Modern Messaging System: Sistem Perpesanan Modern Dari Facebook

Posted: 17 November 2010 in General, Lifestyle
Tags: , , , , ,

Tepat seperti yang diprediksi bahwa pada Facebook Messaging Event yang diadakan di San Francicso tanggal 15 November 2010, CEO Mark Zuckerberg mengumumkan sebuah sistem perpesanan baru yang mirip email. Zuckerberg menyebutnya sebagai Modern Messaging System. Menurut dia, ini bukanlah email, tapi lebih dari sekedar email.

Dasar dibuatnya platform perpesanan baru ini, menurut Zuckerberg, adalah karena sebanyak 350 juta dari 500 juta pengguna Facebook sering menggunakan fitur pesan yang ada di dalam Facebook, termasuk fitur chatting. Angka 350 juta adalah lebih dari setengah pengguna Facebook dan melebihi pengguna email dari Gmail (193.3 juta), Hotmail/Windows Live (361.7 juta) dan Yahoo! Mail (273.1 juta).

Baca: Facebook: 350M People Using Messaging; More Than 4B Messages Sent Daily

Modern Messaging System

Jadi, apakah yang dimaksud dengan Facebook Messages? Zuckerberg menyebutnya sebagai Modern Messaging System, sistem perpesanan modern yang lebih dari sekedar email. Email hanya menjadi salah satu bagian dari sistem baru tersebut. Simak apa yang dikatakan Zuckerberg berikut ini:

“This is not an email killer. This is a messaging experience that includes email as one part of it,” Zuckerberg said. It’s all about making communication simpler. “This is the way that the future should work,” he continued.

Tiga faktor kunci dari Facebook Messages adalah: Seamless Messaging, Conversation History, dan Social Inbox. Melakukan komunikasi melalui Facebook messages dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti: email, chat, atau SMS. Seluruh percakapan dari berbagai cara tersebut akan tersimpan di dalam satu Social Inbox, di mana history-nya pun akan tersimpan di tempat yang sama.

Baca selengkapnya di sini: Facebook: 350M People Using Messaging; More Than 4B Messages Sent Daily

Facebook Messages: Email Killer?

Beberapa kalangan memprediksi bahwa sistem perpesanan baru ini akan menjadi “pembunuh” sistem email yang ada sekarang, bahkan lebih spesifik lagi entah apa alasannya, menjadi Gmail Killer. Lalu apa tanggapan Mark Zuckerberg mengenai pendapat ini?

“This is not an email killer. This is a messaging experience that includes email as one part of it,” Zuckerberg said.

Lebih jauh dia mengatakan bahwa jika suatu saat nanti sistem perpesanan baru ini akan mengubah kebiasaan orang dan menyebabkan menurunnya pamor email, menurut dia itu akan menjadi hal yang bagus.

Simak lebih lanjut di sini: Zuckerberg: Our System Is Not An Email Killer. But If It Dies As A Result…

Facebook Messages

Lalu bagaimana caranya jika seorang pengguna Facebook ingin mencoba menggunakan sistem perpesanan baru ini?
Silakan gabung di sini: Facebook Messages dan klik link untuk mendapatkan invitation yang ada pada Wall halaman tersebut.

Sumber (semua dari TechCrunch):
Facebook: 350M People Using Messaging; More Than 4B Messages Sent Daily
Facebook: 350M People Using Messaging; More Than 4B Messages Sent Daily
Zuckerberg: Our System Is Not An Email Killer. But If It Dies As A Result…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s