Sony Ericsson: Selamat Tinggal Symbian, Froyo Hanya Untuk Produk Baru, X12 Dijadwalkan Untuk Februari 2011

Posted: 27 September 2010 in Candybar, Entertainment Unlimited, News, QWERTY, Rumor, Sony Ericsson, Symbian, Symbian Foundation, Symbian S60, Touchscreen, Windows Phone, XPERIA
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Beberapa informasi terbaru seputar telepon selular dari Sony Ericsson.
1. Selamat Tinggal Symbian
2. Froyo Tidak Direncanakan Untuk Smartphone Yang Sudah Ada
3. Xperia X12 Akan Dirilis bulan Februari 2011

1> Selamat Tinggal Symbian

Sony Ericsson memulai sebuah seri yang bernama Entertainment Unlimited dengan merilis Satio yang menggunakan sistem operasi Symbian S60 edisi ke-5 atau dikenal dengan nama Symbian ^1 yang merupakan generasi pertama dari Symbian Foundation. Satio kemudian diikuti oleh Vivaz dan Vivaz Pro yang menggunakan sistem operasi yang sama. Beberapa bulan telah berlalu sejak kemunculan 3 buah handphone Entertainment Unlimited tersebut, Nokia pun akhirnya akan segera merilis sebuah smartphone yang menggunakan Symbian ^3, generasi berikutnya dari Symbian Foundation, dengan peluncuran N8-00 yang direncanakan akhir bulan ini.

Sony Ericsson sampai saat ini dikabarkan sudah mempunyai 3 buah prototype smartphone dengan sistem operasi Symbian, meskipun belum diketahui apakah akan tetap menggunakan Symbian ^1 ataukah sudah di-upgrade ke Symbian ^3. Salah satu dari ketiga prototype tersebut adalah penerus Satio.

Tapi sebuah berita yang cukup menghebohkan bergulir sejak 3 hari lalu pada saat Chief Technology Officer Sony Ericsson, Jan Uddenfeldt, membuat pernyataan dalam sebuah koran teknologi Swedia yang bernama Ny Teknik, bahwa Sony Ericsson tidak mempunyai rencana untuk merilis smartphone Symbian baru. Hal ini juga dibenarkan oleh juru  bicara Sony Ericsson London, Aldo Liguori, melalui percakapan telepon dengan Business Week.

Dengan demikian dapat dipastikan bahwa ketiga buah prototype di atas pengembangannya sudah dihentikan. Di sisi lain, Sony Ericsson akan fokus pada sistem operasi Android untuk mengejar target yang telah dicanangkan oleh CEO Bert Norberg untuk menjadi pemimpin pasar Android secara global.

Selamat tinggal Symbian…

2> Froyo Tidak Direncanakan Untuk Smartphone Yang Sudah Ada

Eldar Murtazin dari Mobile-Review dalam artikelnya Splinkin #86 memberikan konfirmasi mengenai rumor yang selama ini beredar terkait dengan bocornya roadmap android untuk keluarga X10 dan X8 bahwa Sony Ericsson tidak memiliki rencana untuk memberikan upgrade sistem operasi lebih lanjut pada smartphone Android yang ada sekarang selain hanya sampai pada versi 2.1 (Eclair). Hal ini dikarenakan pada bulan Februari 2011 perusahaan ini akan merilis X12 yang menggunakan Android versi 2.2 (Froyo).

Seperti banyak beredar beberapa hari ini, upgrade sistem operasi ke versi 2.1 untuk keluarga X10 dan X8 dijanjikan akan diberikan mulai akhir Oktober 2010.

3> Xperia X12 Akan Dirilis bulan Februari 2011

Artikel Eldar Murtazin yang disebut pada point 2> di atas juga sekaligus memberikan konfirmasi pada rumor mengenai Xperia X12, yaitu mengenai jadwal rilis pada bulan Februari 2011. Tidak disebutkan apakah benar bahwa bulan November merupakan jadwal pengumumannya, tapi jika melihat pada rentang waktunya, kemungkinan besar bulan November adalah waktu yang tepat untuk mengumumkan X12. Sayangnya artikel tersebut tidak menyebutkan mengenai kapan X11 akan diumumkan atau dirilis.

Comments
  1. […] sepertinya semakin kalah pamor dari sistem operasi lain semisal Android ataupun iOS. Setelah Sony Ericsson, kini giliran Samsung yang juga mengucapkan selamat tinggal pada Symbian. Ini artinya kita tidak […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s