Rencana Besar Sony Ericsson Untuk Tahun 2011

Posted: 24 December 2010 in Accessories, Android, Candybar, Entertainment Unlimited, Fun & Game, News, Patents, QWERTY, Rumor, Slider, Smartphone, Sony, Sony Ericsson, Touchscreen, Walkman, XPERIA
Tags: , , ,

Tahun 2010 akan segera berakhir dalam beberapa hari ke depan. Sudah dipastikan tidak akan ada lagi pengumuman ataupun peluncuran produk baru dari Sony Ericsson sampai akhir tahun nanti. Tahun 2010 merupakan awal kebangkitan kembali Sony Ericsson dari keterpurukan yang sempat dialami pada tahun sebelumnya. Strategi yang lebih memfokuskan pada pengembangan dan penjualan produk untuk segmen menengah ke atas telah terbukti memberikan hasil positif pada diperolehnya kembali keuntungan bagi perusahaan.

Strategi di atas tentu saja memberikan efek samping berupa menurunnya pangsa pasar ditinjau dari jumlah unit yang terjual, bahkan untuk pertama kalinya dalam empat tahun terakhir terlempar dari posisi 5 besar vendor ponsel global. Tapi Sony Ericsson tampaknya lebih mementingkan keuntungan finansial daripada pangsa pasar. Sebuah strategi yang tepat mengingat hasil buruk yang diperoleh pada tahun sebelumnya. Dengan diraihnya kembali keuntungan tentu saja akan membuat perusahaan ini semakin sehat dan berkembang sampai suatu saat tiba waktunya untuk mengejar kembali ketinggalan dan menaikkan kembali pangsa pasar.

Tahun 2011 nanti, Sony Ericsson tampaknya akan lebih siap menghadapi persaingan pasar telepon selular yang semakin ketat. Apalagi CEO Bert Nordberg telah menjanjikan akan memberikan suatu Kejutan Besar serta mencanangkan tekad untuk menjadi penguasa pasar smartphone Android.

Kebijakan Baru Jeda Waktu antara Pengumuman dan Peluncuran Produk

Salah satu dari kejutan besar yang dijanjikan oleh Bert Nordberg kemungkinan besar adalah Sony Ericsson Xperia Play Z1 (sebelumnya dikenal dengan nama tidak resmi PlayStation Phone). Ponsel game yang ramai dibicarakan banyak kalangan ini semula direncanakan (baca: digosipkan) akan diumumkan di bulan November 2010, kemudian diundur ke bulan Desember 2010, dan terakhir dipastikan akan diumumkan tanggal 13 Februari 2011. Pengunduran jadwal pengumuman tersebut ditengarai berkaitan erat dengan strategi baru yang kelihatannya akan diterapkan oleh Sony Ericsson mulai tahun depan, yaitu memperpendek jarak atau jeda waktu antara pengumuman dan peluncuran produk.

Jika di tahun-tahun sebelumnya Sony Ericsson membutuhkan waktu yang sangat lama antara pengumuman resmi dengan peluncuran suatu produk (3-6 bulan, bahkan beberapa membutuhkan waktu lebih lama dan mencapai waktu 1 tahun penuh), maka untuk tahun depan jeda waktu tersebut kabarnya akan dipangkas menjadi 3-8 minggu saja.

Berkaitan dengan hal ini, Sony Ericsson Z1 (codename: Zeus) yang akan diumumkan tanggal 13 Februari 2011 direncanakan untuk diluncurkan pada bulan April 2011.

Semoga kebijakan baru tersebut benar-benar akan diterapkan untuk ke depannya sehingga tidak ada lagi keterlambatan dalam peluncuran produk dan juga tidak ada lagi ketinggalan jauh dari produk pesaing.

Komitmen Pada Produk Yang Sudah Diluncurkan

Sony Ericsson pernah menjanjikan akan memberikan update secara lifetime pada Xperia™ X10. Smartphone Android pertama dari Sony Ericsson ini telah diluncurkan lebih dari setahun yang lalu dan saat ini sudah memperoleh upgrade sistem operasi dari Android versi 1.6 (Donut) ke versi 2.1 (Eclair). Tidak cukup sampai di situ, Sony Ericsson saat ini tengah mempersiapkan 2 peningkatan penting untuk X10, yaitu update untuk kemampuan multi touch dan update sistem operasi Android menjadi versi 2.2 (Froyo). Kedua update tersebut akan diberikan dalam paruh pertama tahun depan.

