Akhirnya… Meskipun Telat, Multi Touch (Pinch Zoom) Akan Segera Menyapa Sony Ericsson Xperia™ X10… Tapi Dengan Fitur Terbatas… Tahun Depan.

Posted: 17 November 2010 in Sony Ericsson, Touchscreen, XPERIA
Tags: , , , , ,

Xperia™ X10 adalah (masih) menjadi flagship Sony Ericsson saat ini. Sejak diumumkan tepat setahun yang lalu, smartphone Android pertama dari Sony Ericsson ini sering menjadi bahan pembicaraan di berbagai media dan forum. Banyak hal positif yang diperbincangkan, tapi tak sedikit pula hal yang negatif. Secara spesifikasi hardware, sebenarnya X10 sangat layak menjadi jagoan Android, namun sayang banyak sekali keterbatasan dalam masalah software yang menghambatnya menjadi favorit.

Interface khas Sony Ericsson yang menghadirkan TimeScape dan MediaScape menjadi penghalang bagi X10 untuk segera “mencicipi” Eclair. Pada saat vendor lain seperti HTC, Samsung, atau Motorola sudah sejak lama bercengkerama dengan Eclair, kemudian Froyo, X10 masih saja berkutat dengan Donut. Tapi sampai juga akhirnya waktu bagi X10 untuk berkenalan dengan Eclair, meskipun masih saja ada keterbatasan dalam beberapa hal.

Satu hal lain yang sejak dulu ramai diperdebatkan adalah kemampuan X10 untuk melakukan multitouch. Suatu waktu, beberapa sumber mengatakan bahwa X10 bisa melakukan multi touch, tapi kemudian dibantah oleh Sony Ericsson, dengan alasan keterbatasan hardware. Akhirnya setelah itu para penggemar Sony Ericsson hanya bisa gigit jari menyaksikan betapa vendor lain menggelontor jagat Android dengan smartphone yang dapat melakukan multitouch, meskipun kelasnya di bawah X10.

Beberapa keterbatasan di atas bisa jadi merupakan penyebab mengapa X10 (dan juga kedua versi Mini-nya) tidak mampu mengangkat pangsa pasar Sony Ericsson, bahkan semakin terpuruk dan keluar dari posisi 5 besar.

Tapi sekarang muncul harapan baru setelah Sony Ericsson Product Blog memberitakan bahwa Sony Ericsson saat ini sedang mengerjakan update agar X10 dapat melakukan pinch to zoom. Sayangnya, tidak seperti smartphone lain yang full multi touch, X10 nantinya hanya dapat merespon pinch to zoom untuk melakukan browsing dengan web browser atau melakukan zoom pada aplikasi Google Maps saja. Well, lebih baik ada dan terbatas daripada tidak sama sekali bukan?

Saksikan videonya di bawah ini.

Hal lain yang sangat disayangkan adalah mengapa hal ini baru muncul sekarang. Dengan rencana rilis update pada kuartal pertama tahun depan, artinya sudah setahun sejak X10 diluncurkan pertama kali, tentunya hal ini sangat terlambat jika kita melihat kebiasaan Sony Ericsson yang sering menghentikan produksi suatu handphone jika penerusnya sudah dirilis. Dan biasanya handphone penerusnya akan muncul setahun kemudian. Penerus X10 yang akan muncul di kuartal pertama tahun 2011, saat ini disebut sebagai Anzu atau X12.

Sekali lagi, prinsip “better late than never” masih menjadi panutan Sony Ericsson.

Sumber: Work Ongoing on Pinch Zoom for Xperia X10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s