Sony Ericsson Hanyalah Partner Windows Phone 7. Mengapa Sony Ericsson Tidak “Diakui” Sebagai Produsen Smartphone Android Oleh Google? (Update: SE Akan Merilis Windows 7, X10 Akhirnya Muncul Di Dalam Daftar Google Phone)

Posted: 30 September 2010 in General, HTC, LG, Other Mobile Phones, Rumor, Samsung, Sony Ericsson, Touchscreen, Windows Phone, XPERIA
Tags: , , , , ,

Microsoft punya “mainan” baru: Windows Phone 7. Meskipun rumor dan beberapa bocoran handset serta user interface dari OS-nya sudah beredar sejak lama, tapi baru pada tanggal 11 Oktober 2010 nanti Microsoft akan menyelenggarakan event khusus secara resmi untuk mengumumkan keberadaan sistem operasi terbarunya ini. Dan direncanakan dalam waktu hanya 10 hari sejak event tersebut, yaitu 21 Oktober 2010, smartphone pertama akan beredar di Eropa. Wilayah Amerika akan mendapat kesempatan berikutnya pada tanggal 8 November 2010. Belum ada keterangan resmi kapan wilayah lainnya seperti Asia Pasifik akan dapat menikmati sistem operasi versi terbaru dari Microsoft ini.

Event Windows Phone 7 ini akan diselenggarakan di London, jam 2 sore waktu setempat.

Beberapa produsen handphone telah secara resmi menjadi partner Microsoft dalam memproduksi dan memasarkan smartphone Windows Phone 7, di antaranya adalah HTC, Samsung, dan LG. Bocoran dari beberapa produk pun sudah beredar, semisal LG Optimus 7, HTC Mondrian, dan lain-lain.

Ada informasi yang menarik tapi cukup membingungkan yang ditulis oleh MyMicrosoftLife, yaitu pada saat pemilik situs ini berbicara dengan head of marketing Microsoft UK, Oded Ran. Sebelumnya disebutkan bahwa Sony Ericsson sedang mengembangkan paling tidak satu buah handset dengan sistem operasi Windows Phone 7. Beberapa saat kemudian, situs ini meralat pernyataan tersebut dengan mengatakan bahwa terdapat salah pengertian dari pembicaraan tersebut, yaitu yang dimaksud oleh Oden Ran adalah bahwa Sony Ericsson hanyalah merupakan salah satu partner Windows Phone 7. Silakan baca berita lengkapnya di sini: Finally getting to meet Windows Phone 7, some news (Update: Sony Ericsson just a partner).

Jika Sony Ericsson hanyalah partner dan tidak sedang mengembangkan satupun handset dengan OS tersebut, lalu bagaimanakah jenis kemitraan yang sebenarnya terjadi antara Sony Ericsson dengan Microsoft untuk Windows Phone 7? Membingungkan. Mudah-mudahan ini hanyalah merupakan kesalahpahaman atau sekedar untuk menunda informasi tentang handset Windows Phone 7 dari Sony Ericsson yang tidak akan mungkin dapat tersedia sesuai jadwal di atas.

Bertentangan dengan berita di atas, SE-NSE Blog menginterpetasikan berita tersebut menjadi sebuah kemungkinan bahwa Sony Ericsson memang sedang mengembangkan paling tidak satu buah handset Windows Phone 7.

Sebelumnya ramai diberitakan sebuah rumor bahwa Sony Ericsson sedang mengembangkan Xperia™ X11 yang berbasis Windows Phone 7 dengan desain QWERTY slider, yang kemungkinan besar adalah handset dengan code name Jolie. Mudah-mudahan yang dimaksud dengan berita yang simpang siur di atas yang sebenarnya adalah seperti yang disebutkan oleh SE-NSE Blog.

Beberapa hari yang lalu, terdapat suatu kondisi yang sangat kontradiktif dengan target Sony Ericsson untuk menjadi pemimpin pasar Android karena di pihak lain bahkan Google sendiri pun sama sekali belum “mengakui” keberadaan Sony Ericsson dalam percaturan sistem operasi Android. Pada saat tulisan ini pertama kali dibuat, pada situs Google Phone Gallery, belum ada satupun handset Android dari Sony Ericsson berada di dalam daftar. Beberapa hari kemudian, situs tersebut akhirnya menampilkan Xperia X10 di dalam daftarnya. Xperia X10 adalah satu-satunya − sampai saat ini − handset Android dari Sony Ericsson yang dirilis di Amerika Serikat bekerja sama dengan operator AT&T.

Comments
  1. alvin says:

    ah, ada kok, coba cek lagi.

  2. JJ says:

    @alvin: berarti baru di-update. Pas aku nulis ini X10 belum ada di list tuh.

  3. alvin says:

    oh, iya, waktu itu aku juga lihat tapi sony ericsson satupun nggak ada.

  4. alvin says:

    udah ada X8, X10 mini pro, dan X10 mini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s