Mobile-Review Merilis Preview (First Look) Untuk Sony Ericsson Anzu (Xperia™ X12)

Posted: 18 November 2010 in Candybar, Rumor, Sony Ericsson, Touchscreen, XPERIA
Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Situs berbahasa Rusia, Mobile-Review (www.mobile-review.com), yang dimotori oleh Eldar Murtazin memang sering menghadirkan hal-hal yang bersifat memancing provokasi. Dulu, dia dikenal sebagai pemuja Sony Ericsson. Di masa-masa jayanya Sony Ericsson, Eldar − yang secara tak diduga ternyata pernah menjadi member Forum Ponsel − sering sekali memberikan review yang sangat positif pada produk Sony Ericsson. Lama berselang, pada saat Sony Ericsson mulai melemah dan produknya banyak bermasalah, dia berubah menjadi sangat membenci Sony Ericsson dan memuja merek lain, Nokia atau Samsung.

Beberapa tahun terakhir, Eldar juga menjadi pembenci Nokia. Yang bisa dibilang masih hangat adalah pada saat dia menulis preview untuk N8, bahkan sebelum Nokia secara resmi mengumumkan produk imaging flagship-nya tersebut. Review-nya banyak dikritik, bahkan oleh pihak Nokia secara langsung, karena didasarkan pada produk prototype yang mungkin masih banyak kelemahan. Setelah N8 secara resmi dirilispun, review-nya banyak bertolak belakang dengan situs lain yang rata-rata memberikan penilaian positif terhadap N8.

Eldar pernah merilis preview untuk Sony Ericsson Vivaz™ beberapa bulan sebelum produk tersebut resmi diluncurkan, tentu saja menggunakan produk prototype. Ternyata untuk kasus ini, antara produk prototype dengan produk resmi tidak jauh berbeda dari sisi hardware dan software.

Dan hari ini, situs Mobile-Review kembali merilis preview (first look) untuk sebuah produk yang masih dalam tahap rumor, belum diumumkan secara resmi keberadaannya, yaitu untuk Sony Ericsson X12 yang memiliki codename Anzu, meskipun bukan ditulis oleh Eldar sendiri melainkan oleh team lain yang bernama Martin Elm.

Ada beberapa hal yang berbeda antara prototype yang di-preview oleh Mobile-Review dengan spesifikasi yang beredar di esato yang dibocorkan oleh membernya yang bernama Lollylost100. Di forum Fanclub SE Lollylost100 menulis bahwa spesifikasi Sony Ericsson Anzu adalah sebagai berikut:

  • 8.1 MP AF with Exmor R (16x Digital Zoom, HD Video recording (720p/30fps) w/ stereo audio recording support, Pulsed LED, Face Recognition & Tracking in video recording)
  • Built-in 3.5mm (w/ adaptor)
  • Noise Suppression
  • 4.2” FWVGA (854×480) Capacitive display (X.LED multi-touch display, Capacitive multi-touch, 16 Million display color)
  • WiFi 802.11 b/g/n
  • HDMI (type D)
  • Compass
  • Size (125.0 x 62.5 x 8.7-10.9 mm)
  • Battery: 1500 mA
  • OS: Android Gingerbread

Spesifikasi Sony Ericsson Anzu yang ditunjukkan oleh prototype yang dimiliki oleh  Mobile-Review yang berbeda dengan spesifikasi di atas adalah:

  • 12 Megapixel camera with HD video recording (720p)
  • 4.3” FWVGA (854×480) Capacitive display
  • OS: Android 2.1 Update1
  • Processor: Qualcomm MSM7230 chipset

Kamera: 8 Megapixel atau 12 Megapixel?

Perbedaan utama dari kedua sumber informasi di atas terletak pada resolusi kamera. Prototype yang di-preview oleh Mobile-Review memiliki resolusi 12 Megapixel sedangkan menurut Lollylost100 hanya 8 megapixel, tetapi menggunakan modul kamera terbaru dari Sony, yaitu Exmor R, yang diyakini akan dapat lebih baik menangani pencahayaan (tanpa flash) pada kondisi kurang cahaya (gelap).

Layar: 4,2 atau 4,3 inci?

Perbedaan tipis 0,1 inci mungkin dapat diabaikan. Anggap saja ada kesalahan pengukuran, tidak perlu dipermasalahkan.

OS: Android versi 2.1, 2.2, atau 2.3?

