahu, foxconn itu cukup baik pd produknya, contohnya mobo. kemungkinan krn pesanan apple yg begitu banyak dan terburu2, jadinya seperti ini. blm lg pesanan dr perusahaan lain. hal itu jg terjadi di LG sbg penyedia display pd apple, yg ga mampu, dan akhirnya dibantu ama samsung

  8. JJ says:

    @if: Mungkin juga seperti itu. Thanks informasinya.

  9. […] General ← Apple iPhone 4: Si Cantik yang Rawan Rusak dan Gagal Desain – Bagian 1 […]

  10. ilham says:

    perlu kehati2an jg dari para konsumen dalam memilih produk jadi gak kecewa pas tau produknya : ), jadi pengen beli iPhone.

  11. JJ says:

    @ilham: hahaha… kok jadi pengen beli bro? Pengen membuktikan kerusakannya ya?😀

  12. Lu Kwan Ying says:

    13Juta?
    Beli X10 napa.
    Kan X10 Rp.7jutax2=Rp14juta cuma nambah 1 juta dapet 2 beli 1 Hitan 1 Putih kan KEREN.
    Daripada bli I-Phone 4,Jatoh=ANCUR.
    13Juta melayang…

  13. […] Pada Bagian 1 telah dibahas tentang masalah apa saja yang ada pada iPhone 4, kemudian Bagian 2 memuat klarifikasi Apple tentang lemahnya sinyal yang disebabkan oleh perangkat keras. Pada Bagian 3 Apple meralatnya menjadi masalah pada perangkat lunak, yang tentu saja membingungkan semua orang. […]

  14. pbateman says:

    bisa kebeli motor yamaho jupiter. weks.
    beli samsung galaxy s aja dpt 2 :hammer:

  15. Rizal says:

    Beli n8 aja! Lbih keren.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s