Apa Jawaban Apple dan Steve Jobs Terhadap Segala Permasalahan Yang Timbul Dari iPhone 4? Gratis Sarung Handphone! Haaa?

Posted: 17 July 2010 in General, Other Mobile Phones
Tags: , , , ,

Masih ingat kan sama berbagai macam permasalahan yang diderita oleh iPhone 4 yang begitu ramai diberitakan?

Pada tanggal 16 Juli 2010 kemarin, Apple akhirnya menyelenggarakan sebuah konferensi pers untuk menjawab keluhan-keluhan dan kritikan-kritikan yang muncul dari permasalahan tersebut. Apakah semua masalah dibahas? Ternyata TIDAK, hanya masalah antena saja yang dibicarakan di sini. Apple menyebutnya dengan istilah “Antennagate“.

Apakah Apple mengakui bahwa masalah letak antena yang mengganggu sinyal tersebut adalah kesalahan pada desain iPhone 4? Ternyata jawabannya adalah TIDAK. Lalu apa? Apple (melalui  Steve Jobs sang CEO) hanya menyatakan bahwa iPhone 4 bukan sebuah ponsel yang sempuran. Tidak cukup sampai di situ, untuk menunjukkan betapa sombong dan arogannya dia dan Apple, Steve Jobs juga menyebutkan bahwa semua ponsel tidak ada yang sempurna, dari merek manapun.

Wah wah wah…!!! Steve Jobs sepertinya tetap tidak mau mengakui bahwa iPhone 4 adalah produk gagal. Padahal, salah seorang engineer Apple telah menyatakan bahwa pada saat masih prototype, sekitar setahun yang lalu, dia telah mengingatkan Steve Jobs bahwa desain iPhone 4 memiliki masalah dengan antenanya. Entah bagaimana nasib si engineer ini ke depannya, apakah akan bernasib sama, dipecat, seperti seorang pekerja yang diberi tugas melakukan test pada prototype iPhone 4 tapi menghilangkan unit tersebut di toilet sebuah bar dan ditemukan oleh orang lain yang kemudian menjualnya kepada Gizmodo beberapa bulan lalu.

Beberapa laporan di internet menyebutkan bahwa sebuah ‘bumper’ dapat menyelesaikan masalah antena, atau  dengan penambahan sebuah casing/sarung jenis tertentu, atau bahkan dengan menempelkan sebuah selotip pada bagian tertentu di badan iPhone 4. Apakah pemilik iPhone 4 akan rela “merusak” tampilan si cantik dengan menempelkan selotip atau menutupinya dengan sarung yang entah buatan mana demi sempurnanya sinyal ponsel ini? Kalau begitu rasanya akan sangat sia-sialah desain iPhone 4 yang sudah dibuat secantik mungkin tersebut.

Lalu apa jawaban dan tindakan nyata Apple terhadap masalah antena tersebut? Sangat sederhana dan terkesan seadanya. Karena mereka menyadari bahwa mereka tidak dapat memproduksi sebuah bumper, mereka hanya akan memberikan sebuah casing/sarung secara gratis kepada setiap pemilik iPhone 4. Pemilik iPhone 4 dapat memilih casing/sarung yang dikehendaki dan Apple akan membayarnya untuk mereka. Untuk yang sudah terlanjur membeli casing/sarung sendiri, Apple akan memberikan penggantian uang yang digunakan untuk membeli casing/sarung tersebut. Hah? Berapa sih harga casing/sarung, bukan buatan Apple, kalau dibandingkan harga iPhone 4 itu sendiri? Saya yakin tidak semua orang mau repot-repot mengurus tetek bengek administrasi hanya untuk mendapat uang pengganti sebuah casing/sarung.

Ada beberapa hal lain yang tak kalah menariknya dari konferensi pers yang dilakukan oleh Apple kemarin. Mereka membandingkan iPhone 4 dengan ponsel-ponsel dari merek lain pada saat dipegang dengan tangan menutupi bagian sebelah kiri bawah dan akibatnya terhadap kekuatan sinyal. Ponsel-ponsel lain tersebut adalah BlackBerry Bold 9700, HTC Droid Eris, and Samsung Omnia II. Dan hasilnya, menurut Steve Jobs, semua ponsel tersebut “tidak sempurna”. Apakah etis membandingkan dengan produk lain seperti ini? Well, kita tunggu saja tanggapan dari para pemilik merek-merek lain tersebut. Setidaknya yang sudah memberikan tanggapan sampai saat ini adalah RIM Blackberry (lihat di daftar berita terkait di akhir tulisan ini).

Kepada para penggemar iPhone, well, apakah Anda semua masih berminat dengan iPhone 4?

Berita-berita terkait:
Top Apple Engineer Warned Jobs About iPhone 4 Antenna Problems
Apple Will Give Free Bumpers to iPhone 4 Owners
The Apple press conference round up…
Apple posts video from July 16th press conference
Apple gets all defensive, free iPhone 4 cases for everyone
Apple to give away free cases to iPhone 4 users
Apple posts iPhone 4 press conference video, ‘smartphone antenna performance’ page
Apple affirms: no software fix for iPhone 4 antenna issue
Inside Apple’s ‘black lab’ wireless testing facilities
RIM co-CEOs pull no punches responding to Apple’s antenna statements
RIM angry at Apple over press conference; calls use of BlackBerry phone “unacceptable”
RIM co-CEOs: Apple’s attempt to draw RIM into self-made debacle unacceptable

Comments
  1. LuKwanYing says:

    Dasar Steve Jobs.
    Banyak Alibi(Alasan)nya.
    Bikin orang emosi aja orang itu.

  2. Apakah nama jalan tempat Anda tinggal semasa kecil?

  3. JJ says:

    @ryanmvanq@yahoo.co.id: maksud pertanyaan kamu apa ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s