Kedua sumber menyatakan bahwa meskipun prototype yang ada saat ini masih menggunakan Android versi 2.1 (Eclair), tetapi pada saat dirilis nanti X12 akan membawa versi 2.2 (Froyo) yang akan mendapat upgrade ke versi 2.3 (Gingerbread) beberapa bulan kemudian. Bahkan ada juga yang menyebutkan bahwa ada kemungkinan X12 akan langsung menggunakan versi 2.3 sejak dari awal rilisnya nanti.

Processor: 800 MHz atau 1.2 GHz?

Sekitar seminggu yang lalu, pada saat rumor X12 ini pertama kali muncul, banyak sumber menyebutkan bahwa X12 akan menggunakan processor dengan kecepatan clock 1.2 GHz. Namun sayangnya tidak ada bukti sama sekali mengenai rumor tersebut. Justru yang sangat jelas terlihat pada preview Mobile-Review bahwa processornya menggunakan chipset Qualcomm MSM7230 yang memiliki kecepatan 800 MHz saja, lebih rendah dari pendahulunya, X10. Meskipun demikian, chipset tersebut dapat memberikan performa grafis yang lebih baik daripada Qualcomm Snapdragon QSD8250 yang ada pada X10. Bagaimana dengan rumor yang 1.2 GHz? Sepertinya jangan terlalu berharap hal itu akan segera menjadi kenyataan untuk produk Sony Ericsson saat ini.

Anzu atau Mogami?

Ada hal janggal yang ditunjukkan oleh preview dari Mobile-Review. Dari sekian banyak foto yang menunjukkan spesifikasi Anzu, ada 1 foto yang berasal dari produk lain, yaitu sebuah produk yang saat ini memiliki codename Mogami. Screenshot yang ditunjukkan oleh Mogami adalah mengenai jenis processor yang oleh Martin Elm disebut sebagai processor yang dimiliki oleh Anzu. Meskipun demikian, jika mengacu pada bocoran dari esato yang menyebutkan bahwa 10 buah produk baru Sony Ericsson akan menggunakan processor yang sama, yaitu MSM7230, termasuk Anzu dan Mogami, hal ini tentunya tidak menjadi masalah. Kecuali jika memang ada hal lain yang disembunyikan oleh Mobile-Review.

Setelah berpanjang lebar mengenai preview Anzu ini, sekarang silakan dibaca sendiri dari sumbernya secara langsung di sini: First look. Sony Ericsson Anzu – X12.

Photo-photo dari First look. Sony Ericsson Anzu – X12

Comments
  1. Lu Kwan Ying says:

    Ayolahhhh…
    Cepet risil…
    Supaya Xperia X10 cepet anjlok harganya biar gw g usah kluar uang banyak” mw bli X10…
    Gan,gan kan punya X10 kan?
    Gnm,ada masalah ngga?
    Gw takut kyk W995 butut gwa…
    Menghabiskan 1 bulan lebih di SE Service Center yg tanpa kejelasan sampai hari ini…
    Btw harga X10 sekarang brapa ya?
    terakhir gw liat 4,9 klo g salah…

  2. JJ says:

    Pernah punya X10 tapi udah dijual lagi. Waktu itu gw beli 6,5 juta. Trus gw jual pas harganya udah turun ke 5,4 – 5,5 juta. Gw jual dengan harga 5,1 juta saja.

  3. Lu Kwan Ying says:

    Lah,gan kok HPnya beli-jual-beli-jual-beli-jual terus?
    Kenapa itu?Jelek hpnya?

  4. JJ says:

    Males sama X10, kegedean buat tangan gw, hehehe… lagian pengen nyoba android versi 2.1 yang waktu dijual itu belum nyampe juga ke X10… kelamaan, males gw nunggu sampai setengah tahun lebih…. hehehe…

  5. Lu Kwan Ying says:

    Owalahhh.
    Sekarang pake apa gan?
    Btw toko resmi HTC di surabaya ada ngga ya gan?
    Pengen tau harga HTC Desire HD…
    Kliatanya bagus,ampir sama kyk X10 kali ya,Android 2,2 Froyo,Kamera 8MP,Video 720P,sudah multi touch(Pinch To Zoom),Layarnya 4,3″…
    Menurut Gan bagus mana sama X10?

  6. Andrea says:

    @Lu Kwan Ying:
    aku udah bandingin hasil foto Desire HD dengan X10, ketajamannya masih lebih bagus X10, tp kalo pewarnaan kayaknya lebih bagus Desire HD.
    kalo spek lainnya, kayaknya keseluruhannya emang lebih wah Desire HD🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s