Kuartal ketiga tahun 2010 ini sepertinya banyak memberikan perubahan pada peta persaingan telepon seluler secara global. Sony Ericsson berhasil menambah keuntungan meskipun unit yang terjual berkurang, demikian pula halnya dengan Nokia yang mengalami banyak penurunan pangsa pasar meskipun masih menghasilkan keuntungan. Sony Ericsson sejauh ini masih bisa bertahan berkat banyaknya smartphone yang terjual, terutama yang berbasis sistem operasi Android.

Android pulalah yang berhasil menyelamatkan Motorola dari ancaman kebangkrutan. Setelah didera kerugian yang sangat besar dalam beberapa tahun terakhir, Motorola akhirnya berhasil juga mencatat keuntungan meskipun sangat kecil, hanya 3 juta dollar Amerika saja. Kondisi ini terjadi berkat banyaknya smartphone Android yang mereka produksi dan terjual, meskipun sebagian besar hanya laku di wilayah Amerika.

LG yang pada tahun lalu dan setengah tahun ini mencatat rekor fantastis dalam hal keuntungan dan penjualan, pada kuartal ketiga tahun 2010 ini kurang terdengar gaungnya. Hasilnya adalah laporan keuangan dan hasil penjualan yang buruk yang terjadi pada divisi Mobile-nya. Terjadi penurunan jumlah unit terjual dari tahun lalu dan dari kuartal sebelumnya yang cukup banyak, bahkan mengalami kerugian secara finansial. Meskipun demikian, secara keseluruhan perusahaan, yaitu LG Electronics, masih mencatat keuntungan berkat hasil penjualan yang bagus di divisi lainnya. Satu hal lagi, posisi peringkat ketiga vendor ponsel dunia masih tetap dapat dipertahankan.

Di kuartal ketiga 2010 ini, hasil yang bagus dicatat oleh 2 vendor dari benua Amerika: Apple dan Blackberry. Apple berhasil menjual 14.1 juta unit iPhone, yang merupakan rekor penjualan tertinggi dalam sejarah iPhone, bahkan berhasil melampaui penjualan Blackberry. Blackberry sendiri meskipun kali ini dilampaui oleh Apple, mencatat hasil penjualan tertinggi dengan jumlah handset terjual sekitar 12.4 juta unit.

Sumber:
IDC: Apple passes RIM to become fourth largest mobile phone vendor globally as Nokia, LG, and Sony Ericsson struggle (engadget)
Motorola’s mobile department posts its first profit in three years
LG Mobile reports poor Q3 results, LGE still holding strong

Comments
  1. […] Baca juga: Sony Ericsson Di Kuartal Ketiga 2010: Untung Tapi Buntung! Nokia Di Q3 2010: Masih Untung, Tapi Pangsa Pasar Menurun. Restrukturisasi dan Pengurangan Karyawan Pun Akan Dilakukan Q3 2010: Apple Melonjak Drastis, Blackberry Tambah Laku, Motorola Mulai Menghasilkan Keuntungan, LG … […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s