Update Android 2.1 Eclair Untuk Sony Ericsson Xperia™ X10, X10 Mini, Dan X10 Mini Pro Sudah Tersedia. Pengguna Xperia™ X8 Masih Harus Bersabar Sampai Akhir Tahun (Atau Tahun Depan?)

Posted: 7 November 2010 in Candybar, Entertainment Unlimited, News, Sony Ericsson, Touchscreen, XPERIA
Tags: , , , , , , , ,

Seperti pernah ditulis sebelumnya bahwa update Android 2.1 Eclair untuk Xperia™ X10, X10 Mini, dan X10 Mini Pro sudah tersedia sejak tanggal 1 November 2010 yang lalu. Update ini tidak diberikan secara bersamaan untuk seluruh dunia, tapi diluncurkan secara bertahap berdasarkan region, Sony Ericsson menyebutnya dengan istilah “kits“.

 

Menurut Sony Ericsson Product Blog, kits pertama yang diluncurkan adalah untuk wilayah Nordics. Kemudian akan menyusul kits untuk wilayah Rusia, Singapura, Indonesia dan beberapa negara Afrika.

Perlu diketahui juga bahwa kits yang dimaksud di atas belum tentu bisa diperoleh secara bersamaan untuk ketiga produk keluarga Xperia™ X10. Sebagai contoh, jika hari ini update untuk X10 Mini sudah tersedia di Indonesia, belum tentu update untuk X10 atau X10 Mini Pro tersedia pada hari yang sama. Agak membingungkan memang.

Dan menurut informasi terakhir dari Sony Ericsson Product Blog, sampai tanggal 5 November 2010 telah diluncurkan kits untuk update X10 Mini di negara-negara atau wilayah berikut: UK, China, Baltics, Belgia, Perancis dan India, serta untuk beberapa operator tertentu di wilayah Nordics, Australia, Perancis dan Yunani.

Untuk wilayah/negara lain hanya tinggal menunggu waktu saja. Tapi penantian update Android datang untuk X10, X10 Mini, dan X10 Mini Pro ini hanya dalam hitungan hari saja.

Hal di atas sangat berbeda dengan nasib yang dialami oleh pengguna Xperia™ X8, karena seperti dilaporkan oleh PC World, menurut juru bicara Sony Ericsson, update Android 2.1 Eclair untuk Xperia™ X8 baru akan tersedia sebelum akhir tahun 2010. “Sebelum” akhir tahun bisa berarti tanggal 31 Desember 2010 bukan? Dan jika mengikuti jalur pendistribusian update keluarga X10 seperti di atas, bisa jadi tanggal 31 Desember adalah kits pertama, dan kits berikutnya tentu saja akan datang di tahun 2011.

Well, better late than never. Mungkin prinsip inilah yang dianut oleh Sony Ericsson.

Selamat menikmati “kue kering” bagi yang sudah mendapatkannya.

Sumber:
Xperia Software Update (Sony Ericsson Product Blog)
More Info on the Updates (Sony Ericsson Product Blog)
More Xperia Kits Updated (Sony Ericsson Product Blog)
Sony Ericsson’s X8 Will Get Android 2.1 Before Year End (PC World)

Picture courtesy of SE-First.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s