Peringkat 5 Besar Vendor Ponsel Di Indonesia

Posted: 15 July 2010 in Chinese Phone, General, LG, Nokia, Other Mobile Phones, Samsung, Sony Ericsson
Tags: , , , ,

Setiap vendor ponsel, terutama merek-merek ternama dan mapan, selalu mengeluarkan laporan keuangan dan hasil penjualannya setiap tiga bulan sekali (per kuartal) secara rutin. Dalam setahun ada 4 laporan yang dikeluarkan, berupa posisi keuangan dan hasil penjualan baik dalam jumlah unit terjual maupun dalam jumlah mata uang tertentu, secara global. Laporan ini dapat dibaca oleh umum karena dipublikasikan melalui berbagai media secara resmi.

Dengan adanya laporan tersebut, kita dapat mengetahui peta kekuatan dan persaingan para vendor ponsel di seluruh dunia. Biasanya akan ada lembaga atau badan tertentu yang merangkum seluruh laporan dan membuat peringkat sampai 5 besar untuk setiap kuartal dan setiap akhir tahun. Sebagai contoh, untuk kuartal pertama tahun ini (Januari – Maret 2010), peringkat 5 besar vendor ponsel dunia adalah berturut-turut mulai dari No. 1 sampai No. 5: Nokia, Samsung, LG, Blackberry, dan Sony Ericsson.

Bagaimana dengan di Indonesia? Di sini, praktis hampir tidak ada laporan resmi dari vendor ponsel manapun mengenai laporan penjualan khusus di dalam negeri yang dipublikasikan secara bebas oleh semua vendor, sehingga agak sulit membuat rangkuman peringkat seperti di atas. Entah kenapa, di Indonesia laporan semacam ini sepertinya merupakan sebuah hal yang tabu untuk dikonsumsi oleh umum.

Tapi untunglah, ada sebuah lembaga bernama Gfx yang merilis laporan hasil penjualan ponsel di Indonesia sampai bulan Mei 2010, meskipun tidak menjelaskan secara lengkap berapa jumlah unit yang terjual, berapa hasil penjualan, dan berapa keuntungan yang diperoleh. Gfx hanya merilis laporan tentang merek mana saja yang masuk ke dalam 5 besar vendor ponsel sampai bulan Mei 2010 tersebut.

Jika secara global Blackberry melakukan lompatan sangat besar sehingga berhasil masuk ke dalam peringkat 4, di Indonesia yang secara kasat mata sangat marak penggunanya ternyata tidak masuk ke dalam peringkat 5 besar. Yang cukup mengejutkan ternyata ada 2 merek “lokal” yang berhasil menyodok ke peringkat 5 besar, masing-masing Nexian di peringkat 3 dan HT Mobile di peringkat 5.

Peringkat 1 masih secara kokoh dipegang oleh Nokia, diikuti dengan Samsung yang memang dalam beberapa bulan terakhir ini semakin gencar melakukan penetrasi pasar. Sony Ericsson yang beberapa tahun lalu sempat bercokol di peringkat 2 harus tergusur ke peringkat 4 dengan pangsa pasar yang hanya berselisih tipis dengan HT Mobile yang ada di bawahnya.

Peringkat 5 besar vendor ponsel di Indonesia per Mei 2010 menurut laporan Gfx adalah:

  1. Nokia: 45%
  2. Samsung: 12%
  3. Nexian: 7%
  4. Sony Ericsson: 5%
  5. HT Mobile: 5% (selisih sedikit dengan Sony Ericsson)

Laporan lengkap dapat di baca di sini: Dua Vendor Ponsel Lokal Masuk 5 Besar.

Comments
  1. LuKwanYing says:

    Wow.
    Sama aja.
    SE urutan 4.

  2. Li Te Hua says:

    Kalau BB masuk peringkat berapa di Indonesia?

  3. JJ says:

    @Li Te Hua: maaf, saya tidak punya informasi tentang peringkat BB di Indonesia… mungkin yang lain bisa bantu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s