Langka Tapi Nyata: Produsen China Membuat Sebuah Handphone Konsep Menjadi Kenyataan (Tentunya Tanpa Ada Ijin Dari Pembuat Konsep)

Posted: 2 January 2011 in Slider, Sony Ericsson, Symbian UIQ
Tags: , , , , , , , ,

Sudah bukan rahasia lagi kalau China seringkali membuat tiruan dari berbagai macam produk, mulai dari pakaian, handphone, sampai mobil. Biasanya yang ditiru adalah produk dari merek terkenal, dengan bentuk luar yang sama persis, lengkap dengan logo mereknya.

Jika Anda berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan handphone paling terkenal di Jakarta, ITC Roxy Mas, Anda pasti akan menemui beberapa handphone yang sangat mirip dengan Blackberry dari berbagai type, bahkan mereknya pun tertulis sebagai “Blackberry” dengan logo dan font yang sama persis dengan produk aslinya. Hanya saja tiruan atau biasa disebut “replika” tersebut memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dengan produk asli yang ditiru, yaitu “dual SIM card”, atau ada analog TV Tuner-nya. Jangan harap fiturnya akan sama persis dengan aslinya, karena yang ditiru kebanyakan hanya bentuk luarnya saja. Demikian juga merek-merek lain seperti Nokia, Sony Ericsson, dan lain-lain, banyak ditemui replikanya dengan bentuk yang sama persis, hampir sama, atau berbeda bentuk tetapi mereknya dibikin sangat mirip.

Tiruan dari produk yang sudah ada mungkin saat ini sudah menjadi semacam hal yang lumrah. Yang mengherankan, para produsen dari produk yang ditiru tersebut sampai saat ini belum ada yang dikabarkan berhasil menggugat penyalahgunaan paten properti intelektual mereka terhadap para produsen pemalsu di China.

Jika pembuatan tiruan dari produk yang sudah ada dapat kita katakan sebagai suatu hal yang sudah “biasa”, maka kali ini saya menemukan suatu hal yang di luar kebiasaan tersebut, yaitu munculnya sebuah produk handphone buatan China yang berasal dari sebuah handphone konsep (concept phone).

Banyak sekali para penggemar teknologi selular di berbagai belahan dunia yang suka membuat konsep-konsep desain dari sebuah handphone. Biasanya desain tersebut ditujukan untuk merek tertentu. Di esato misalnya, ada thread khusus untuk menampilkan karya konsep dari para anggotanya yang sebagian besar dibuat untuk merek Sony Ericsson.

Salah satu dari konsep tersebut, yang dibuat oleh J. Havrlant (esato ID: se CZ) pada tahun 2007, diberi nama Sony Ericsson P5i. Konsep ini ditujukan sebagai lanjutan dari seri P yang pada saat itu merupakan smartphone flagship dari Sony Ericsson (contoh: P900, P910, P1).

Konsep P5i tersebut kemudian dikabarkan telah diproduksi dan dijual secara nyata oleh salah satu produsen China dengan nama E98 yang memiliki tagline: “Special Touch Feeling” (baca: SE cz’s P5i Photoshop concept is real !.

Desain konsep yang diambil adalah seluruh bagian depan handphone, karena memang saat itu pembuat konsep tidak menunjukkan bagaimana bagian belakang handphone tersebut. Oleh produsen China yang tidak diketahui namanya, handphone tersebut dibuat dengan menambahkan QWERTY sliding keyboard dan bagian belakangnya mirip dengan produk China kebanyakan.

Silakan bandingkan sendiri antara handphone konsep dengan produk yang dibuat oleh China tersebut di bawah ini.

Sony Ericsson P5i Concept by J. Havrlant

Luxury Phone E98 Made In China

Gambar-gambar E98 buatan China di atas diambil dari sebuah auction yang sudah berakhir tapi masih dapat dilihat gambar dan spesifikasinya. Silakan cek sendiri di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s