Rumor: S1 dan S2, Dua Tablet Android Yang Akan Dirilis Oleh Sony Di Tahun 2011, 9,4-inci dan 5,5-inci Dual Screen Clamshell

Posted: 22 February 2011 in Android, Candybar, Clamshell, Design/Type, Form Factor, General, Lifestyle, Manufacturer, Operating System, Slider, Smartphone, Sony, Sony Ericsson, Touchscreen
Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Hampir semua pemain besar dalam teknologi selular dan komputer sudah memiliki produk tablet dalam portfolionya, baik yang sudah ada di pasaran maupun yang baru saja mengumumkan produknya dan akan dipasarkan mulai kuartal kedua tahun ini, kecuali Sony dan Sony Ericsson.

Sebelumnya pernah beredar rumor tentang sebuah tablet Android berukuran 5,5 inci dari Sony Ericsson, tapi sampai sekarang rumor tersebut belum menjadi kenyataan, meskipun tanda-tanda ke arah itu pernah dikonfirmasi secara tidak langsung oleh pihak Sony yang kemudian justru dibantah oleh salah seorang petinggi Sony Ericsson di Eropa.

Tampaknya “konfirmasi” yang pernah dinyatakan oleh Sony memang benar adanya, hanya saja yang akan merilis produk tablet ternyata bukan Sony Ericsson, melainkan dari pihak Sony sendiri. Menurut informasi yang beredar, team dari Sony Ericsson memang dilibatkan juga oleh pihak Sony dalam pengembangan produk-produk tablet tersebut, kemungkinan besar karena sebelumnya telah memiliki pengalaman dalam OS Android.

Rumor mengenai dua buah produk tablet Sony yang memiliki internal codename S1 dan S2 ini diperoleh dari sebuah situs teknologi yang cukup terkenal: Engadget.

Sony S1: Tablet Android dengan Layar 7 inci, PlayStation, dan Qriocity

Menurut narasumber Engadget, saat ini Sony sedang menggodok sebuah tablet Android Honeycomb (versi 3.0) berukuran 9,4 inci dengan internal codename “S1“. Sebuah tim yang terdiri dari para engineer berbakat dari departemen VAIO, Reader, PlayStation, dan Sony Ericsson telah dibentuk oleh Sony untuk mengembangkan produk tablet pertamanya ini. Tim ini dipimpin oleh organisasi VAIO tetapi mungkin akan diluncurkan sebagai produk Sony tanpa branding VAIO.

Tablet S1 akan 100% fokus pada Qriocity, yaitu layanan music, game, ebooks, dan video on demand yang baru saja diluncurkan oleh Sony di Eropa. Pada saat diluncurkan, tablet S1 akan memiliki game Sony PS One secara preloaded, Bravia Media Remote, dan integrasi PlayStation. Dengan kata lain, S1 adalah tablet yang fokus pada multimedia dan game.

Tablet S1 akan memiliki spesifikasi antara lain: layar sentuh berukuran 9,4 inci dengan resolusi 1280 x 800 piksel, Prosesor dual-core Tegra 2, kamera depan dan kamera belakang, dan USB-A port yang dapat dihubungan ke thumb drive atau perangkat media lain. Tombol fisik yang akan terdapat di tablet S1 hanyalah berupa tombol volume dan tombol On/Off. Kemungkinan akan ada satu tombol tambahan dengan logo “Q” (untuk Qriocity), namun belum bisa dipastikan keberadaannya sampai saat ini. Ada satu lagi yang unik, yaitu port IR built-in yang memungkinkan kita untuk mengontrol perangkat selain TV Bravia.

Perkiraan harga versi WiFi-only S1 ditargetkan sekitar US$ 599 dengan jadwal rilis direncanakan pada bulan September 2011.

Sumber: Exclusive: Sony ‘S1’ PlayStation tablet (updated)

Sony S2: Tablet Android dengan 5,5 inci Dual-screen, Clamshell

Selain S1 yang merupakan tablet berukuran 9,4 inci, Sony juga dikabarkan sedang mengembangan tablet lain yang diberi nama S2 yang juga akan dirilis di tahun 2011. S2 merupakan tablet yang desainnya meninggalkan pakem standar tablet saat ini, bukan berbentuk kotak biasa seperti layaknya tablet yang lain, tetapi berupa clamshell. Ya, clamshell seperti layaknya ponsel lipat, tentu saja dengan ukuran yang jauh lebih besar karena layarnya dikabarkan akan ada dua buah (dual screen) yang masing-masing berdimensi 5,5 inci.

Jika S1 dikategorikan sebagai tablet multimedia dan game, maka S2 diposisikan sebagai “Electronic Book with Enhanced Features“. Spesifikasi S2 tidak jauh berbeda dengan S1, yaitu Android Honeycomb, processor dual-core Tegra 2 SoC, WiFi, jaringan 3G, kamera depan dan kamera belakang. Seperti halnya S1, S2 juga akan difokuskan pada layanan Qriocity. Tapi belum ada informasi apakah sertifikat PlayStation akan disematkan juga pada S2 atau tidak.

Sony berencana untuk merilis S2 yang dilengkapi dengan WiFi dan 3G ke pasar Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang sebelum liburan akhir tahun dengan perkiraan harga US$ 699.

Sony VAIO Slider dengan OS Windows 7

Selain kedua tablet Android di atas, rumor terbaru juga menyebutkan bahwa Sony sedang mengembangkan seri baru VAIO dengan OS Windows 7. Yang agak berbeda dari jajaran produk VAIO yang lain, seri terakhir ini dikabarkan berdesain slider dengan ukuran layar 9,4 inci. Sebagai gambaran, desainnya mungkin akan mirip dengan tablet slider Samsung Seri 7 PC atau ASUS Eee Pad Slider. Hardware yang digunakan kemungkinan adalah prosesor Atom Pinetrail.

VAIO Slider ini direncanakan untuk dirilis sekitar bulan Oktober 2011 dengan perkiraan harga US$ 799.

Sumber: Exclusive: Sony ‘S2’ dual-screen Android clamshell and 9.4-inch Windows 7 VAIO slider due this year

Comments
  1. Lu Kwan Ying says:

    Gambarnya ko ilang smua Bro?
    Jadi Kodhok beku smua.

  2. JJ says:

    @Lu Kwan Ying: Aduh… aturan baru imageshack bro, mesti register. Udah register barusan tapi belum ada approval nih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s