Dualisme Forum Ponsel: Sampai Kapan Dan Buat Apa?

Posted: 29 August 2010 in General
Tags:

Salah satu forum lokal favorit saya adalah Forum Ponsel. Saya bergabung di forum ini sejak 30 April 2006, dan masih sangat aktif sampai beberapa hari yang lalu.

Selama berkecimpung di forum tersebut, saya sempat mengalami perubahan format forum yang dilakukan beberapa tahun lalu.

Perubahan yang dilakukan waktu itu saya rasakan membuat forum ini menjadi lebih baik, lebih nyaman dikunjungi dan juga lebih memudahkan dalam melakukan pencarian karena tetap dibuat dalam format kelompok untuk masing-masing merek ponsel dan juga adanya pemisahan antara forum untuk diskusi dengan jual beli. Memang masih ada kekurangan seperti fasilitas pencarian yang kurang baik, tapi secara keseluruhan dapat dikatakan sangat bagus.

Mulai tanggal 22 atau 23 Agustus 2010 yang lalu, pemilik forum tersebut melakukan perubahan besar-besaran pada tampilan dan struktur forum. Tampilan forum yang baru, menurut pemiliknya, dibuat dengan inspirasi dari sebuah forum tanya jawab khusus programmer komputer yang bernama Stack Overflow, yang mempunyai ciri khas pada sistem tagging, yaitu setiap post diberi identifikasi berupa tag dan pengelompokkan dapat dilakukan dengan cara meng-klik pada setiap jenis tag.

Apa yang kemudian terjadi? Tampilan awal forum bukan lagi berupa kelompok merek-merek ponsel dan jenis diskusi lain tetapi berupa post apa saja yang paling akhir muncul atau aktif, dari merek mana saja ataupun dari penjual dan pembeli mana saja. Untuk mencari sub-forum dari merek tertentu kita harus melakukan beberapa kali klik pada tag yang tersedia sampai ditemukan apa yang kita cari. Itupun masih banyak sekali kemungkinan bahwa isi thread yang muncul tercampur antar-merek dan juga jual beli.

Nyaman? Tentu saja TIDAK.

Pada awal peluncurannya, pemilik forum memberikan kesempatan bagi pengunjung atau member untuk memberikan feedback yang disampaikan melalui email. Selain itu, forum dengan tampilan lama masih bisa diakses meskipun dengan url yang berbeda dengan tampilan baru, bahkan diberikan link langsung pada bagian bawah forum baru untuk mengakses forum yang lama.

Ada 2 thread paling aktif saat ini di forum lama, yaitu Alpha test Forumponsel Next Generation di sub-forum Seputar Forumponsel dan ngebahas FP next generation..?? disini yu.. di sub-forum Out of Topic.

Thread yang pertama, yang dibuat oleh pemilik forum dimaksudkan sebagai tempat untuk memperoleh feedback dari para member. Hampir seluruh member merasa keberatan dengan format forum yang baru karena merasa bingung dan tidak nyaman serta kesulitan dalam mengikuti strukturnya. Dari puluhan pendapat yang masuk hanya 2 orang saja yang setuju, selebihnya tidak setuju.

Demikian pula di sub-forum OOT, seluruh member yang memberikan komentar menolak format baru dengan berbagai macam alasan dan menginginkan agar format lama tetap dipertahankan.

Tapi entah mengapa, pemilik forum tetap pada pendiriannya untuk melakukan perubahan dengan alasan perkembangan gadget yang sangat pesat, ingin menjadikan Forumponsel menajdi lebih dewasa, dan ingin agar para membernya menjadi member yang terbiasa dengan sistem tagging seperti yang sedang menjadi trend di luar negeri.

Perlu diketahui bahwa meskipun format baru dan format lama forum ini aktif secara bersamaan, tetapi tidak ada sinkronisasi antara keduanya, dalam artian post baru di format lama tidak akan muncul di format baru, demikian juga sebaliknya.

Sejak perubahan format forum, forum yang baru bisa dikatakan sangat sepi, dan forum yang lama juga sama sepinya, kecuali dua buah thread di atas, dan sebagian kecil sub-forum lainnya.

Entah bagaimana nasib forumponsel ke depannya. Kita lihat saja nanti.

Comments
  1. krisna says:

    gak pa2 wis, yg penting akur!

  2. Sugeng says:

    Yang lamanya buat referensi kali aja dan kenang2an mungkin?
    Gua malah lebih suka yang baru. lebih kenceng dan lebih luas informasi yang didapat. Kalau yang dulu, repot. Bravo new FP!

  3. […] Salah satu forum lokal favorit saya adalah Forum Ponsel. Saya bergabung di forum ini sejak 30 April 2006, dan masih sangat aktif sampai beberapa hari yang lalu. Selama berkecimpung di forum tersebut, saya sempat mengalami perubahan format forum yang dilakukan beberapa tahun lalu. Perubahan yang dilakukan waktu itu saya rasakan membuat forum ini menjadi lebih baik, lebih nyaman dikunjungi dan juga lebih memudahkan dalam melakukan pencarian karena … Read More […]

  4. JJ says:

    @krisna: justru gak akur bro antara yang old sama yang new karena masing2 jalan sendiri2, gak nyambung…
    @Sugeng: ya masing2 punya preferensi sendiri sih, buat gw lebih enak yang lama, tapi kalau bro rasa yang baru lebih enak, silakan jalan dan selamat posting ya…
    @Dunia Digital: thanks bro.

  5. info Yamaha says:

    sepertinya terlalu cepat beberapa tahun dng sistem kayak gtu😀

  6. JJ says:

    @info Yamaha
    Setuju

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s