Semoga komitmen yang sama diberikan juga untuk produk-produk lainnya baik yang sudah beredar maupun yang akan datang.

Rencana Besar untuk Tahun 2011

Lalu, apa saja rencana Sony Ericsson untuk tahun depan dalam rangka menghadapi persaingan pasar yang sedemikian ketat?

Tampaknya strategi yang diterapkan sepanjang tahun 2009 akan tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan: fokus pada segmen menengah ke atas dan menjadikan Andoid sebagai andalan utama sistem operasi.

Sony Ericsson telah menyatakan selamat tinggal pada Symbian dan − meskipun sebelumnya sempat ada rumor tentang Xperia™ X11 atau dikenal dengan codename Jolie − tampaknya tidak ada rencana bagi Sony Ericsson untuk mengembangkan dan merilis smartphone berbasis Windows Phone 7 di tahun 2011 nanti.

Dua buah produk Android yang sudah dipastikan keberadaannya adalah Xperia™ Play Z1 (Zeus) dan Xperia™ X12 (Anzu). Selain itu masih ada Android Tablet berukuran 5 inci yang rumornya sempat beredar beberapa bulan lalu. Kemudian ada informasi mengenai beberapa smartphone Android lain, yaitu penerus Vivaz™ dan Vivaz™ Pro (berganti sistem operasi dari Symbian menjadi Android), serta penerus X10 Mini dan X10 Mini Pro. Untuk kelas menengah ke bawah baru ada 1 produk yang diketahui, yaitu penerus Yendo™ yang dilengkapi dengan keyboard QWERTY (bukan Android).

Bocoran informasi berikutnya adalah akan adanya ponsel dengan layar 3D HD “High Resolution”, ponsel dengan built-in projectorscreen, ponsel dengan kamera yang menggunakan lensa Exmor R 16 Megapixel with full HD 1080p video recording, ponsel dengan Dual Core CPU, dan ponsel dengan kemampuan hologram.

Selain itu Sony Ericsson juga akan merilis beberapa aksesoris untuk ponsel Android, layanan Qriocity™ untuk Android, full Arabic support pada semua jajaran ponselnya, dan adanya fitur face recognition pada perekaman video.

Rencana besar? Ya, bisa disebut demikian, karena sebagian dari produk-produk yang direncanakan di atas memiliki fitur yang benar-benar baru dan spesifikasi yang sangat tinggi.

Untuk mempermudah, akan saya buat ringkasannya dalam bentuk point-point.

Beberapa produk yang sudah diketahui sedang dikembangkan dan akan dirilis di tahun 2011:

Daftar beberapa codename yang belum termasuk disebutkan di atas:

  • Akane
  • Iyokan
  • Lychee
  • Mogami
  • Monika
  • Zeus_256

Rencana perubahan dan lain-lain untuk tahun 2011:

Sumber:
The All New Sony Ericsson Portfolio for 2011 (Esato)

Catatan:
Gambar di bagian paling atas adalah sebuah konsep yang dibuat oleh TMZ untuk Hallon, sumber dari BLOGSE.PL

Comments
  1. Seep dah, buat pecinta SE infonya lengkap dah

    Kunjungi juga ya

    Pulsa Paling Murah
    http://www.evpro.net

  2. Lu Kwan Ying says:

    Waahhh,ganteng…
    Dual Core kyk komputer tuh(Meski itu dah agak jadul bagi komp[Dual Core rilis sekitar 2007],tapi ya untuk handphone dah bagus lah…
    Tertarik ma yang 16MP kameranya,tapi pasti masih lama kluarnya…

    Tapi klo ga rilis” juga ada bagusnya lah,Satio yang baru saya beli tetap tertinggi resolusinya di kalangan SE.
    Di Taiwan HP SE lebih mahal dari Indo.
    Satio =NT$ 14.500
    X10 =NT$ 19.000
    Aino = – (Dah ga ada)
    W995 =NT$ 10.000
    Vivas =NT$ 12.500(Sekitar seginian,agak lupa)
    1 NT$= Rp.310,00

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s