Benarkah Sony Ericsson Akan Segera Merilis Smartphone Windows Phone 7?

Posted: 20 November 2010 in Candybar, QWERTY, Rumor, Smartphone, Sony Ericsson, Touchscreen, Windows Phone, XPERIA
Tags: , , , , , , ,

Sejak beberapa waktu lalu beredar rumor yang mengatakan bahwa Sony Ericsson sedang mengembangkan smartphone dengan sistem operasi Windows Phone 7. Paling tidak ada 3 buah produk yang rumornya telah muncul ke permukaaan, yaitu Xperia™ X11,Xperia™ X7, dan Xperia™X7 Mini.

Xperia™ X11 (codename: Jolie) adalah yang pertama kali muncul. Meskipun tanpa bocoran gambar atau photo sama sekali, X11 dikabarkan akan memiliki spesifikasi antara lain: OS Windows Phone 7, QWERTY Slider, Processor Qualcomm 1.2 GHz, akan diumumkan di bulan November 2010 (bulan ini tapi belum ada konfirmasi sama sekali), jadwal rilis belum diketahui.

Kemudian, beberapa hari lalu muncullah bocoran tentang X7 dan X7 Mini dari sebuah video yang beredar di YouTube, yang hanya berisi beberapa gambar yang tidak bergerak. Video dan gambar kedua smartphone ini dengan segera beredar luas di berbagai forum dan situs teknologi, meskipun sebagian besar meragukan kebenarannya. Memang sangat diragukan gambar-gambar tersebut menunjukkan beberapa kejanggalan, misalnya:

  • Terdapat salah ketik, seharusnya “bundled”, tetapi tertulis “budled”
  • X7 Mini memiliki kamera dengan resolusi yang lebih besar dari X7, dan resolusinya pun jarang dipakai, yaitu 10 megapixel
  • X7 Mini memiliki fitur optical zoom pada kameranya sedangkan X7 hanya digital zoom
  • Gambarnya kelihatan seperti hasil kreasi di photoshop

Silakan simak sendiri bagaimana kualitas gambarnya di bawah ini.

Jika produk Windows Phone 7 dari beberapa vendor lain sudah mulai dirilis dan bisa dibeli di beberapa negara, maka jika benar pun Sony Ericsson akan merilis produk dengan OS yang sama, maka kemungkinan ini akan masih lama untuk terwujud. Hal ini karena menurut Oded Ran, head of marketing Microsoft UK, saat ini Sony Ericsson hanyalah partner dari Windows Phone 7.

Dan terakhir, CEO Sony Ericsson Perancis, Pierre Perron, memberikan konfirmasi kepada Les Echos bahwa Sony Ericsson saat ini masih dalam tahap pembicaraan dengan Microsoft dalam hal penggunaan OS Windows Phone 7 dalam produk Sony Ericsson. Perron juga mengatakan bahwa struktur OS Windows Phone 7 terlalu banyak pembatasan, sehingga sangat sulit untuk menerapkan interface menu khas Sony Ericsson ke dalamnya, sehingga Sony Ericsson hanya bisa berkarya dengan desain dan berkompetisi dalam harga dengan vendor lain, suatu hal yang tidak diinginkan oleh pihak Sony Ericsson.

Jadi akankah ada smartphone Windows Phone 7 dari Sony Ericsson? Kemungkinan memang ada, tapi jangan berharap terlalu banyak untuk mendapatkannya dalam waktu dekat ini.

Sumber:
Xperia X7 and X7 mini Windows Phone 7 handsets outed?
Despite rumours, Sony Ericsson not committed to Windows phone 7 yet
Sony Ericsson dismisses Windows Phone 7 and tablet rumors
Looking For A Sony Ericsson Android Tablet? Not Happening.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s