Ringkasan Laporan Tahun 2010: Nokia Masih Memimpin, Dan Muncul Peta Kekuatan Baru Di Kelompok 5 Besar

Posted: 30 January 2011 in Android, Apple, Blackberry, Chinese Phone, HTC, iOS, LG, Manufacturer, Motorola, Nokia, Operating System, Samsung, Sony Ericsson, Symbian, Symbian Foundation, Symbian S60, Windows Phone
Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Sampai saat ini bisa dikatakan bahwa seluruh vendor ponsel/smartphone besar telah merilis laporan keuangan dan hasil penjualannya untuk periode kuartal keempat (Q4 2010) dan sepanjang tahun (FY 2010). Hasil yang didapat oleh masing-masing vendor tentu saja berbeda satu sama lain: ada yang untung, ada yang rugi; ada yang mencatat rekor keuntungan dan penjualan, ada yang pangsa pasarnya menurun; ada yang mulai membaik, tapi ada juga yang justru menurun kinerjanya.

Tercatat ada 4 vendor yang mencetak hasil sangat bagus baik dalam hal keuntungan maupun jumlah penjualan, yaitu Samsung, Apple, HTC, dan ZTE.

Samsung berhasil mencatat rekor baru penjualan di Q4 2010 dengan 80.7 juta unit sehingga selama tahun 2010 berhasil menjual sebanyak 280 juta unit ponsel. Rekor yang sama ditorehkan pula oleh Apple yang berhasil menjual iPhone sebanyak 16.2 juta unit di Q4 2010 menjadikannya berhasil menjual sebanyak 47.5 juta unit iPhone sepanjang tahun 2010. Meskipun jumlahnya lebih daripada Samsung dan Apple, HTC yang mencatat penjualan 9.1 juta unit smartphone di Q4 2010 (total 24.6 juta unit sepanjang tahun 2010) menorehkan rekor tersendiri karena jumlah penjualan ini hampir 2 kali lipat dari tahun sebelumnya.

Ada 1 vendor asal China yang selama ini kurang terdengar kiprahnya dalam percaturan dunia seluler secara global, yaitu ZTE, membuat kejutan besar jika kita mendasarkannya pada laporan yang dibuat oleh IDC di mana vendor ini berhasil menjual sebanyak 16.8 juta unit ponsel di Q4 2010 dengan total 51.8 juta unit di tahun 2010. Jumlah tersebut lebih besar daripada yang dibukukan oleh Apple.

Kemungkinan besar pasar utama ZTE adalah di daratan China sendiri, sehingga tidak mengherankan jika situs sekelas gsmarena pun sampai luput memasukkan data mengenai ZTE tersebut dalam laporannya.

Bagaimana dengan vendor lain?

Sony Ericsson mulai memperlihatkan kemajuan karena mencatat keuntungan selama empat kuartal berturut-turut di tahun 2010 sehingga secara keseluruhan untuk tahun 2010 pun mencatat rapor yang bagus. Jelas sudah bahwa Sony Ericsson sudah dapat melepaskan diri dari bayang-bayang buruk di tahun 2010 yang rapornya selalu merah. Sayangnya keuntungan secara finansial ini harus dibayar dengan terlemparnya vendor ini dari kelompok 5 besar.

Untuk kedua kalinya berturut-turut LG Electronics mencatat kerugian dalam jumlah yang cukup besar. Meskipun demikian, posisinya di peringkat 3 masih belum tergoyahkan, walaupun pangsa pasarnya menurun dibanding tahun sebelumnya.

Divisi mobile Motorola yang baru saja memisahkan diri dari perusahaan induknya sehingga berganti nama menjadi Motorola Mobility dan mengubah warna logonya dari biru menjadi merah masih menderita kerugian sepanjang tahun 2010 ini. Mungkinkah pemilihan warna logo barunya didasari oleh rapornya yang selalu merah?

Laporan Versi GSMArena

Berikut adalah 2 grafik versi GSMArena. Grafik pertama untuk Q4 2010 dan grafik kedua untuk Full Year 2010. GSMArena tidak menyertakan ZTE dalam laporannya.

Laporan Versi IDC

Berikut adalah 2 tabel versi IDC. Tabel pertama untuk Q4 2010 dan tabel  kedua untuk Full Year 2010. IDC menyertakan ZTE dalam laporannya.

Laporan Versi Gabungan

Jika kita gabungkan kedua versi di atas, maka hasilnya akan seperti ini. Tabel pertama untuk Q4 2010 dan tabel kedua untuk Full Year 2010

Sumber:
IDC – Mobile Phone Market Grows 17.9% in Fourth Quarter, According to IDC
GSMArena – 2010 mobile phone market overview: the best and the rest

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s