Txt Pro dan Mix Walkman™ Phone adalah 2 Feature-Phone Berlayar Sentuh Terbaru dari Sony Ericsson

Posted: 23 May 2011 in A200, Candybar, Design/Type, Ericsson, Form Factor, Manufacturer, News, QWERTY, Rumor, Slider, Smartphone, Sony, Sony Ericsson, Touchscreen, Walkman
Tags: , , , , , , , ,

Secara garis besar, perangkat handphone dapat dikelompokkan ke dalam dua golongan: smartphone dan non-smartphone. Smartphone adalah kelompok yang menggunakan sistem operasi semisal Windows Phone, Android, iOS, Blackberry, atau WebOS. Saya lebih suka menyebut kelompok non-smartphone sebagai feature-phone daripada istilah lain yang banyak digunakan orang Indonesia, yaitu non-OS, karena istilah terakhir itu saya rasa tidak tepat. Bagaimanapun juga, sebagaimana kita mengenal komputer, tidak akan mungkin sebuah handphone dapat beroperasi tanpa sistem operasi. Feature-phone pada kenyataannya juga menggunakan sistem operasi sehingga sangat tidak tepat jika disebut sebagai non-OS.

Lalu, sistem operasi apa yang digunakan pada feature-phone? Feature-phone menggunakan sistem operasi milik vendor masing-masing. Sebagai contoh, Nokia menggunakan OS Nokia series 40, atau Sony Ericsson menggunakan OS Sony Ericsson (OSE) platform A200.

Platform A200 versi terakhir dari Sony Ericsson sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga mendukung pengoperasian layar sentuh secara penuh sebagaimana layaknya yang dapat kita temui pada smartphone. Contoh terakhir penggunaan platform ini ada pada produk yang diberi nama Yendo, sebuah seri Walkman yang sudah beredar di Indonesia.

Kali ini, Sony Ericsson kembali menghadirkan 2 buah feature-phone terbarunya yang masing-masing diberi nama Txt Pro dan Mix. Txt Pro adalah sebuah handphone berdesain QWERTY slider, sedangkan Mix adalah Walkman™ Phone dengan layar sentuh tanpa keyboard.  Txt Pro tampaknya adalah sebuah segmen baru kelas menengah ke bawah yang lebih mengedepankan fungsi messaging dengan disediakannya sebuah keyboard fisik QWERTY. Mix kemungkinan besar merupakan penerus atau pengganti dari Yendo™.

Kedua handphone di atas sebenarnya belum secara resmi diumumkan melalui press release seperti biasanya, namun diperkenalkan melalui semacam teaser di halaman Facebook Sony Ericsson yang mengadakan kompetisi untuk melakukan review terhadap kedua ponsel tersebut. Kompetisi yang diadakan di beberapa negara ini, termasuk Indonesia, menawarkan hadiah yang cukup menarik, yaitu 10 buah handphone Sony Ericsson.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi dan jadwal rilis kedua handphone terbaru ini, selain index masing-masing yaitu CK15i untuk Txt Pro dan WT13i untuk Mix Walkman Phone. Kedua index tersebut sempat disinggung dalam tulisan tentang rumor terbaru Sony Ericsson sebelum ini.

Sambil menunggu pengumuman resminya, tak ada salahnya untuk mengikuti kompetisi tersebut. Silakan klik di sini bagi yang berminat, siapa tahu anda yang beruntung mendapatkan hadiahnya.

About these ads
Comments
  1. lukwanying says:

    Waw,tebakan gwa yg di FB bener ternyata…
    Hahaha,lumayan berarti masih ada kesempatan untuk memenangkan HP itu dari SE.(Meski kemungkinannya akan sangat kecil)

  2. lukwanying says:

    Ui,Bro JJ.Dah dapet bocoran estimasi harga Xperia Neo ma tanggal rilisnya lom?
    Kok gwa cari di SE shop ga ada ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s