Rumor Produk Baru Sony Ericsson: Anzu, Penerus Vivaz, Vivaz Pro, X10 Mini, X10 Mini Pro, Yendo, Dan Lain-lain

Posted: 10 November 2010 in Sony Ericsson
Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Smartphone Android flagship andalan Sony Ericsson, Xperia™ X10, dikabarkan akan memiliki penerus dengan ukuran layar yang lebih besar. Jika X10 saat ini memiliki layar yang sudah bisa dikatakan sangat besar, yaitu 4 inci, maka penerusnya akan memiliki layar berukuran 4,3 inci. Sudah pasti ukuran badannya secara keseluruhan akan menjadi lebih besar. Tapi menurut informasi dari Xperia X10 Blog, penerus X10 yang memiliki codename Anzu ini akan lebih tipis daripada X10. Anzu saat ini disebut-sebut sebagai Xperia™ X12 yang rumornya sempat beredar sejak beberapa waktu lalu (tentu saja berbeda dengan Cliaro yang dikabarkan akan memiliki kamera 16 megapixel itu).

Xperia X10 Blog kemarin memuat bocoran photo dari Anzu tersebut dalam artikel berikut: Sony Ericsson ANZU – X10 successor caught in the wild? dan dilanjutkan hari ini dengan beberapa photo tambahan pada artikel: More details and pics of the Sony Ericsson ‘ANZU’.

Beberapa spesifikasi dari Anzu yang dimuat pada artikel di atas di antaranya:

  • Codename: Anzu
  • Layar: 4,3 inci
  • HDMI Output Port
  • Video recording dengan resolusi HP 1080p
  • Kamera depan untuk video call
  • Sangat tipis
  • Loudspeaker dan earpiece lebih kencang daripada X10
  • Ada kemungkinan akan dirilis di bawah sub-brand BRAVIA (bukan lagi XPERIA)
  • Jadwal rilis: Q1 2011 (Januari-Maret 2011)

Sony Ericsson Anzu pada photo yang beredar saat ini terlihat masih menggunakan sistem operasi Android versi 2.1 (Eclair) dengan Kernel versi 2.6.29. Akan tetapi, sumber yang dapat dipercaya menyebutkan bahwa Android versi 2.3 (Gingerbread) akan digunakan pada saat Anzu secara resmi diluncurkan di sekitar kuartal pertama tahun 2011 nanti. Mudah-mudahan informasi ini benar, jangan sampai terjadi lagi seperti X10 yang dirilis dengan versi Android yang sudah ketinggalan jaman.

Photo-photo Sony Ericsson Anzu




Selain Anzu, bocoran tentang produk Sony Ericsson untuk tahun 2011 yang didapat dari akun twitter Eldar Murtazin dari Mobile-Review adalah:

  • Penerus Vivaz dan Vivaz Pro, tapi sistem operasinya bukan lagi Symbian melainkan diganti dengan Android versi 2.1 (saat ini, dan akan di-upgrade ke versi 2.3 nantinya). Jadwal rilis bulan Maret 2011 dengan perkiraan harga antara 300-330 Euro.
  • Penerus X10 Mini dan X10 Mini Pro, dengan desain lebih tipis, layar lebih lebar, sistem operasi Android versi 2.3, CPU lebih cepat, dan tetap memiliki UI khas Sony Ericsson yaitu 4-corner navigation. Jadwal rilis pada bulan Maret-April 2011 dengan perkiraan harga antara 200-250 Euro
  • Penerus Yendo dengan tambahan QWERTY keyboard, diposiskan pada kelas low-end, dan tanpa sub-brand Walkman seperti Yendo saat ini. Seperti halnya Yendo, penerusnya juga tidak akan diproduksi langsung oleh SE, melainkan secara ODM (mungkin oleh Sagem atau Arima seperti biasanya). Jadwal rilis pada bulan Juni 2011 dengan harga sekitar 140 Euro.
  • Akan ada seri Walkman dengan sistem operasi Android. Sayangnya SE masih belum juga menerapkan dedicated audio chip pada seri Walkman-nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s