Ternyata Sop Ikan Batam Enak Juga…

Posted: 17 November 2011 in General, Lifestyle
Tags: , , , , , , , , , ,

Dulunya aku sama sekali gak suka makan jenis makanan yang namanya ikan.

Tapi dalam beberapa tahun terakhir aku mulai mencoba untuk bisa menikmati rasanya ikan. Setelah beberapa kali mencoba akhirnya bisa juga aku makan ikan, tapi dengan beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku semisal :

  • Hanya beberapa jenis ikan laut. Aku tidak suka ikan darat (ikanair tawar), kecuali gurame.
  • Ikan harus dimasak dengan cara digoreng kering.
  • Tidak ada bau amis ikan yang masih tercium.

Hal ini telah berlangsung sangat lama, bertahun-tahun.

Sop ikan? Mendengar namanya saja aku terbayang isinya ikan yang menurut definisiku sebagai sesuatu yang “mentah”, karena tidak digoreng kering (“mentah” dalam hal ini hanyalah istilah yang kubuat untuk makanan tertentu yang tidak digoreng kering semisal tempe mendoan yang karenanya aku tidak suka).

 

Tapi entah kenapa suatu saat sekitar sebulan lalu aku mencoba membeli seporsi Sop Seafood di restoran Sop Ikan Batam, itupun setelah bertanya jenis ikan apa yang ada di dalam masakan tersebut : tenggiri, oke lah, ikan laut kan? Selain ikan tenggiri, di dalam Sop Seafood terdapat juga beberapa potong cumi dan udang. Sebenarnya masakan ungggulannya adalah Sop Ikan yang isinya memang hanya berupa ikan tenggiri, tetapi untuk pertama kali aku coba yang campur dulu lah, biar aman, karena kalau ikannya tidak aku suka masih ada udang dan cumi yang pasti aku suka.

Akhirnya pada saat menerima seporsi Sop Seafood tersebut, langkah awal yang kulakukan adalah mencium apakah makanan tersebut berbau amis, ternyata tidak sama sekali. Kusantap dan ternyata, oh… enak sekali. Kalau saja ada Pak Bondan Winarno di sampingku, tentu saja dia akan bilang “maknyus…!!!”

Hanya satu saja yang menurutku menjadi kekurangan dari Sop Ikan Batam : dia hanya menyediakan sambal berupa irisan cabe rawit yang diberi kecap. Aku tidak suka sop berkecap, dan juga tidak suka cabe rawit (tidak tahan karena suka bikin sakit perut!!!). Seandainya restoran ini menyediakan sambal yang berbahan dasar cabe merah atau cabe keriting merah, pasti akan lebih maknyus lagi rasanya.

Ah, ternyata aku selama ini under-estimate terhadap yang namanya sop ikan.

Oke, berarti sekarang aku punya lebih banyak pilihan makanan berupa sop yang isinya tidak melulu daging sapi atau kambing, tetapi ada juga ikan. Sepertinya kapan-kapan aku perlu banyak mencoba jenis masakan lain berbahan dasar ikan nih.

Comments
  1. lukwanying says:

    Long time no see Mas Bro.
    Daerah mana ya tuh restoran?

  2. jjlifeblog says:

    Pakabar LKY?
    Daerah Kuningan mas, tepatnya di Mal Ambasador.
    Tapi kayanya cabangnya di tempat lain banyak kok.

Leave a Reply

