Codename Dari 11 Handphone Baru Sony Ericsson Untuk Tahun 2011: Sebagian Besar Menggunakan Nama Buah-buahan

Posted: 13 November 2010 in Sony Ericsson
Tags: ,

Mengulang kalimat yang saya buat sendiri pada halaman Codenames:

Pada saat masih prototype atau tahap pra-produksi – sebelum suatu produk handphone diberi nama atau nomor index  resmi – setiap handphone yang akan diproduksi oleh Sony Ericsson diberi kode nama (codename) tertentu. Pada masa-masa awal Sony Ericsson berdiri, codename tersebut biasanya diambil dari nama-nama depan wanita yang umum dipakai di Eropa. Kemungkinan hal ini meneruskan tradisi yang sebelumnya dilakukan oleh Ericsson – salah satu anggota joint venture Sony Ericsson. Setelah Sony Ericsson menjadi sponsor utama pertandingan tennis professional WTA (Women Tennis Association), codename untuk handphone sebagian besar diambil dari nama depan para petenis wanita yang menjadi anggota WTA, meskipun ada sebagian yang diambil dari nama non-petenis, tetapi nama yang dipakai tetap nama wanita. Beberapa codename juga mengambil nama wanita Jepang, mempertimbangkan keterlibatan Sony dalam hal desain handphone untuk Sony Ericsson.

Akhir-akhir ini, codename untuk handphone Sony Ericsson tidak lagi hanya menggunakan nama depan petenis wanita WTA, bahkan tidak hanya nama wanita saja tetapi nama laki-laki pun mulai dipakai sebagai codename.

Akhir-akhir ini ada kecenderungan baru dalam penggunaan codename oleh Sony Ericsson: lebih beragam, bervariasi dan bermacam-macam, tidak hanya nama orang (wanita ataupun pria) tapi bisa nama apa saja: nama makanan (TeaCake untuk Yendo), nama jenis musik (Samba untuk Spiro), kata dan nama dalam bahasa China (Tao untuk Zylo, Hong untuk Cedar, dan lain-lain).

Dan kali ini, muncul sederet nama buah-buahan serta 1 nama dewa Yunani dalam fortpolio Sony Ericsson untuk tahun 2011 nanti.

Berikut adalah daftar codename yang menurut rumor sedang dipersiapkan oleh Sony Ericsson untuk dirilis tahun depan:

  • Akane → nama wanita Jepang, tapi bisa juga berarti salah satu jenis “Apple”
  • Anzu → nama wanita Jepang yang artinya “Apricot”
  • Hallon → salah satu jenis Raspberry
  • Iyokan → “Citrus” khas Jepang
  • Lychee → “Lychee” alias Leci
  • Mango → “Mango” alias Mangga
  • Smultron → salah satu jenis “Strawberry”, yaitu strawberry liar
  • Zeus → nama dewa dalam mitos Yunani
  • Mogami → nama sungai di Jepang
  • Monika → nama wanita yang umum di banyak negara
  • Cliaro → ?

Seperti pernah ditulis sebelumnya, Anzu adalah penerus Xperia X10 yang memiliki layar lebih lebar dengan desain lebih tipis. Sementara sebagian dari codename-codename lainnya bisa jadi merupakan apa yang dirumorkan sebagai penerus Vivaz/Vivaz Pro, X10 Mini/X10 Mini Pro, dan Yendo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s